Search
  • Netmarks Indonesia

5 Alasan Mengapa Industri Manufaktur Perlu Migrasi Ke Cloud


Pandemi COVID-19 telah berdampak pada berbagai industri, terutama industri manufaktur. Mengutip pernyataan Menteri Keuangan, Sri Mulyani, dalam rapat bersama Dewan Perwakilan Daerah, “Sektor produksi manufaktur dalam situasi yang sangat merosot. Indeks penjualan riil juga mengalami penurunan”.

Pukulan terhadap sektor manufaktur, sejatinya sudah terjadi sejak Februari. Kala itu, Covid-19 baru menyebar di sejumlah negara, dengan Wuhan sebagai episentrum wabah.

"Waktu itu kita belum ada penderita covid-19 tapi sektor industri manufaktur sudah terpukul karena banyak bahan baku yang berasal dari Cina dan ekspor ke sana mengalami kemerosotan," lanjut Sri Mulyani.

Dengan merebaknya pandemi COVID-19, industri manufaktur juga harus mengatasi berbagai masalah penting yang dihadapi oleh karyawannya, termasuk kerja jarak jauh (remote working) dan pembatasan sosial berskala besar. Ini adalah saat kritis bagi produsen dalam meningkatkan fleksibilitas serta digitalisasi supply chain dan operasinya.


Berikut ini adalah 5 alasan mengapa industri manufaktur perlu migrasi ke cloud?


1. Efisiensi anggaran biaya infrastruktur IT

Migrasi ke cloud merupakan cara penting bagi manufaktur untuk mengoptimalkan pembelanjaan teknologi mereka dan menemukan efisiensi baru.

Membangun infrastruktur sendiri tentunya membutuhkan biaya yang tidak sedikit, mulai dari perangkat infrastruktur yang biasa disebut ruang server/ data centre, investasi hardware & software, biaya listrik, penyediaan pendingin ruangan 24 jam non stop, biaya keamanan dan lain-lain.


2. Keamanan penyimpanan data dengan Cloud Backup

Cloud backup memberikan keamanan data untuk selalu dapat diakses darimanapun dan kapanpun. Jika hal tak terduga seperti laptop karyawan hilang atau terjadi bencana alam, anda dapat meminimalisir dampaknya dengan tetap dapat mengakses semua data yang dibutuhkan. Server cloud tersebar di banyak tempat dan dalam jumlah yang banyak, penyedia layanan cloud yang bekerjasama dengan Netmarks Indonesia pun memiliki Disaster Recovery Center bagi konsumennya.


3. Mendukung Work From Home atau Remote Working

- Solusi rapat video premium dan aman dari kami, dapat membantu manufaktur mengadakan rapat harian, pelatihan, dan orientasi tanpa perlu berada di kantor atau pabrik. Dapat melakukan meeting mulai 250 – 10,000 peserta.


- Dengan memiliki situs intranet, anda seperti memiliki “Facebook” untuk internal anda sendiri, dimana anda dapat memberikan pengumuman, menulis status, mengingatkan karyawan yang berulangtahun, berbagi dokumen dan berkolaborasi antar divisi dan lain-lain.


4. Skalabilitas tinggi

Pengguna dapat dengan mudah menambah dan mengurangi kapasitas penyimpanan data yang dibutuhkan tanpa membeli peralatan tambahan, seperti hard disk. Pengguna dapat menyimpan semua data di internet (virtual) yang sudah disediakan penyedia cloud service dan layanan cloud yang bekerjasama dengan Netmarks Indonesia.


5. Akses ERP system anda dimanapun dan kapanpun

Perangkat lunak ERP dirancang untuk membantu perusahaan manufaktur. Secara tradisional ERP diinstall pada server yang berada di ruang server manufaktur, dimiliki dan dioperasikan oleh IT admin. Untuk mengakses ERP ini pun semua pengguna harus berada di kantor. Migrasikan ERP anda ke cloud sehingga anda tetap bisa mengaksesnya dimanapun dan kapanpun anda butuh.


Netmarks Indonesia siap membantu anda untuk migrasi sistem dan data anda ke cloud. Bekerjasama dengan berbagai penyedia layanan cloud ternama seperti AWS, Google, Microsoft dan Infinys Indonesia, anda tidak perlu khawatir dengan proses migrasi yang rumit. Just sit and relax.



0 views

marketing@netmarks.co.id

Tel: 6221 - 2265 1005

 

JAKARTA (HO)

Komplek Griya Inti Sentosa

Jalan Griya Agung Blok M3

No. 32-33 Sunter Agung

Jakarta Utara 14350

CIKARANG (BRANCH)

Cikarang Square

Bekasi

SURABAYA (BRANCH)

Kawasan Industri SIRIE
Jl. Lingkar Timur Km 5.5 Blok F No 25-26
Sidoarjo 61234

  • LinkedIn
  • Facebook
  • Instagram