5 Contoh Robot yang Membantu Industri Restoran.

Updated: Nov 16, 2021


Dari pembuatan cocktail hingga burger, banyak bisnis makanan dan minuman mulai menemukan manfaat menggunakan robot untuk meningkatkan produktivitas mereka. Semakin lama restoran dan hotel dapat memanfaatkan robot yang otomatis, cerdas, dan tanpa memerlukan kontak.

Robot-robot ini dapat melakukan proses pembuatan makanan atau minuman secara otomatis, menghemat uang dan sumber daya manusia, memperkaya menu, membuat lebih sedikit kesalahan, mengurangi limbah makanan, dan mampu bekerja 24/7 tanpa kenaikan gaji Nah disini kita akan memperlihatkan 5 robot dan inovasi terbaru untuk Industri F&B yang akan membantu meningkatkan bisnis kalian ke tingkat selanjutnya. 1. Sally Dari Chowbotics – Salad-making Robot. (Robot Pembuat Salad).



Baru-baru ini digunakan oleh perusahaan startup pengiriman DoorDash, Sally adalah robot pembuat salad, robot ini dapat mencampur hingga 8 bahan segar dari sayuran hingga salmon ke dalam mangkuk komposisi hanya dalam waktu 90 detik saja.

Selain memberikan pelayananan yang cepat dan memuaskan bagi pelanggan, sally juga membantu rantai usaha makanan cepat saji untuk memperluas menu mereka dan menambahkan salad dan pilihan yang lebih sehat tanpa harus mempekerjakan staf tambahan atau mengubah apa pun di dapur mereka.


2. Mini Bakery — Automated Loaf Maker (Pembuat Roti Otomatis).



Mini Bakery adalah robot pembuat roti otomatis, yang dirancang dan dibuat oleh Walkinson Baking Company. Fitur yang dapat dilakukan oleh Mini Bakery adalah mixing (pencampuran), pembentukan, proofing (fermentasi ragi), dan pemanggangan. Robot ini juga bisa sampai ke proses menjual roti langsung ke pembeli dalam keadaan panas dan segar, mirip dengan vending machine.

Mini Bakery mampu membuat 10 roti per jam, dapat menghemat bahan dan biaya transportasi. Bahkan mereka juga menyumbangkan air bersih ke Afrika untuk setiap roti yang terjual.


3. Miso Robotics — Robotic Kitchen for Fast Food Chains (Robot Dapur Untuk Restoran Cepat Saji).



Miso Robotics dibuat oleh perusahaan bernama Flippy. Robot ini sudah terkenal akan kemampuannya yang dapat membalik burger dan membuat kentang goreng, sehingga karyawan tidak perlu menangani tugas yang berisiko dan berminyak.

Sistem ini mencakup platform Miso Analytics, yang memberikan pengetahuan yang mendalam dan meningkatkan kualitas makanan dengan memasak tepat seperti yang sudah ditentukan. Sejauh ini klien perusahaan yang menggunakan Miso Robotics adalah CaliBurger dan White Castle, di mana mereka dapat membalik lebih dari 10 ribu burger dan membuat kentang goreng lebih dari 12 ribu keranjang setiap bulan.


4. Smile Robotics — Plates-collecting Robot (Robot Pengambil Piring).



Robot ACUR-C oleh perusahaan Jepang, Smile Robotics adalah robot otomatis untuk menyajikan dan mengumpulkan hidangan di restoran, klinik, panti jompo, hotel, dan banyak lagi. Robot ini bergerak secara mandiri dan otomatis dari meja ke meja, kemudian mengambil nampan atau piring dengan lengan robotnya dan membawanya kembali ke dapur.


5. Kitchen Robotics – Robotics Dark Kitchen (Dapur Robot)



Kitchen robotics, adalah perusahaan Israel yang berdiri tahun 2018 yang membuat Beastro, yaitu robot yang dibuat untuk tujuan membuat “Dark Kitchen”. Arti dari dark kitchen disini bukan berarti dapurnya gelap, tetapi disebut juga sebagai dapur virtual atau dapur hantu. Dapur virtual atau dapur hantu adalah dapur yang dikhususkan hanya untuk restoran delivery-only.


Beastro dapat disesuaikan untuk secara otomatis menyiapkan semua jenis hidangan, menyiapkan sekitar 45 hidangan per jam, sampai mengumpulkan analitik. Beastro ini juga sepenuhnya sudah terintegrasi dengan Cuismo, yang merupakan nama dari restoran online mereka, dan software untuk “dark kitchen” tersebut.


Jadi setelah kita lihat diatas, ternyata banyak juga contoh peran robot dalam meningkatkan produktivitas industri restoran dan banyak juga yang sudah menggunakannya.

Apakah anda juga tertarik untuk menggunakan robot pada industri anda? Kami dari PT. Netmarks selaku sebagai Authorized Reseller of Pudu Robotics Indonesia juga menyediakan beberapa produk robot yang dapat membantu anda dalam meningkatkan produktivitas industri restoran anda yaitu dengan Delivery and Collecting Robot dari Pudu Robotics. Bahkan tidak hanya restoran, robot ini juga dapat digunakan di industri lain seperti, perhotelan, pabrik, office, real estate dan masih banyak lagi. Kalian dapat melihat secara lebih detail tentang produk Pudu Robotics yang kami sediakan di link berikut : https://www.netmarks.co.id/pudurobotics Mau tau informasi mengenai teknologi lainnya? kalian bisa mengunjungi halaman blog kami ya.

Sumber: https://www.fastcasual.com/blogs/10-robots-automating-the-restaurant-industry/


1,919 views0 comments