top of page

5 Fitur KnowBe4 Untuk Menghindari dan Menghadapi Serangan Ransomware


knowbe4 ransomware cyber security training

Data terbaru menunjukkan adanya kenaikan serangan ransomware yang signifikan terhadap organisasi di industri, negara, dan tingkat pendapatan tertentu. Meskipun solusi cyber security semakin baik dalam mendeteksi dan menghentikan malware pada endpoint dan server, Anda mungkin berpikir bahwa serangan ransomware akan berkurang. Namun, menurut Laporan Ancaman Siber NCC Group untuk Maret 2023, tahun 2023 ini diperkirakan akan tetap seperti tahun 2022 tetapi dengan tingkat serangan yang jauh lebih tinggi.


Menurut laporan tersebut, Maret 2023 mengalami 459 serangan ransomware yang terdokumentasi. Angka ini meningkat 91% dibandingkan dengan bulan Februari 2023 dan meningkat 62% dibandingkan dengan Maret tahun lalu. Selain itu, Januari dan Februari 2023 juga mengalami pertumbuhan yang signifikan dibandingkan dengan tahun 2022. Sektor industri menjadi yang paling banyak diserang pada bulan Maret, mengalami 32% dari total serangan, sementara sektor lain yang lebih rentan seperti keuangan dan perawatan kesehatan berada di posisi lebih rendah dalam daftar serangan.


industry ransomware attack cyber security
Source: Black Kite

Meskipun serangan ransomware Cl0p (varian RWaaS yang memanfaatkan kerentanan dalam GOAnywhere Managed File Transfer) mendominasi pertumbuhan serangan ransomware, Lockbit 3.0 juga mendekati jumlah serangan yang signifikan. Lockbit terus menjadi perhatian karena mereka terus menggunakan serangan phishing sebagai vektor serangan awal.


Melihat peristiwa serangan ransomware meggunakan metode phishing terutama phishing email pada korporasi, seharusnya sudah cukup untuk membuat organisasi menyadari perlunya tindakan perlindungan yang lebih baik dengan mengadakan Security Awareness Training untuk menghindari keberhasilan phishing email yang digunakan sebagai langkah pertama dalam serangan ransomware.


KnowBe4 adalah platform cyber security training dan security testing yang dirancang khusus untuk membantu melindungi bisnis dari serangan ransomware dan ancaman siber lainnya. Berikut adalah penjelasan tentang beberapa solusi yang ditawarkan oleh KnowBe4 dalam melawan ransomware:


1. Security Awareness Training: KnowBe4 menyediakan pelatihan interaktif yang dirancang untuk meningkatkan kesadaran cyber security di kalangan karyawan. Pelatihan ini mencakup modul tentang serangan phishing, ransomware, malware, dan taktik penipuan siber lainnya. Karyawan akan diberikan pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk mengenali dan menghindari serangan ransomware.


2. Phishing Simulation and Security Testing: KnowBe4 memungkinkan organisasi untuk melakukan simulasi serangan phishing dan menguji tingkat kesadaran keamanan karyawan mereka. Dengan menggunakan teknik serangan phishing yang realistis, platform ini dapat mengidentifikasi area yang rentan dan memungkinkan pengguna untuk melatih keterampilan mereka dalam menghadapi serangan semacam itu.


3. Reporting & Analysis: KnowBe4 menyediakan laporan dan analisis yang memungkinkan organisasi untuk melacak kemajuan kesadaran keamanan mereka. Ini termasuk laporan tentang tingkat partisipasi, tingkat kesadaran cyber security, respons pengguna terhadap serangan phishing, dan daftar pengguna yang rentan. Informasi ini memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki dan mengambil tindakan yang diperlukan.


4. Network Security Testing: KnowBe4 juga menyediakan fitur pengujian keamanan jaringan yang melibatkan simulasi serangan langsung pada infrastruktur TI organisasi. Dengan menguji sistem dan jaringan yang ada, organisasi dapat mengidentifikasi celah keamanan yang mungkin dieksploitasi oleh penyerang ransomware dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang sesuai.


5. Risk Management System: KnowBe4 membantu organisasi dalam mengidentifikasi, mengukur, dan mengelola risiko terkait dengan serangan ransomware. Manfaatnya meliputi penilaian risiko yang komprehensif, perencanaan mitigasi risiko, dan implementasi langkah-langkah keamanan yang sesuai.


Dengan menggunakan solusi KnowBe4, organisasi dapat meningkatkan kesadaran keamanan karyawan, menguji tingkat kesiapan mereka dalam menghadapi serangan ransomware, dan melaksanakan langkah-langkah pencegahan yang diperlukan untuk melindungi bisnis mereka dari serangan tersebut. Jika Anda ingin mengadakan Security Awareness Training untuk meningkatkan perlindungan dari serangan Ransomware menggunakan Knowbe4, silahkan menghubungi Netmarks Indonesia melalui form contact us pada website ini atau dengan email ke marketing@netmarks.co.id


sources:

Comments


bottom of page