6 Fitur AWS CloudEndure Yang Dapat Membantu Memperlancar Keberlangsungan Bisnis Anda


Dalam menjalankan sebuah bisnis, tentunya diperlukan sebuah perencanaan agar bisnis tersebut tetap dapat berjalan dengan lancar. Perencanaan yang dimaksud ini terdiri dari Business Continuity Plan (BCP) dan Disaster Recovery Plan (DRP), yang dimana BCP merupakan sebuah perencanaan yang menjamin proses bisnis untuk dapat terus berlanjut ketika berada di dalam keadaan darurat, dan DRP yang merupakan sebuah proses pemulihan cepat ketika sebuah bisnis sedang berada dalam keadaan darurat atau terkena bencana yang dapat meminimalisir dampak yang diterima oleh perusahaan.


Kedua plan tersebut merupakan sebuah elemen yang sangat penting bagi sebuah perusahaan, tetapi karena kedua hal tersebut biasanya memakan biaya dan waktu yang sangat banyak dalam pengimplementasiannya, tidak sedikit jumlah perusahaan yang tidak terlalu mementingkan kedua hal tersebut. Tetapi, tentunya para perusahaan harus menyadari betapa pentingnya kedua hal tersebut, apalagi di era seperti sekarang ini yang dimana sebuah “bencana” dapat menyerang aset penting milik sebuah perusahaan, yaitu data. Bencana ini sendiri dapat disebabkan oleh berbagai faktor, seperti serangan cyber yang dapat terjadi dimanapun dan kapanpun, data center failure, dan server corruptions. Hilangnya data pasti akan memperlambat pengoperasian kerja dari sebuah perusahaan, yang akhirnya akan merusak reputasi sebuah perusahaan.


Oleh karena itu, BCP dan DRP merupakan elemen yang sangat penting dan perlu diimplementasikan oleh sebuah perusahaan. Tetapi, apakah ada solusi yang tepat bagi para perusahaan tersebut untuk mengimplementasikan BCP dan DRP dengan penggunaan biaya dan waktu yang lebih sedikit? Dalam hal ini, PT. Netmarks Indonesia bersama dengan AWS menyediakan CloudEndure Disaster Recovery sebagai solusi yang tepat untuk BCP dan DRP berbasis cloud yang dapat membantu memperlancar keberlangsungan bisnis perusahaan anda. Berikut adalah beberapa fitur dari CloudEndure Disaster Recovery yang dapat membantu anda dalam melakukan BCP dan DRP:


Replikasi yang Terus-menerus

CloudEndure Disaster Recovery dari AWS menyediakan fitur replikasi block-level, secara real-time, terus-menerus dan asinkron dari mesin sumber anda ke dalam staging area yang sudah tersedia. Sehingga ketika sebuah bencana terjadi, pengoperasian bisnis tidak akan terganggu karena data-data tersebut sudah tersedia terlebih dahulu di dalam staging area dengan kondisi yang sama persis sebelum terkena bencana. Selain itu, anda juga dapat menggunakan CloudEndure Console yang bersifat ­web-based untuk melakukan pengaturan pada replikasi tersebut, seperti subnets, security groups, dan tags replikasi.


Low-cost Staging Area

Dengan menggunakan CloudEndure Disaster Recovery, data-data milik perusahaan anda akan tersinkronisasi secara terus-menerus ke dalam low-cost staging area yang berada di AWS Region target pilihan anda. Berbeda dengan cara tradisional disaster recovery yang memerlukan anda untuk menduplikasikan perangkat keras, komputasi, penyimpanan, jaringan, dan lisensi perangkat lunak, staging area dari CloudEndure Disaster Recovery ini tidak memerlukan anda untuk melakukan duplikasi, yang dimana hal ini juga membantu anda dalam mengurangi biaya kepemilikan atau Total Cost of Ownership (TCO).


Konversi dan Orkestrasi Mesin yang Otomatis

Ketika sebuah bencana terjadi atau sedang dilakukannya sebuah drill, CloudEndure Disaster Recovery akan memicu proses konversi dan orkestrasi mesin yang dan scalable yang dapat dengan cepat mengaktifkan ribuan mesin di dalam AWS Region target anda secara paralel hanya dengan satu kali klik. Berbeda dengan solusi yang bersifat application-level, CloudEndure Disaster Recovery dapat mereplikasikan seluruh bagian dari mesin termasuk OS, konfigurasi status sistem, disk sistem, database, aplikasi, dan juga file. Sehingga, ketika anda meluncurkan mesin-mesin tersebut saat failover atau drill, mesin-mesin tersebut akan berfungsi sama persis dengan infrastruktur sumber anda.


Pemulihan Point-in-Time

Fitur pemulihan point-in-time dari CloudEndure Disaster Recovery dapat membantu anda dalam memulihkan aplikasi-aplikasi dan infrastruktur anda yang terkena bencana, seperti database corruptions, perubahan sistem yang tidak disengaja, serangan ransomware atau serangan berbahaya lainnya. Anda juga dapat memilih kondisi atau versi yang ingin anda pulihkan, baik itu kondisi terbaru atau kondisi yang sebelum-sebelumnya dari daftar point-in-time yang disediakan.

Dapat Melakukan Drill dengan Mudah dan Tanpa Gangguan

Dengan menggunakan CloudEndure Disaster Recovery, anda dapat melakukan disaster recovery drill tanpa mengganggu lingkungan sumber anda atau terkena risiko hilangnya data. Jadi ketika drill sedang dilakukan, CloudEndure Disaster Recovery akan menjalankan mesinnya di dalam AWS Region target anda dalam keadaan isolasi penuh, sehingga permasalahan jaringan dapat dihindari dan tidak berdampak kepada kinerja.


Luasnya Pilihan Aplikasi dan Infrastruktur yang Didukung

Karena CloudEndure Disaster Recovery melakukan replikasi data secara block-level, anda dapat menggunakannya dengan berbagai aplikasi dan database yang dapat dijalankan pada versi OS Windows dan Linux yang didukung. Versi yang didukung diantaranya adalah Windows Server versi 2003/2008/2012/2016/2019 dan distribusi Linux, seperti CentOS, RHEL, OEL, SUSE, Ubuntu, dan Debian. CloudEndure Disaster Recovery juga mendukung database umum, seperti Oracle dan SQL Server, hingga aplikasi perusahaan seperti SAP.

Sudah saatnya anda melakukan perencanaan atau persiapan yang tepat untuk mewujudkan keberlangsung bisnis yang jauh lebih lancar, CloudEndure Disaster Recovery dari AWS siap membantu anda dalam mewujudkan hal tersebut. Untuk informasi lebih lanjut, anda dapat menghubungi kami melalui marketing@netmarks.co.id


Sumber:

https://aws.amazon.com/cloudendure-disaster-recovery/?nc=sn&loc=0

24 views0 comments