Bagaimana Virtual Reality Membuat Marketing Campaign Anda Semakin Wah!

Updated: Nov 29


virtual reality marketing

Virtual Reality Marketing adalah strategi pemasaran yang menggabungkan teknologi virtual reality dalam kampanye pemasaran (Marketing Campaign). Customer bukan lagi hanya melihat iklan di layar, tetapi dapat berinteraksi dalam dunia virtual. Virtual Reality Marketing membuat promosi menjadi lebih menarik sehingga dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas customer.


Bagaimana Virtual Reality (VR) Meningkatkan Pemasaran?


1. Great Story Telling


Media tradisional seperti TV dan film adalah media story telling yang bagus. Namun, virtual reality membawa kemampuan story telling selangkah lebih maju. Brand dapat menggunakan virtual untuk menceritakan brand story dan memasarkan produk dan jasa mereka dengan cara yang lebih menarik.


Sebagai contoh, New York Times (NYT) menggunakan virtual reality untuk menceritakan kisah tentang bagaimana perang mempengaruhi anak-anak di The Displaced. Melalui pengalaman multimedia ini, pengguna diberikan pandangan mendalam tentang kehancuran yang disebabkan oleh perang dan bagaimana rasanya menjadi anak kecil yang terlantar akibat peristiwa yang mengubah hidup tersebut. Pengalaman tersebut memungkinkan pembaca NYT untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi dan memberikan intensitas emosional bagi pembaca tetapi juga meningkatkan brand awareness NYT.


Selain itu, brand dapat menggunakan virtual reality untuk menciptakan pengalaman baru yang memungkinkan customer melihat sebuah brand dari sudut pandang lain. Sebagai contoh, brand dapat menggunakan Virtual Reality untuk membawa customer dalam tur virtual kantor atau pabrik, memberi customer gambaran yang langka dan lebih dekat tentang apa yang terjadi pada proses produksi. Brand dapat menunjukkan kepada customer bagaimana mereka bekerja atau apa yang terjadi selama proses desain dan pengembangan produk. Ini memberikan sudut pandang yang lebih manusiawi terhadap sebuah brand sehingga dapat membantu membangun kepercayaan dan transparansi yang mendorong loyalitas customer.


3. Advertising Become More Fun


Iklan yang ada pada umumnya sudah cukup membosankan. Iklan tersebut tidak memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan beberapa iklan, seperti pop-up, terasa seperti spam dan mungkin dapat mengusir calon customer.


Volvo, misalnya, memanfaatkan virtual reality untuk memamerkan Volvo XC90. Melalui aplikasi Volvo Reality, pengguna dapat menikmati virtual reality test-drive model dan melihat interior mobil secara langsung.


Selain itu, iklan yang menggabungkan teknologi AI (Artificial Intelligence), virtual reality dan influencer juga menjadi salah satu inovasi dalam dunia marketing. AI-powered Virtual Influencer adalah avatar digital atau model 3D yang dapat ditemukan di berbagai platform media sosial. Brand Prada dan Alibaba, menggunakan Influencer virtual sebagai inovasi untuk menjangkau generasi muda sebagai customer. Selain itu, seperti influencer manusia yang sudah ada, influencer virtual dapat membantu meningkatkan brand awareness.


virtual reality marketing influencer
sources: influencermarketinghub.com

4. Showcasing your products in a new light


Bagaimana Anda dapat mengkomunikasikan kepada calon pelanggan bahwa produk Anda adalah solusi terbaik untuk kebutuhan mereka? Dengan virtual reality, Anda dapat menunjukkan kepada pelanggan dengan tepat bagaimana produk atau layanan Anda dapat menjadi bagian dari solusi.


Salah satu contohnya adalah aplikasi Ikea: Place Ikea, yang memungkinkan pengguna mencoba model 3D skala nyata dari produk Ikea dan melihat bagaimana bagian tertentu dapat bekerja di ruang tertentu. Aplikasi berbasis virtual reality memungkinkan Ikea membuat solusi lebih mudah diakses oleh customernya, memungkinkan customer untuk mencoba produk secara virtual sebelum melakukan pembelian.


Selain di dunia furniture, Salah satu penerapan virtual reality yang populer adalah di industri real estate. Perusahaan dan agen real estate dapat menawarkan tur virtual, membantu calon pembeli melihat property secara virtual. Membuat calon pembeli merasa seolah-olah mereka benar-benar ada di sana. Virtual Reality juga dapat digunakan untuk memamerkan properti yang masih dalam pengembangan, yang dapat membantu calon pembeli melihat visual property setelah selesai dibangun dan fully furnished.


Masih banyak sekali kelebihan dan contoh nyata penggunaan Virtual Reality untuk dunia Marketing. Jika anda ingin berkonsultasi ataupun ingin langusng membuat marketing campaign dengan virtual reality. Silahkan langsung menghubungi Netmarks Indonesia pada contact form di website ini atau melalui email marketing@netmarks.co.id


Sources:

https://influencermarketinghub.com/virtual-reality-marketing/

19 views0 comments