Beralih ke Cloud Computing dengan Amazon Web Services. PAY AS YOU USE!

Updated: Sep 10, 2021


Seiring dengan semakin banyaknya jumlah data yang dimiliki oleh sebuah perusahaan, pengelolaan terhadap data tersebut juga semakin sulit dilakukan. Perusahaan harus terus menambah kapasitas server atau storage untuk mengakomodir penyimpanan data yang terus meningkat. Penambahan kapasitas server atau storage sulit diprediksi secara akurat, yang dimana akhirnya perusahaan harus mengeluarkan biaya yang lebih banyak karena harus menambahkan data center dan juga server dengan kapasitas yang seringkali jauh melebihi kebutuhan di saat itu. Tak hanya soal biaya, perusahaan pun harus menghabiskan banyak waktu untuk mengelola seluruh infrastruktur data center atau server room.


Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Cloud Computing hadir untuk membantu para perusahaan dalam mengelola data-data yang dimiliki. Baik itu menyimpan data, backup data, pemulihan data (disaster recovery), virtual desktop, dan lainnya. Kami, PT. Netmarks Indonesia sebagai AWS Consulting Partner di Indonesia, siap membantu anda dan perusahaan anda untuk beralih ke cloud computing yang dapat meningkatkan produtivitas, menghemat biaya, dan juga meningkatkan ketahanan operasional. Berikut adalah beberapa layanan cloud computing yang ditawarkan oleh AWS:


Hybrid Cloud Architecture

AWS Hybrid Cloud adalah solusi yang cocok untuk perusahaan yang ingin beralih ke cloud, tetapi memiliki data atau aplikasi kritikal yang tetap harus berada di dalam data center milik perusahaan. Tujuan utama perusahaan tersebut untuk beralih ke cloud, biasanya karena adanya kendala biaya, besarnya jumlah data, terbatasnya bandwidth, dan juga waktu, tetapi memiliki kebutuhan untuk mengarsipkan data-data tersebut ke dalam cloud.


Cloud Migration

Untuk menghemat biaya IT, meningkatkan produktivitas, meningkatkan kelincahan bisnis, dan juga ketahanan operasional, perusahaan perlu memindahkan beban kerjanya ke dalam cloud. AWS di Indonesia sudah berpengalaman dalam membantu banyak perusahaan dengan berbagai ukuran untuk memigrasikan beban kerjanya ke dalam cloud, baik itu aplikasi, situs web, database, penyimpanan (storage), server fisik atau virtual, bahkan data center dari lingkungan on-premise, fasilitas hosting, ataupun dari cloud publik lainnya ke AWS.


AWS Backup & Restore

AWS Backup & Restore dapat melindungi data anda dengan daya tahan 99.999999999%, juga membantu anda dalam menghemat biaya tanpa harus mengorbankan kinerja. Menyimpan data di dalam AWS Cloud dapat menjadi langkah pertama perusahaan dalam mengurangi TCO (Total Cost of Ownership). Dengan AWS, anda tidak perlu menunggu berminggu-minggu untuk membeli hardware yang dibutuhkan untuk menyimpan data.


Disaster Recovery

CloudEndure Disaster Recovery dari AWS dapat membantu anda dalam mencegah dan mengatasi berbagai macam bencana yang dapat terjadi di dalam dunia IT, seperti data center failure, hilangnya data (data loss), kerusakan server, ataupun cyber attack. Dengan CloudEndure Disaster Recovery ini juga, anda dapat melindungi database kritikal, seperti Oracle, MySQL, SQL Server, dan juga aplikasi perusahaan seperti SAP.


Virtual Desktop — Amazon WorkSpaces

Amazon WorkSpaces adalah sebuah layanan virtualisasi desktop yang bersifat persisten, yang dikelola sepenuhnya untuk membantu user dalam mengakses data, aplikasi, dan sumber daya yang dibutuhkan oleh mereka dimanapun, kapanpun dan dari perangkat apapun yang didukung oleh AWS. Amazon WorkSpaces juga dapat membantu anda dalam menyediakan desktop Windows ataupun Linux hanya dalam beberapa menit, juga membantu menyediakan ribuan desktop bagi pekerja atau karyawan di seluruh dunia secara sekaligus dengan cepat. Solusi ini adalah solusi remote work yang tepat bagi para perusahaan yang menerapkan WFH atau Work From Anywhere.


Sudah saatnya anda beralih ke cloud computing bersama AWS untuk memberikan perlindungan yang lebih aman terhadap data, menghemat biaya dan waktu, dan beberapa aspek lainnya. Anda dapat menghubungi kami di marketing@netmarks.co.id untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai bagaimana AWS dan Netmarks Indonesia dapat membantu anda dalam melindungi data anda.


Sumber:

https://aws.amazon.com/what-is-cloud-computing/

https://aws.amazon.com/hybrid/

https://aws.amazon.com/cloud-migration/

https://aws.amazon.com/backup-restore/

https://aws.amazon.com/cloudendure-disaster-recovery/?nc=sn&loc=1

https://aws.amazon.com/workspaces/?workspaces-blogs.sort-by=item.additionalFields.createdDate&workspaces-blogs.sort-order=desc

37 views0 comments