Kelebihan Learning Management System Untuk Efisiensi Training Karyawan


lms learning management system

Produktivitas perusahaan tentu tidak terlepas dari peran pekerjanya. Karyawan yang sangat memahami pekerjaannya tentu menjadi hal yang sangat diinginkan oleh perusahaan. Tetapi seringkali banyak hal yang tidak dipahami karyawan mengenai pekerjaannya, terutama jika karyawan tersebut baru bergabung sehingga perusahaan harus melakukan training atau mengajari karyawan hal-hal apa saja yang harus mereka kuasai agar dapat bekerja dengan baik. Fenomena ini membuat training karyawan menjadi hal yang sangat penting di suatu perusahaan.


Saat ini, masih ada perusahaan yang melakukan training karyawan secara tradisional. Supervisor atau trainer masih mengajarkan peserta training atau karyawan satu per satu di suatu tempat. Metode ini tentu kurang efisien, apalagi jika jumlah peserta training sangat banyak karena trainer dan karyawan harus berada di tempat dan waktu yang sama. Selain tidak fleksibel secara waktu dan tempat, training tradisional juga sangat menyita waktu karena trainer harus menilai, memonitor dan mengevaluasi peserta training satu persatu secara manual. Hal lain yang menjadikan training tradisional tidak efisien adalah biaya operasional yang besar seperti mencetak bahan training, belum lagi jika harus menanggung akomodasi dan transportasi peserta training.


Melihat banyaknya kesulitan dari training tradisional, Netmarks Indonesia memberikan solusi training yang lebih efisien melalui Learning Management System. Learning Management System (LMS) adalah platform pelatihan dan belajar secara online. Sistem ini memungkinkan trainer untuk mengunggah dan menyebarkan materi dalam bentuk elektronik untuk target pembelajaran. Ragam materinya dapat berupa product knowledge, standard operating procedure, tugas akademik, dan lain-lain. Karyawan atau peserta training dapat mengakses materi kapan saja, di mana saja dengan jangkauan internet. Berikut kelebihan-kelebihan Learning Management System untuk efisiensi training karyawan:


1. Waktu dan Tempat Fleksibel


Learning Management System dilakukan secara online sehingga trainer dan karyawan dapat berinteraksi kapan saja dan dimana saja. Learning Management System juga dapat menjalankan program pelatihan pendidikan online tanpa batasan waktu, lokasi, dan ukuran materi pembelajaran karena semua data tersebut disimpan di cloud.


2. Efisiensi Waktu


Penilaian, monitoring dan evaluasi dilakukan secara otomatis sehingga trainer tidak perlu mengecek peserta training satu persatu. Learning Management System menawarkan update langsung dari perkembangan peserta, memahami di mana posisi belajar peserta dan membimbing kepada keberhasilan pembelajaran. Kemajuan pembelajaran dapat dikonfirmasi secara real-time dan report secara otomatis dikirimkan ke penanggung jawabnya.


3. Efisiensi Biaya


Learning Management System dapat mengurangi biaya training karena tidak perlu mencetak materi dan membayar tempat training. Perusahaan hanya harus membayar berdasarkan jumlah peserta yang mengakses Learning Management System, yang tentu harganya jauh lebih murah dibandingkan training offline atau tradisional.


4. Kemudahan Pembuatan Materi


Pembuatan materi training dengan Learning Management System dapat dibuat secara online tanpa harus menginstal software tertentu. Dengan pengoperasian yang mudah dipahami, siapa pun dapat dengan mudah membuat konten pembelajaran. Learning Management System by Netmarks juga dilengkapi dengan konten pembelajaran seperti kuis, video, dan siaran langsung.


Banyaknya kelebihan dari Learning Management System atau LMS tentu membuat anda tidak memiliki alasan lagi untuk tidak beralih dari training tradisional ke Learning Management System. Manfaat dari Learning Management System untuk meningkatkan efisiensi training karyawan tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Jika anda tertarik untuk segera mengimplementasikan Learning Management System di instansi tempat anda bekerja atau hanya ingin berkonsultasi terlebih dahulu, segeralah menghubungi Netmarks Indonesia.

31 views2 comments