4 Cara JP1 HIBUN Device Control Menjaga Keamanan Data


Di era saat ini, kasus ancaman-ancaman siber yang bertujuan untuk mencuri data sebuah perusahaan semakin marak. Seiring dengan maraknya ancaman tersebut, sebuah perusahaan tentunya juga harus memperketat pengamanan terhadap seluruh data yang ada pada perusahaan. Mengapa keamanan data harus sangat diperhatikan oleh sebuah perusahaan? Karena data merupakan sebuah aset yang paling penting bagi perusahaan, yang memuat informasi-informasi yang bersifat rahasia atau sensitif, yang jika dicuri atau bocor akan menimbulkan kerugian untuk perusahaan.


Kemudian, bagaimana caranya agar sebuah perusahaan dapat menghindari hal tersebut? Apakah ada solusi yang tepat? Solusinya adalah JP1 HIBUN Device Control, yaitu sebuah software yang dapat membantu para perusahaan dalam melakukan pengamanan data penting atau sensitive dan mencegah terjadinya kebocoran data atau informasi. Berikut adalah penjelasan mengenai fitur-fitur yang bisa anda dapat dari JP1 HIBUN Device Control:


Mengontrol Penggunaan Perangkat (Device)

Dengan menggunakan JP1 HIBUN Device Control, anda dapat membatasi atau mengatur perangkat apa saja yang akan anda berikan izin atau akses ketika dihubungkan dengan PC atau laptop perusahaan anda. Beberapa perangkat yang dapat anda batasi adalah smartphone, removable device seperti USB, SD Card, CD/DVD, kamera bahkan jaringan komunikasi seperti wired/wireless LAN dan juga Bluetooth. Fitur ini bertujuan untuk melarang adanya tindakan copy paste terhadap file tanpa izin sehingga risiko kebocoran atau kehilangan data dapat dihindari.


Mengontrol Jaringan Koneksi (Network Connection)

Selain membatasi penggunaan perangkat yang dapat digunakan, JP1 HIBUN Device Control juga dapat membatasi penggunaan jaringan koneksi yang dapat dihubungkan ke PC atau laptop milik perusahaan. Contohnya adalah ketika seorang karyawan perusahaan anda sedang bekerja di luar area kantor atau perusahaan, sehingga mengharuskan karyawan tersebut untuk menghubungkan laptop perusahaan ke jaringan wi-fi di tempat umum atau mungkin tethering dari smartphone-nya. Hal ini bertujuan untuk menghindari adanya tindakan pencurian data ataupun terinfeksi malware karena menggunakan jaringan koneksi yang tidak aman.


Penggunaan VPN

JP1 HIBUN Device Control dapat membatasi atau melarang karyawan dalam menghubungkan laptop perusahaan dengan jaringan koneksi atau wi-fi yang ada di tempat umum, lalu bagaimana caranya agar karyawan tersebut tetap dapat bekerja di luar kantor? Dengan menggunakan VPN yang sudah disediakan oleh JP1 HIBUN, karyawan dapat menghubungkan laptop-nya dengan wi-fi di tempat umum ataupun tethering dari smartphone-nya. Fitur ini berfungsi untuk memantau dan mengelola keamanan internal agar tidak terjadi infeksi malware, pengunggahan file yang tidak diotorisasi dan juga pencurian data.


Memantau Jejak Aktivitas

Dengan menggunakan fitur log acquisition dari JP1 HIBUN Device Control, anda juga dapat memantau aktivitas yang dilakukan oleh para karyawan ketika mereka sedang menggunakan PC atau laptop milik perusahaan. Contohnya adalah ketika mereka memindahkan atau menghapus file, merubah nama file, melakukan file copying dari PC atau laptop ke dalam USB, dan menghubungkan PC dengan jaringan koneksi internet. Hal ini bertujuan untuk menghindari risiko adanya eror pada sistem operasional, tindakan kecurangan dan juga infeksi malware.


Lindungi data dan informasi penting milik perusahaan anda dengan JP1 HIBUN. Klik disini untuk informasi lebih lanjut mengenai JP1 HIBUN atau anda juga dapat langsung menghubungi kami di marketing@netmarks.co.id

17 views0 comments