top of page

Apa Itu Industrial Internet of Things (IIoT) dan Bagaimana Penerapannya?

Updated: Mar 29, 2023


industrial internet of things iiot adalah

Industrial IoT (IIoT) adalah ekosistem perangkat, sensor, aplikasi, dan perangkat jaringan yang terkait dengan mengumpulkan, memonitor, dan menganalisis data dari operasional industri. Analisis data tersebut membantu meningkatkan visibilitas dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan pemeliharaan. Itu juga dapat meningkatkan efisiensi, mengurangi biaya, serta meningkatkan keselamatan dan keamanan pekerjaan.


Apakah manfaat penerapan Industrial IoT?

Industrial IoT memungkinkan suatu perindustrian mendapatkan banyak data yang dapat ditindaklanjuti dari operational mereka. Ketika dikumpulkan dan dianalisis dengan benar, data tersebut dapat membantu perindustrian mengontrol operasional dengan lebih baik. Manfaat dari penerapan Industrial IoT antara lain:


· Meningkatkan keselamatan pekerja

· Meningkatkan waktu kerja produksi dengan pemeliharaan mesin secara prediktif

· Mempertahankan kualitas produk

· Membantu memastikan produksi sesuai dengan standar perusahaan

· Meningkatkan efisiensi operasional

· Mempercepat waktu respons dengan pengumpulan dan pemrosesan data operasional secara real-time


Bagaimana Industrial IoT berbeda dari jenis IoT lainnya?


IIoT bekerja dengan cara menghubungkan mesin dan perangkat di industri seperti manufaktur, transportasi, minyak dan gas, pembangkit listrik dan transmisi, tambang, dan pelabuhan. Sedangkan IoT komersial, perusahaan, atau konsumen digunakan untuk mendeskripsikan perangkat yang terhubung di dalam rumah dan ruang kantor, seperti kamera, badge reader (pintu otomatis dengan RFID), dan system HVAC pada rumah.


Pertimbangan yang harus disiapkan dalam penerapan IIoT


Network Equipment


Switches, router, dan perangkat wireless yang dihubungkan dengan perangkat IIoT harus menyediakan bandwidth yang dibutuhkan dan mampu bertahan dari kondisi fisik yang berat di lantai pabrik atau di luar ruangan. Peralatan ini harus mendukung protokol komunikasi yang digunakan untuk memberikan visibilitas dan membantu memonitor setiap endpoint. Network equipment juga harus dapat menjalankan aplikasi edge untuk merespons situasi yang muncul secara real time dan untuk mengekstraksi, membuat, dan mengirimkan data operasional ke aplikasi di pusat data atau cloud.


Centralized Connectivity Deployment and Monitoring


Agar perindustrian dapat memantau dan menskalakan penerapannya secara efisien, Centralized visibility dari konektivitas perangkat merupakan hal yang sangat penting. Perindustrian harus dapat menerapkan dan mengkonfigurasi konektivitas perangkat dengan edge device mereka dengan cepat dan akurat. Mereka juga perlu memperbarui konfigurasi secara efisien dengan mengaktifkan remote access yang aman ke network equipment dan troubleshoot issues dengan monitoring alerts.


Asset Tracking and Monitoring


Tracking and Monitoring yang berkelanjutan sangat penting untuk mempertahankan dan menjalankannya secara efisien. Visibilitas tersebut membantu Anda dengan cepat mengidentifikasi potensi masalah yang dapat mempengaruhi operasioal, keselamatan pekerja, dan revenue. Misalnya, tracking apakah peralatan bekerja sangat panas atau pintu dibiarkan terbuka memungkinkan operator mengambil tindakan sebelum terjadi kerusakan permanen.


Strong Cyber Security


Semua perangkat yang terhubung meningkatkan the threat surface. Perangkat operasional sangat rentan dari serangan yang dapat menimbulkan konsekuensi serius. Keamanan yang kuat berdasarkan model zero-trust adalah suatu keharusan. Model ini mengharuskan operator menetapkan establish trust parameters dengan mengidentifikasi dan membuat profil endpoint yang terhubung. Operator juga dapat membagi jaringan menjadi beberapa zona dan terus memantau setiap endpoint untuk memastikannya berjalan dengan baik.


Industrial IoT (IIoT) memang menjadi solusi menarik bagi perindustrian di Indonesia. Solusi ini akan memudahkan operasional perindustrian dan meningkatkan keselamatan dan keamanan dalam pekerjaan. Silahkan menghubungi Netmarks Indonesia melalui form contact us di website ini atau melalui email ke marketing@netmarks.co.id agar kami dapat membantu anda terkait konsultasi lebih lanjut tentang Industrial Internet of Things (IIoT).


Sources:

821 views0 comments
bottom of page