Actualize Your Smart Factory and Growth Your Business with AWS IoT

Updated: May 25


aws iot smart factory

Perusahaan manufaktur menghasilkan banyak sekali data dalam proses produksi sehingga mereka mengalami tantangan pengolahan data yang complicated, seperti sumber dan kepemilikan data yang berbeda. Selain itu, pabrik tradisional biasanya tidak mengolah data-data yang mereka hasilkan setiap hari, dikarenakan mereka masih mengumpulkan dan mengolah data secara manual. Transformasi digital yang dapat menjawab permasalahan tersebut adalah “Smart Factory”. The National Institute of Standards and Technology (NIST) mendefinisikan “Smart Manufacturing” sebagai sistem yang sepenuhnya terintegrasi dan kolaboratif dan dapat merespons secara real-time. Dengan sistem tersebut, terwujudlah “Smart Factory” yang mampu memenuhi tuntutan dan kondisi yang berubah-ubah di pabrik, seperti supply chain ataupun kebutuhan pelanggan.


Smart Factory direalisasikan dari penggabungan teknologi Cloud dan Internet of Things (IoT). Cloud Computing merupakan sebuah teknologi yang menjadikan internet sebagai pusat server untuk mengelola data dan juga aplikasi pengguna. Cloud Computing memudahkan penggunanya untuk menjalankan program tanpa harus menginstall aplikasi terlebih dahulu dan dapat mengakses data melalui internet. Sementara itu, Internet of Things merupakan sebuah konsep di mana suatu benda atau objek yang diintegrasikan dengan teknologi seperti sensor dan software dengan tujuan untuk dapat berkomunikasi, mengendalikan, menghubungkan, dan bertukar data ke dan dari perangkat lain selama masih terhubung ke internet.


Integrasi Cloud dan IoT yang diimplementasikan pada pabrik sebagai contohnya, dapat menggabungkan semua data dari berbagai mesin yang berbeda serta berbagai sumber seperti line, pabrik, atau jaringan secara otomatis. Hal ini tentu meningkatkan kinerja pabrik dan secara tidak langsung meningkatkan kinerja perusahaan, karena dapat mengidentifikasi potensi kemacetan, kegagalan, dan kesenjangan dalam proses produksi secara langsung dan akurat. Menggabungkan data dari berbagai sumber di pabrik juga dapat berfungsi untuk mengaudit pasokan material sehingga menjadi lebih efisien. Dilengkapi juga dengan fitur untuk dapat mendeteksi, mengidentifikasi berbagai macam kegagalan produksi secara real-time dan cepat, sehingga mengoptimalkan pengoperasian mesin dan peralatan di semua fasilitas.


amazon web services aws iot smart factory

Amazon Web Services (AWS) menawarkan layanan dan solusi integrasi untuk dapat menghubungkan dan mengelola miliaran perangkat. Solusi ini dapat mengumpulkan, menyimpan, dan menganalisis data IoT untuk beban kerja industri, konsumen, komersial, dan otomotif. AWS IoT menawarkan solusi Smart IoT dengan integrasi AI dan ML yang superior. AWS menggabungkan kecerdasan buatan artificial intelligence (AI), machine learning (ML), dan IoT untuk membuat perangkat lebih cerdas. AWS IoT memiliki beberapa layanan yaitu:


1. Device Integration


Hubungkan perangkat Anda dan operasikan di Cloud Edge. Beberapa contoh AWS IoT Services untuk device integration adalah AWS IoT Greengrass dan AWS IoT ExpressLink. AWS IoT Greengrass berfungsi untuk membuat, memasang dan mengatur aplikasi IoT di cloud dengan bantuan open-source edge runtime dan cloud service lainnya. Sedangkan AWS IoT ExpressLink mentransformasi embedded device dengan cepat menjadi IoT-Connected Device dengan mudah.


2. Security and Device Management


AWS IoT memudahkan pelanggan untuk mengamankan armada perangkat dalam skala besar dengan autentikasi dan otorisasi perangkat bawaan untuk menjaga data dan perangkat IIoT tetap terlindungi. Terdapat 2 contoh AWS IoT Services untuk security and device management yaitu AWS IoT Device Defender dan AWS IoT Device Management. AWS IoT Device Defender memberikan audit berkelanjutan untuk konfigurasi IoT anda dan mengamankan Fleet of IoT Devices. Sedangkan AWS IoT Device Management memberikan kemudahan untuk mendaftarkan, mengelola, mengawasi IoT devices anda secara menyeluruh dalam waktu yang cepat.


3. Analytic Services


Hal utama dari Smart Factory adalah analisa data. AWS IoT menawarkan analisa data yang cepat dan tepat untuk mendapatkan insight terbaik dari semua data yang anda kelola. AWS IoT SiteWise dan AWS IoT Analytics adalah dua dari sekian banyak AWS IoT Services yang berfungsi sebagai alat analisis data. AWS IoT SiteWise dengan cepat dan akurat mengumpulan dan menganalisa data industri sesuai kebutuhan. Sedangkan AWS IoT Analytics, berfungsi untuk melakukan analisa pada IoT data yang banyak dengan mudah tanpa perlu membuat platform analisis.




Sources:

https://aws.amazon.com/manufacturing/smart-factory/

https://aws.amazon.com/iot/

https://aws.amazon.com/iot/solutions/industrial-iot/

20 views0 comments