Bagaimana Hands Free Wearable Device RealWear Mentransformasi Industri Minyak dan Gas


realwear oil and gas solution

Industri minyak dan gas memiliki tantangan yang besar karena kerasnya medan kerja dan jauhnya jarak untuk berkomunikasi. Tantangan yang pertama adalah bagaimana mengurangi pengeluaran seperti biaya pemeliharaan dan perjalanan. Biaya downtime yang tidak terencana menyebabkan alat pengeboran menganggur dan dapat menelan biaya $30.000 hingga $50.000 per jam. Untuk menghindari pengeluaran tersebut, meningkatkan efisiensi perbaikan atau pemeliharaan alat sangatlah penting.


Permasalahan lainnya adalah pemeliharaan memiliki tantangan tersendiri mulai dari sulitnya melakukan dokumentasi maupun membuka file guideline saat bekerja di luar ruangan karena gadget sangat rentan terjatuh atau rusak. Selain itu, teknisi yang menilai kondisi aset di lapangan seringkali tidak memiliki pelatihan yang memadai sehingga tidak memahami apa yang harus dilakukan dan membutuhkan arahan dari tenaga ahli. Tentunya hal ini dapat menyebabkan kesalahan dan membuang waktu. Tantangan terakhir adalah masalah keamanan. Jauhnya jarak tenaga ahli dan teknisi yang melakukan perjalanan ke lepas pantai, akan meningkatkan risiko keselamatan karena kesulitan dalam komunikasi dengan tenaga ahli dan staf pendukung yang berbasis di darat.


Tantangan-tantangan di industri minyak dan gas yang telah disebutkan diatas dapat dijawab dengan RealWear. RealWear adalah Hands Free Wearable Device yang dapat dioperasikan dengan Voice Command atau perangkat dapat dioperasikan dengan suara tanpa perlu menyentuh perangkat. Selain itu, RealWear juga menggunakan teknologi Assisted Reality. Assisted-Reality memberikan akses kepada pengguna mengenai informasi yang relevan pada Field of View (FoV) ketika dibutuhkan dan memungkinkan penggunanya memiliki full situational awareness.



Perangkat RealWear dapat digunakan untuk remote mentoring seperti mengambil gambar dan video, memutar video pelatihan, memperlihatkan file manual guideline serta konektivitas nirkabel yang mencakup Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan LTE. RealWear juga memiliki banyak mitra teknologi (misalnya Microsoft, Cisco dan Zoom) yang membantu pekerja di lapangan berkolaborasi dengan orang lain dan menampilkan layar mereka untuk berinteraksi melalui micro-display headset. Kemudahan berkomunikasi dengan tenaga ahli dari jarak jauh dapat meningkatkan efisiensi pemeliharaan dan mengurangi biaya perjalanan karena tidak perlu mendatangkan tenaga ahli ke lokasi pengeboran. Sebagai contohnya, Maersk Drilling menggunakan RealWear untuk melakukan Special Periodic Survey (SPS). Survei tersebut dilakukan dari jarak jauh dan mencakup penyelidikan dan inspeksi struktural terperinci untuk memastikan bahwa alat pengeboran secara struktural dalam kondisi prima dan bebas air.


Tantangan terakhir yang dapat dijawab oleh RealWear adalah masalah keamanan. Operasi minyak dan gas sebagian besar terjadi di lingkungan yang berbahaya. RealWear membantu mengurangi atau menghilangkan kebutuhan akan tenaga ahli di lokasi sekaligus memungkinkan kolaborasi antara pekerja lapangan dan para tenaga ahli tersebut. Solusi Assisted Reality pada RealWear juga dapat digunakan untuk memberikan instruksi keselamatan secara real-time dan memfasilitasi pemeriksaan keselamatan yang meluas di seluruh lokasi.


RealWear dirancang agar tahan lama di lingkungan yang ekstrim. Perangkat ini tahan dijatuhkan dari ketinggian hingga dua meter dan diberi peringkat IP-66 untuk ketahanan terhadap debu dan air. Selain itu, perangkat RealWear kompatibel dengan alat pelindung diri (APD) termasuk topi, kacamata, masker, pelindung telinga, dan setelan hazmat sehingga dapat digunakan di hampir semua lingkungan industri. Bahkan, salah satu produk RealWear yaitu RealWear HMT-1Z1 secara intrinsik aman dan memenuhi sertifikasi Class 1 Division 1 and ATEX & IECEx Zone 1. Sertifikat tersebut menandakan RealWear HMT-1Z1 tidak menimbulkan risiko percikan yang dapat berpotensi menimbulkan ledakan.


Penjelasan diatas sudah cukup menjelaskan bagaimana RealWear sebagai Hands Free Wearable Device sangat membantu industri minyak dan gas dalam meningkatkan efisiensi operasi, mengurangi biaya dan meningkatkan keamanan. Jika perusahaan minyak dan gas anda belum menggunakan RealWear untuk pekerja lapangan terutama di lingkungan kerja yang sangat berbahaya seperti lokasi pengeboran minyak, segeralah mencoba RealWear. Jika anda memerlukan konsultasi maupun demo terkait produk-produk RealWear, silahkan menghubungi PT Netmarks Indonesia melalui form contact us di website ini atau email marketing@netmarks.co.id


sources:

https://www.realwear.com/blog/the-new-eyes-and-ears-for-oil-gas/

https://www.realwear.com/energy-utilities/

https://www.realwear.com/blog/how-remote-inspections-are-changing-the-game-in-oil-and-gas-with-focus-on-quality-and-safety/


18 views0 comments