top of page

Mengenal FortiGate Next-Generation Firewall, Bukan Sekedar Firewall Biasa

FortiGate Next-Generation Firewall atau biasa disebut FortiGate NGFW merupakan alat yang membantu memproteksi data, aset, dan pengguna di seluruh infrastruktur hybrid perusahaan Anda dari serangan siber yang masuk melalui sistem jaringan. Sistem keamanan ini memungkinkan organisasi untuk mengamankan seluruh jaringan atau network perusahaan tanpa terkecuali. Lalu, apa itu FortiGate Next-Generation Firewall dan apa bedanya dengan firewall biasanya? Simak penjelasannya pada artikel berikut.

Ilustrasi Pengguna FortiGate Next-Generation Firewall

Apa itu FortiGate Next-Generation Firewall?

Next Generation Firewall atau bisa disingkat menjadi NGFW adalah solusi keamanan siber yang membantu Anda untuk melindungi dan mencegah serangan siber dan mengurangi risiko keamanan dengan perlindungan dan respons yang konsisten selain itu, real-time terhadap ancaman yang terus berkembang. Seperti namanya, FortiGate Next Generation Firewall merupakan jenis firewall terbaru dan memiliki sistem keamanan yang lebih kuat dibandingkan dengan firewall biasa.


Selain itu juga, Next Generation Firewall (NGFW) dapat menganalisis lalu lintas jaringan dan menerapkan aturan untuk memblokir lalu lintas yang berpotensi untuk membahayakan perusahaan. NGFW dapat melakukan semua yang dilakukan firewall biasa, tetapi lebih kuat dan dengan fitur keamanan yang lebih lengkap.


Apa Bedanya NGFW dengan Firewall Biasanya?

Firewall tradisional berperan sebagai garda yang memantau lalu lintas yang masuk dan keluar jaringan. Perangkat ini akan melihat packet, alamat jaringan, dan port untuk menentukan apakah data harus diizinkan masuk atau diblokir. Berbeda dengan firewall biasa atau first generation firewal yang kurang mampu untuk mengimbangi traffic yang padat, sehingga mudah dimasuki oleh malware melalui lalu lintas tersebut dan sulit untuk dideteksi firewall konvensional.


Dari kekurangan tersebutlah next-generation firewall diciptakan, sehingga membantu perusahaan dari network traffic yang dapat membahayakan infrastruktur jaringan perusahaan. Adapun kelebihan NGFW lainnya khususnya FortiGate adalah memiliki Application Control and Intrusion Prevention System (IPS) untuk mendeteksi seranan zero-day maupun serangan yang sudah dikenal, fitur canggih ini dapat melihat ke dalam aktivitas aplikasi dan menemukan serta memblokir malware dengan mengawasi lalu lintas jaringan. Seiring berjalannya waktu dan berkembangnya ancaman, berbagai teknologi pemeriksaan keamanan tambahan ditambahkan ke dalam proses tersebut, seperti mengatasi malware termasuk ransomware yang terus berkembang.


Sementara itu, firewall konvensional terlalu sederhana dengan semakin berkembangnya ancaman yang mengintai dan dapat masuk kapan saja. Berdasarkan alasan tersebut, Next-Generation Firewall atau NGFW dapat menjadi solusi atas kompleksnya ancaman siber karena firewall konvensional belum dapat mengimbangi perkembangan serangan siber yang dapat menyerang sewaktu-waktu tanpa peringatan.


Keunggulan Next-Generation Firewall

Saat ini, perusaahaan wajib memikirkan bahaya yang dapat menyerang mereka dan kapanpun dapat terjadi, karena malware dan ancaman menjadi semakin sulit untuk dideteksi salah satunya pada access point, maka sangat penting bagi keamanan untuk menjangkau seluruh jaringan untuk memantau traffic dan segala isinya. Adapun keunggulan-keunggulan yang dapat menguntungkan perusahaan Anda jika menggunakan NGFW:


Performa yang Luar Biasa

Next-Generation Firewall (NGFW) memiliki performa yang luar biasa dibandingkan dengan firewall konvensional, selain itu NGFW juga mampu mengimbangi segala jenis ancaman keamanan. Dengan meningkatnya volume data, yang didorong oleh hal-hal seperti IoT dan Cloud yang akan terus meningkat serta skala jaringan akan terus berkembang. Sistem keamanan pada perusahaan harus memungkinkan pertumbuhan tanpa mengorbankan perlindungan data dan sumber daya. NGFW tidak hanya memberikan perlindungan terhadap serangan yang sudah dikenal, tetapi juga mampu mendeteksi dan mengatasi ancaman yang baru muncul dengan cepat dan efisien.


Visibilitas Mendalam dan Menyeluruh

Pada umumnya, visibilitas pada firewall konvensional kurang mendalam dan menyeluruh terhadap ancaman sehingga kurang dapat diandalkan. Hal ini mengakibatkan serangan dapat datang dari mana saja, baik itu berasal dari dalam maupun dari jaringan, berbeda dengan NGFW yang memiliki visibilitas yang mendalam dan menyeluruh sehingga jaringan dapat aman dari ancaman baik itu yang sudah diketahui maupun zero day.


Otomatisasi, Inspeksi yang Menyeluruh, dan AI

Otomatisasi keamanan memungkinkan jaringan merespons secara terkoordinasi terhadap ancaman yang terdeteksi. Dilain sisi, NGFW dapat melakukan inspeksi mendalam secara real-time dan tepat waktu dengan integrasi teknologi AI mutakhir sehingga tidak hanya meningkatkan keefektifan pengamanan jaringan, tetapi juga memastikan bahwa perusahaan dapat terus beroperasi tanpa gangguan yang disebabkan oleh serangan siber.


Kesimpulan

Dalam lingkungan jaringan saat ini, solusi yang luas, kuat, terintegrasi, dan terotomatisasi bukan hanya hal yang bagus untuk dimiliki, melainkan solusi tersebut merupakan komponen penting dari keamanan jaringan atau network. FortiGate Next-Generation Firewall dengan berbagai kelebihannya merupakan solusi yang cocok bagi perusahaan Anda yang membutuhkan solusi NGFW untuk mengamankan jaringan atau network perusahaan.


Untuk informasi seputar NGFW, hubungi kami di marketing@netmarks.co.id atau dengan klik "contact us" dibawah.



Комментарии


bottom of page