Pentingnya Menggunakan Cloud Security



Kehadiran cloud computing memberikan banyak keuntungan, salah satunya yaitu memberikan ruang penyimpanan yang besar dan dapat diakses secara mudah. Namun apabila tidak hati-hati, maka peluang pencurian data bisa saja terjadi. Dengan begitu menjadi hal yang penting untuk menerapkan cloud security agar data tetap aman dan terlindungi.


Cloud Security adalah sistem perlindungan data, aplikasi, atau infrastruktur komputasi yang disimpan secara online dan bersamaan melalui platform cloud. Metode yang termasuk dalam penyediaan cloud security adalah firewall, pengujian penetrasi, obfuscation, tokenization, jaringan pribadi virtual (VPN), dan menghindari koneksi internet publik. Cloud security adalah salah satu bentuk dari dari cyber security.


Cloud security sendiri tersedia dalam bentuk atau layanan sub domain sekuritas komputer, jaringan dan informasi yang luas. Biasanya ada pihak ketiga yang menyediakan fasilitas keamanan data seperti ini. Jadi, ada simbiosis mutualisme antara pemilik data dengan pengelola data pada sistem cloud.


Lalu apa pentingnya menggunakan cloud security?


Kekhawatiran pada Keamanan Data.

Cloud security adalah perhatian utama bagi para cloud provider. Mereka tidak hanya harus memuaskan pelanggan; mereka juga harus mengikuti persyaratan dan peraturan tertentu untuk menyimpan data sensitive seperti nomor kartu kredit damn informasi kesehatan. Mengaudit pihak ketiga atas sistem dan prosedur keamanan cloud provider membantu memastikan bahwa data pengguna aman. Ancaman terutama pada hal ini adalah data breach (pembobolan data), data loss (kehilangan data), account hijacking (pembajakan akun), traffic hijacking (pembajakan lalu lintas, dan lainnya. Sehingga penting untuk kalian memastikan provider dapat dipercaya untuk memberikan clouds security.


Akses Sistem Keamanan.

Menjaga keamanan data di cloud lebih dari sekedar mengamankan cloud saja. Pengguna cloud juga harus melindungi akses ke cloud yang diperoleh dari data yang disimpan di device lain atau terjadinya kecerobohan saat login. Data yang disimpan di cloud-host negara lain juga harus diamankan dan mungkin juga terdapat prosedur dan peraturan tindakan privasi yang berbeda. Sebelum memutuskan untuk penerapan clouds security, Anda harus dapat melihat peraturan yang diberikan oleh provider mengenai akses yang digunakan, Apalagi yang berkaitan dengan data tertentu. Sehingga dengan adanya keterbukaan yang jelas, membuat security control dapat digunakan secara maksimal dan saling percaya.


Standard Produk.

Beberapa vendor memberikan banyak penawaran terkait beberapa produk yang diberikan, terutama untuk clouds security. Dalam tahap ini, hal terpenting Anda dapat melihat standar yang ada dan telah ditentukan Hal ini menjadi perhatian bersama, sehingga dengan memahami dan mengetahui standar yang diberikan membuat prosesnya dapat dijalankan dengan semestinya.


Setelah kita tau pentingnya menggunakan cloud security, berikut adalah keuntungan dalam menggunakan cloud security:


1. Keamanan yang terjamin

Clouds security dapat dipastikan menjadi keamanan terjamin yang memiliki enkripsi khusus, sehingga sulit untuk ditembus dan dicuri oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Maka dari itu cloud security lebih aman dibandingkan dengan media penyimpanan konvensional.

2. Fitur Backup

Dengan fitur backup, membuat data yang disimpan di dalam penyimpanan online atau clouds tidak hilang begitu saja. Karena jika terjadi permasalahan dan terdapat beberapa data yang hilang, data tersebut masih dapat diakses dengan back up data yang ada.

3. Kapasitas tanpa batas

Menggunakan media penyimpanan lama atau konvensional membuat tempat penyimpanan data yang terbatas. Namun jika menggunakan clouds Anda akan mendapatkan jumlah penyimpanan yang besar dan tak terhingga. Mau tau informasi mengenai teknologi lainnya? kalian bisa mengunjungi halaman blog kami ya..


Sumber :

https://www.investopedia.com/terms/c/cloud-security.asp

https://qwords.com/blog/cloud-security/

https://www.pcman.co.id/security-it/cloud-security/

10 views0 comments