4 Alasan Mengapa Anda Harus Segera Mulai Menggunakan Robotic Process Automation (RPA) di Perusahaan

Updated: Feb 16


RPA Robotic Process Automation

Semakin banyak klaim dan pelayanan yang diminta oleh customer, membuat para pemimpin perusahaan harus terus memutar otak bagaimana cara menangani permasalahan tersebut. Salah satu cara yang ditempuh adalah dengan memaksimalkan tenaga kerja yang mereka punya. Tantangan mengelola tenaga kerja menjadikan pemimpin perusahaan mulai berfikir ke sebuah transformasi yaitu teknologi otomatisasi yang dalam hal ini adalah Robotic Process Automation. Selain tantangan dari customer, pandemic Covid-19 juga meningkatkan kebutuhan akan Robotic Process Automation untuk membantu jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dalam suatu pekerjaan. Selain alasan-alasan yang telah disebutkan sebelumnya, berikut alasan lain mengapa anda harus segera beralih ke Robotic Process Automation (RPA):


1. Teknologi Baru


Jika anda baru akan menggunakan Robotic Process Automation di perusahaan, maka saat ini adalah saat yang tepat karena banyak perusahaan lain juga baru menggunakan Robotic Process Automation. Hal ini menjadikan perusahaan anda tidak terlalu tertinggal jauh dari perusahaan lain dalam penggunaaan Robotic Process Automation. UiPath melakukan survey terhadap developer yang bekerja untuk perusahaan dan hasilnya adalah 42% Robotic Process Automation baru mulai digunakan oleh perusahaan pada 1-2 tahun yang lalu dan 34% pada 3-4 tahun yang lalu.


2. Perkembangan Signifikan


Berdasarkan survey yang dilakukan oleh Gartner, salah satu perusahaan research and consulting di Amerika Serikat, 92% koresponden berpendapat bahwa Robotic Process Automation Industry mempunyai potensi tinggi pertumbuhan dalam 5 tahun ke depan dan 77% memperkirakan akan merekrut lebih banyak Robotic Process Automation Developers setahun ke depan (70% lebih banyak dari tahun lalu).


3. Kemudahan Akses Belajar


Walaupun banyak penggiat Robotic Process Automation berasal dari berbagai latar belakang dan industri, mereka perpendapat bahwa transisi mereka ke tugas atau posisi di bidang Robotic Process Automation terasa mudah. Kemudahaan transisi ini disebabkan kemudahan akses edukasi Robotic Process Automation di berbagai platform. Platform pembelajaran Robotic Process Automation yang paling banyak digunakan adalah online course dan kedua terbanyak adalah video tutorial di platform Youtube. Tentunya platform-platform tersebut mudah dijangkau banyak orang sehingga tidak sulit mendapatkan ilmu yang dibutuhkan untuk masuk ke bidang Robotic Process Automation. Hal ini juga memudahkan para pemimpin perusahaan dalam memberikan pelatihan bagi tim Robotic Process Automation di perusahaannya.


4. Banyaknya Manfaat


Penggunaan Robotic Process Automation tidak hanya sekedar untuk menurunkan biaya tetapi juga untuk memperkuat ketahanan bisnis, mengurangi risiko, dan mendapatkan business insight yang lebih baik. Remote Work karena pandemi covid-19 juga mendapatkan manfaat dari Robotic Process Automation seperti otomatisasi pengiriman meeting minutes after a call dan rutin mengirimkan daily task list.

Kesimpulan dari penjelasan-penjelasan yang telah disebutkan sebelumnya adalah Robotic Process Automation akan terus berkembang dan menjadi hal yang penting pada banyak perusahaan dalam beberapa tahun ke depan. Hal ini juga membuat meningkatnya kebutuhan akan pentingnya menemukan developer dan tenaga kerja yang sesuai dengan yang perusahaan butuhkan.


Banyaknya alasan yang telah disebutkan diatas, menjadikan perusahaan anda harus segera menerapkan Robotic Process Automation (RPA). Jika memerlukan konsultasi maupun implementasi RPA di perusahaan, anda dapat menghubungi PT Netmarks Indonesia.


sources:

https://www.uipath.com/blog/rpa/rpa-insights-business-leaders-need-to-know


96 views0 comments