top of page

5 Keuntungan Integrasi Data : Karena Data adalah "New Oil"


Apa yang dimaksud dengan integrasi data? Integrasi data menyatukan data yang dikumpulkan dari berbagai sistem dan membuatnya lebih berharga untuk bisnis Anda.

Tanpa integrasi data, Anda tidak memiliki cara untuk mengakses data yang dikumpulkan dari satu sistem ke sistem lainnya.


Presiden Jokowi menyebutkan dalam wawancaranya dengan Tempo pada January 2021, bahwa “Data akurat adalah kekayaan baru yang sangat berharga saat ini, bahkan nilainya bisa lebih berharga daripada minyak. Data yang valid menjadi salah satu kunci pembangunan.” Beliau menghimbau kepada jajaran pejabat pemerintahan agar tidak merencanakan dan mengambil keputusan tanpa data. Terlebih, jika keputusan penting diambil hanya berdasarkan asumsi atau perasaan semata.


Untuk itu integrasi data yang realtime dan akurat sangat dibutuhkan dalam analisa pengambilan keputusan.

Sebagai contoh dalam dunia korporasi, tim sales mengumpulkan database pelanggan di CRM (Customer Relationship Management) perusahaan yang tidak dapat diakses oleh divisi lain diluar tim sales. Terkadang tim dari divisi lain perlu mengakses data tersebut, seperti bagian keuangan. Seringkali data dibagikan secara manual melalui Excel atau email, yang memungkinkan ada kesalahan ketik, human error dan waktu yang dibutuhkan untuk berbagi data tersebut tidak real-time.


Dengan integrasi data, informasi dibagikan secara mudah dan lancar antar sistem. Staf dapat mengakses data ERP di sistem CRM Anda dan sebaliknya. Kesalahan dapat diminimalisir, setiap orang dalam bisnis Anda memiliki data yang mereka butuhkan untuk melakukan yang terbaik dan Anda mendapatkan nilai terbaik dari sistem yang sudah Anda miliki.


Berikut adalah 5 keuntungan integrasi data dengan menggunakan sistem :

  1. Membantu mengurangi kompleksitas dalam data

  2. Data menjadi terpusat, sehingga lebih berharga dan mudah digunakan

  3. Kolaborasi menjadi lebih mudah di antara berbagai sistem bisnis atau divisi

  4. Keputusan bisnis yang lebih cerdas dapat diambil karena data yang telah dianalisa dapat memberikan prediksi kedepannya

  5. Mengamankan data anda secara langsung dengan menjaga informasi tetap terkini

Hulft-DataSpider memberikan solusi integrasi data tanpa perlu melakukan coding atau programming. Semudah drag and drop. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai solusi Hulft-DataSpider, silahkan ikuti webinar kami dengan mendaftarkan diri pada link berikut : https://www.netmarks.co.id/event-details/hulft-dataspider-revolutionized-automation-and-seamless-data-integration


Sumber : Tempo

524 views0 comments
bottom of page