top of page

Artificial Intelligence For Retail Industry

  • Marketing Team - Netmarks Indonesia
  • Jan 4, 2023
  • 2 min read

artificial intelligence retail

Industri retail tentu menghasilkan data yang sangat banyak seperti data penjualan, data customer behavior, data stok dll. Banyaknya data tersebut dapat menjadi kekuatan jika dapat diolah dan digunakan dengan baik. Penggunaannya dapat bermanfaat untuk efisiensi operasional, efisiensi keuangan, pengambilan keputusan bisnis hingga inovasi. Perusahaan retail yang memiliki data lengkap dan proses pengambilan data yang lancar dapat dengan mudah mengelola data yang mereka miliki untuk analisis dan perhitungan dalam manajemen perusahaan.


Mengumpulkan dan mengelola data tidak serta merta mudah dilakukan. Banyaknya data yang harus dikumpulkan dan diolah membutuhkan banyak proses dan usaha. Tidak sedikit pelaku retail yang kewalahan mengelola data mereka karena keterbatasan tenaga ahli dan jumlah karyawan. Akibatnya, banyak data yang tidak tersimpan dan tidak digunakan untuk kepentingan usahanya. Tentunya hal ini cukup merugikan pelaku usaha maupun konsumen. Hal ini dikarenakan semakin baik manajemen retail mengelola proses bisnisnya semakin baik pula pelayanan konsumennya. Teknologi yang dapat membantu industri retail untuk mengelola begitu banyaknya data adalah teknologi Artificial Intelligence (AI). Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diprogram untuk berpikir seperti manusia dan meniru tindakannya.


Artificial Intelligence pada industri retail telah menjadi transformasi digital. Teknologi AI telah meningkatkan kecepatan, efisiensi, dan akurasi di setiap cabang bisnis retail. Sistem analisis AI membantu perusahaan membuat keputusan bisnis berdasarkan data. AI dalam retail telah memberdayakan bisnis dengan data dan informasi tingkat tinggi yang dimanfaatkan untuk operasi retail yang lebih baik dan peluang bisnis baru.


Bagaimana Artificial Intelligence (AI) mengubah keseluruhan industri retail?


1. Demand Forecasting


ArtificiaI Intelligence dalam industri retail memberikan demand forecasting yang lebih baik dengan mengumpulkan insight dari marketplace, konsumen dan pesaing untuk memprediksi pergerakan industri retail dan membuat perubahan proaktif pada strategi pemasaran, merchandising, dan bisnis perusahaan. Prediksi ini juga berdampak pada perencanaan supply chain, harga dan promosi.


2. Manajemen Pemasaran


Artificial Intelligence dapat memberikan Advanced Customer Relationship Management (CRM) dan marketing systems untuk mempelajari perilaku dan preferensi konsumen. Berdasarkan analisis tersebut, didapatkan customer persona yang terperinci seperti profil demografi hingga data pembelian dan pencarian konsumen. Informasi ini dapat dimanfaatkan untuk strategi pemasaran selanjutnya seperti promosi dan konten adaptif yang dapat dipersonalisasi untuk konsumen pada kategori tertentu.


3. Interactive Customer Service


Artificial Intelligence pada pelayanan konsumen dapat berupa interactive chatbot dan adaptive user interface. Interactive chatbot menggunakan AI dan machine learning untuk berkomunikasi dengan konsumen seperti menjawab pertanyaan umum (Frequently Asked Questions) dan mengarahkan ke staf ahli jika permintaan konsumen memerlukan penanganan khusus. Adaptive user interface dengan AI dapat mengenali dan menafsirkan isyarat wajah, biometrik, dan audio untuk memberikan pengalaman berbelanja yang lebih baik.


4. Pengoptimalan Operasional


Sistem manajemen logistik yang didukung AI menganalisis jumlah inventori, tenaga kerja, distribusi, dan pengiriman secara real-time untuk menciptakan supply chain yang paling efisien. Supply chain yang baik tentu akan meningkatkan performa perusahaan retail itu sendiri karena supply chain sangat mempengaruhi kepuasan pelanggan.


Begitu banyak bantuan yang dapat diberikan oleh Artifical Intelligence terutama di industri retail yang memiliki begitu banyak data, membuat kita juga harus segera mengikuti perkembangan teknologi ini. Konsultasi dan implementasi Artificial Intelligence (AI) dapat menghubungi Netmarks Indonesia pada form contact us pada website ini atau email ke marketing@netmarks.co.id


Sources:





Comments


OUR OFFICE

HEAD OFFICE JAKARTA

Komplek Griya Inti Sentosa Jalan Griya Agung Blok M3, No 32-33 Jakarta Utara 14350, Indonesia

SUPPORT OFFICE CIKARANG

Ruko Cikarang Square  Jl. Raya Cikarang - Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530

BRANCH OFFICE SIDOARJO

Kawasan Industri SIRIE Jl. Lingkar Timur Km 5.5 Blok F No 25-26 Sidoarjo 61234

BRANCH OFFICE BATAM

Kawasan industri tunas bizpark, Blk. E No.10, Belian, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444

QR Code

SUPPORT OFFICE LOMBOK

Jl. Pemuda No.28, Dasan Agung Baru, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83125.

Netmarks Indonesia logo, representing the company's commitment to providing high-quality IT solutions and services to businesses.

PT NETMARKS INDONESIA

We are here, on Customer's side

ISO 9001:2015 certification logo, signifying Netmarks Indonesia's adherence to international quality management standards.
ISO 27001:2022 certification logo, indicating Netmarks Indonesia's compliance with information security management standards

FOLLOW US

  • TikTok
  • Linkedin
  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
  • Spotify

©2025 by PT NETMARKS INDONESIA

bottom of page