Efisiensi Dengan Menggunakan RPA

Updated: Nov 9


Zaman sekarang orang sudah berlomba-lomba untuk mengejar efiiensi dan meningkatkan produktivitas, terutama perusahaan. Karena itu banyak perusahaan yang menggunakan RPA. Tapi apa itu RPA?


RPA merupakan singkatan dari Robotic Process Automation. Dalam konteks ini robot yang dimaksud bukanlah sebuah robot seperti yang di film atau robot yang mempunyai bentuk fisik kemudian mengerjakaan pekerjaan manusia. RPA adalah robot yang berbentuk software dengan sistem digital untuk membantu manusia dalam melakukan pekerjaan yang bersifat repetitif.


Robotic Process Automation (RPA) merupakan software “robot” yang meniru dan mengintegrasikan tindakan manusia yang berinteraksi dalam sistem digital untuk menjalankan proses bisnis dengan kecepatan dan tingkat akurasi yang dapat mencapai 100%. Robot RPA memanfaatkan user interface untuk meng-capture data dan memanipulasi aplikasi seperti halnya manusia. Kemudian, robot RPA ini dapat menafsirkan, memicu respon, dan berkomnikasi dengan sistem lainnya untuk melakukan berbagai tugas yang repetitive.


RPA sendiri merupakan evolusi dari 3 teknologi utama, yaitu:

  1. Screen scraping adalah proses mengoleksi data screen display dari aplikasi legacy sehingga data dapat ditampilkan oleh user interface yang lebih modern.

  2. Workflow merupakan suatu proses dalam RPA yang menghilangkan proses data entry secara manual untuk meningkatkan kecepatan, efisiensi, dan akurasi.

  3. Artificial intelligence merupakan system kecerdasan buatan yang dapat menjalankan tugas – tugas yang mambutuhkan intervensi dan kecerdasan manusia.

Lalu jika sudah menggunakan RPA, apalagi pekerjaan yang dapat dilakukan oleh manusia? Apakah manusia akan kehilangan pekerjaan?


Jawabannya tentu saja tidak, dengan kehadiran RPA justru manusia akan lebih memiliki kesempatan untuk lebih produktif dalam melakukan pekerjaan yang menarik dan kreatif, serta manusia juga akan lebih efisien.


Selain efisiensi dan produktivitas, untuk lebih jelasnya berikut adalah beberapa keuntungan dalam menggunakan RPA terutama di perusahaan:


1. Reduce Cost: Dengan mengotomasi tugas-tugas rutin karyawan, RPA akan mencapai penghematan operasional mencapai 30% diatas output produktivitas yang dihasilkan


2. Better customer experiences: Dengan mengimplementasikan RPA akan memberikan manfaat nyata bagi sumber daya perusahaan untuk tetap fokus pada kepuasan pelanggan.


3. Lower operational risk: RPA akan membantu perusahaan untuk menurunkan risiko human error yang terjadi karena kurangnya pengetahuan dalam mengoperasikan sistem.


4. Improved internal processes: RPA akan membantu perusahaan untuk meningkatkan proses pelaporan menjadi lebih cepat, onboarding employee lebih cepat dan kegiatan internal dengan meningkatkan kemampuan robot melalui Artificial Intelligence (AI) dan Machine Learning (ML) maka perusahaan akan dipaksa untuk mendefinisikan prosedur tata kelolanya dengan jelas.


Untuk penerapannya, RPA hampir dapat diterapkan di perusahaan dalam berbagai bidang seperti jasa keuangan bank, asuransi. Kemudian pemerintahan, layanan kesehatan, transportasi, logistik, energi, dan juga telekomunikasi.


Salah satu contoh use case yang kita pakai disini adalah dalam bidang keuangan. RPA dapat sepenuhnya mengotomatisasi 42% dari tugas Keuangan dan Akuntansi. Bank, lembaga keuangan, dan perusahaan asuransi memproses sejumlah besar operasi setiap hari.


Di sektor yang membutuhkan operasi intensif dan besar, RPA dapat digunakan sebagai pekerja virtual, membantu manusia dalam mengerjakan tugas harian dan bersifat repetitive, misalnya memasukan data akun setiap pembayaran atau transaksi.


Misalnya dalam kasus account payable. Memasukkan data transaksi lewat satu invoice mungkin masih bisa kita lakukan secara manual, tetapi dalam lembaga keuangan seperti bank ataupun perusahaan yang membayar, pasti terdapat ratusan bahkan sampai ribuan data dan dalam jumlah yang sangat besar. Disinilah peran RPA bekerja, RPA dapat diatur sedemikian rupa untuk memasukkan data baik berdasarkan jumlah uang, nama yang transaksi dan sebagainya. RPA akan secara otomatis memasukan data transaksi dengan akurat dan cepat.


Nah jika dilihat dari penjelasan diatas, dengan interaksi yang erat antara manusia dan robot, RPA dapat meningkatkan produktivitas dan efisiensi dalam perusahaan anda sehingga sangat menguntungkan bagi perusahaan anda. Kami dari PT. Netmarks Indonesia yang merupakan perusahaan IT solutions, dan juga selaku sebagai authorized reseller untuk RPA, juga menyediakan solusi IT yaitu produk RPA di Indonesia kepada perusahaan anda. Dengan solusi ini perusahaan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik dan karyawan akan memiliki waktu lebih untuk mengerjakan yang lebih bernilai.


Sumber :

https://amt-it.com/mengenal-robotic-process-automation-dan-manfaatnya-bagi-perusahaan/

https://sis.binus.ac.id/2020/08/10/robotic-process-automation-rpa/

https://unida.ac.id/teknologi/artikel/robotic-process-automation-rpa-bukti-teknologi-masa-depan.html

https://gleematic.com/indonesia/menerapkan-rpa-dalam-bidang-keuangan-dan-akuntansi/


33 views0 comments