Kelebihan Training Karyawan Baru Menggunakan Learning Management System (LMS)


onboarding employee training e-learning lms

Karyawan yang baru mulai bekerja di suatu perusahaan atau onboarding employee tentu memiliki berbagai macam kondisi. Karyawan tersebut baik fresh graduate ataupun karyawan yang sudah berpengalaman memiliki tantangan masing-masing. Pada saat masa orientasi onboarding employee, banyak sekali hal yang harus dijelaskan seperti etika bekerja, peraturan perusahaan bahkan pengetahuan dasar yang dibutuhkan untuk mulai bekerja.


Tantangan-tantangan diatas dapat dijawab oleh Learning Management System. LMS atau Learning Management System adalah suatu perangkat lunak atau software untuk keperluan administrasi, dokumentasi, laporan kegiatan belajar mengajar secara online (terhubung ke internet), e-learning, dan materi-materi pelatihan, yang semua itu dilakukan dengan online. Karyawan atau peserta training dapat mengakses materi kapan saja, di mana saja dengan jangkauan internet.


Fungsi Learning Management System adalah sistem manajemen pembelajaran yang menyediakan cara bagi instruktur untuk membuat dan menyampaikan konten, memantau partisipasi dan menilai kinerja peserta training. Learning Management System juga berfungsi untuk memberi peserta training kemampuan untuk menggunakan fitur interaktif seperti konferensi video dan forum diskusi.


Learning Management System banyak sekali memberi manfaat pada proses orientasi atau training karyawan baru. Manfaat yang pertama adalah membantu tim Human Resources Development (HRD) maupun end user team karyawan baru agar tidak perlu memberikan orientasi dasar satu persatu dan berulang ulang. Manfaat lainnya adalah mengidentifikasi jika ada kesenjangan keterampilan, meningkatkan kemampuan mengerjakan tugas yang akan diberikan dan memastikan karyawan baru telah memahami etika dan peraturan perusahaan.


Netmarks Indonesia menawarkan platform e-learning yang merupakan bagian dari Learning Management System dengan kelebihan sebagai berikut:


1. Online Course Builder


Platform e-learning yang ditawarkan Netmarks Indonesia dapat menunjang program orientasi secara online dimanapun dan kapanpun. Tidak hanya menyediakan platform e-learning tetapi Netmarks Indonesia juga dapat mendukung pembuatan konten mulai dari video, rekaman dan dokumen, pembuatan kuis dan ujian, hingga layout atau interface e-learning yang dapat diubah sesuai keinginan.


2. Time Efficiency


Penilaian, monitoring dan evaluasi dilakukan secara otomatis untuk memudahkan trainer sehingga tidak perlu mengecek peserta orientasi satu persatu. Kemajuan pembelajaran dapat dikonfirmasi secara real-time dan laporan secara otomatis dikirimkan ke penanggung jawabnya. Anda juga dapat memeriksa status penggunaan sistem e-learning seperti informasi login. Selain itu, e-learning yang merupakan bagian dari LMS dapat membuat survei kepuasan peserta orientasi untuk perbaikan program.


3. No Need Installation


E-learning platform dapat digunakan tanpa mengunduh aplikasi tertentu. Peserta didik dapat belajar kapanpun dan dimanapun asalkan terkoneksi internet. Learning Management System kami dapat beroperasi pada cloud maupun on-premise.


4. Cost Efficiency


Learning Management System dapat mengurangi biaya orientasi karena tidak perlu mencetak materi dan membayar tempat training. Perusahaan hanya harus membayar berdasarkan jumlah account yang mengakses Learning Management System, yang tentu harganya jauh lebih murah dibandingkan orientasi offline atau tradisional.


Banyaknya kelebihan dari platform e-learning yang kami tawarkan dapat menunjang fungi Learning Management System secara keseluruhan. Manfaat dari Learning Management System untuk meningkatkan efisiensi training karyawan baru tentu tidak perlu dipertanyakan lagi. Jika anda tertarik untuk segera mengimplementasikan Learning Management System di instansi tempat anda bekerja atau hanya ingin berkonsultasi terlebih dahulu, segeralah menghubungi Netmarks Indonesia melalui contact us form pada website ini atau email ke marketing@netmarks.co.id


Sources:

https://www.ekrut.com/media/learning-management-system

42 views0 comments