Performa Luar Biasa Amazon Web Services (AWS) Data Lakes and Analytics Untuk Proses Analisis Data


amazon web services aws data lakes and analytics

Pada era digital sekarang ini, peran data analytics sangatlah penting. Data analytics dapat menunjang keberhasilan efisiensi operasional, efisiensi keuangan, pengambilan keputusan bisnis hingga inovasi. Perusahaan yang dapat mengambil dan mengolah berbagaimacam data dengan tepat dan cepat mampu mengambil keputusan manajemen secara lebih akurat.


Analisis data menjadi proses yang sangat penting pada era transformasi digital saat ini. Memeriksa dan mengolah data untuk diubah menjadi informasi yang bermanfaat sangat dibutuhkan dalam menarik kesimpulan ataupun keputusan. Sayangnya, proses menganalisis data tidak semudah yang diperkirakan. Banyaknya data dari berbagai sumber membuat perusahaan membutuhkan platform analisis data yang kompleks.


Permasalahan yang sering dihadapi dalam proses analisis data adalah banyaknya data yang harus dianalisa, sulitnya mengintegrasi data dari berbagai sumber, dan memastikan keamanan data tersebut. Amazon Web Services (AWS) menyediakan pilihan layanan analisis data termutakhir yang sesuai dengan semua kebutuhan analisis data Anda. Serta, memungkinkan organisasi dari semua ukuran dan industri untuk memahami lebih dalam bisnis mereka. AWS menawarkan layanan yang dibuat khusus untuk memberikan performa, ukuran dan harga terbaik. Mulai dari data movement, data storage, data lake, big data analytics, log analytics, streaming analytics hingga machine learning (ML).


Apa saja kelebihan AWS Data Lakes and Analytics? Berikut penjelasannya:




1. Scalable Data Lakes


Data Lakes adalah sistem yang dapat mengumpulkan data dari berbagai macam sumber. AWS Data Lakes and Analytics dapat memberikan scale, agility, and flexibility yang dibutuhkan untuk mengkombinasikan berbagai macam data dan pendekatan analisis.


2. Purpose-built for Performance and Cost


AWS Analytics Services dibuat khusus untuk membantu Anda mengekstrak data insight dengan cepat menggunakan tools yang paling tepat. Selain itu, AWS Analytics Services mengoptimalkan kinerja, ukuran, dan biaya terbaik untuk kebutuhan analisis data.


3. Severless and Easy to Use


AWS Analytics Services hampir seluruhnya severless untuk menganalisis data pada cloud. Pilihan analisis data tersebut adalah data warehousing, big data analytics, real-time data, and data integration. AWS Analytics memberikan infrastruktur dasar analisis data sehingga anda hanya perlu fokus pada aplikasinya.


4. Unified Data Access, Security


AWS memastikan anda dapat menentukan dan mengatur security, governance, and auditing policies sesuai peraturan industri dan regional. Dengan AWS, anda dapat mengakses data dimananpun dan mengamankan data dimanapun anda menyimpannya.


5. Machine Learning Integration


AWS menawarkan Machine Learning Integration yang merupakan tujuan utama dari layanan analisis. Anda dapat mengembangkan dan mengimplementasikan machine learning model menggunakan SQL yang sudah familiar tanpa memerlukan pengalaman yang banyak tentang machine learning.


Selain 5 kelebihan diatas, AWS Data Lakes and Analytics masih memiliki banyak kelebihan, yang pertama adalah 3 kali lebih cepat dari standar Apache Spark (multi-languange engine untuk mengeksekusi data analisis) jika dikombinasikan dengan Amazon EMR (Big Data Platform). Kedua, harga 3 kali lebih baik dari cloud data warehousing lainnya. Ketiga, AWS menawarkan 3 PB (Petabyte = 1000 TB) pada satu cluster dengan Amazon OpenSearch Service.


Kelebihan-kelebihan dari AWS Data Lakes and Analytics yang telah disebutkan diatas tentu dapat memberikan solusi dari berbagai macam permasalahan yang sering dihadapi dalam proses analisis data. Jika anda ingin berkonsultasi mengenai AWS Data Lakes and Analytics, segeralah menghubungi PT Netmarks Indonesia melalui website ini ataupun dapat menghubungi kami melalui email (marketing@netmarks.co.id).


Sources:

https://aws.amazon.com/big-data/datalakes-and-analytics/


17 views0 comments