top of page

Serangan Siber pada Industri Migas Meningkat, Apa Peran OT Security?

Updated: Mar 26


Ilustrasi OT Security

Apa itu OT Security?

Mengutip dari blog sebelumnya, OT Security adalah keamanan siber yang bertujuan mengamankan industrial system dari marabahaya serangan siber. OT Security adalah hardware dan software yang mendeteksi dan memantau peralatan, aset dan proses industri Operation Technology merupakan sistem teknologi yang bertanggung jawab untuk memantau kinerja serta proses pada perangkat fisik industri, seperti teknologi mesin produksi, alat berat, serta panel kontrol industri.


Operational Technology (OT) menggambarkan lingkungan yang terdiri dari Industrial Control System (ICS) yang mencakup Industrial Automated Control System (IACS), Supervisory Control and Data Acquisition (SCADA), dan Process Control Network (PCN). Ancaman siber yang berkaitan dengan lingkungan ini merupakan ancaman besar bagi banyak industri, salah satunya industri migas yang memiliki banyak menggunakan sistem ICS. Laporan mengidentifikasi otomatisasi bangunan sebagai sektor yang paling ditargetkan, sementara sektor migas mengalami peningkatan serangan setelah penurunan sebelumnya.


Ancaman OT Security pada 2024


  1. Ransomware menjadi salah satu ancaman terbesar pada tahun 2024 Ransomware, sudah menjadi momok terbesar dari tahun ketahun, tidak terkecuali tahun 2024 yang dimana diprediksi pada tahun ini menjadi puncak ransomware yang terjadi pada industri.

  2. Masalah pengamanan siber untuk beberapa situs yang sulit dijangkau juga relevan untuk perusahaan minyak dan gas, utilitas publik, dan, secara umum. Penyerangan terhadap situs yang letaknya jauh di luar jangkauan yang mengecualikan kemungkinan pemulihan jarak jauh atau remote (misalnya, karena saluran akses jarak jauh biasa diblokir oleh malware) menjamin pembayaran uang tebusan.

  3. Temuan yang mengkhawatirkan adalah peningkatan 1,4 kali lipat dalam miner yang diblokir pada sistem kontrol industri untuk Windows di paruh kedua tahun 2023. Ini menunjukkan peningkatan taktik penyerang yang mengeksploitasi kerentanan untuk keuntungan finansial.



Peran OT Security pada Industri

  1. Meningkatkan keandalan dan ketersediaan operasi Dengan melindungi ICS dan jaringan OT dari serangan siber dan gangguan lainnya, OT Security membantu memastikan operasi migas berjalan lancar dan efisien.

  2. Melindungi infrastruktur kritis OT Security membantu melindungi infrastruktur kritis dari kerusakan dan sabotase sehingga dapat mengamankan industri dari kerusakan yang merugikan.

  3. Menerapkan kontrol keamanan OT Security menerapkan kontrol keamanan seperti firewall, segmentasi jaringan, dan kontrol akses untuk melindungi ICS dan jaringan OT dari serangan siber.


Kesimpulan

Dengan kompleksnya kasus serangan siber, OT Security atau Operation Technology Security merupakan solusi terbaik yang dapat melindungi industri dari serangan siber yang tidak dapat diprediksi dan semakin rumit. Konsultasi dan implementasi OT Security dapat menghubungi Netmarks Indonesia pada form contact us pada website ini atau menghubungi kami melalui email marketing@netmarks.co.id







Comments


bottom of page