top of page

Solusi Cyber Security Terkini Dengan Cisco Umbrella

Updated: Jun 15, 2023


cyber security cisco umbrella

Laporan Cisco Security Outcome Edisi ke-2 menunjukkan bahwa keberhasilan cyber security terkait dengan lima perilaku utama tim cyber security, dua di antaranya adalah ‘Be proactive about technology refreshes’ and ‘Use well-integrated technologies’. Selain itu, dengan semakin banyaknya organisasi yang menerapkan kerja hybrid dan terus menambahkan solusi SaaS untuk meningkatkan kolaborasi dan komunikasi, terdapat permintaan yang meningkat untuk sistem cyber security yang lebih sederhana, mudah dikelola, dan dapat diskalakan sehingga dapat melindungi pengguna di dalam dan di luar jaringan.


Solusi cyber security yang fleksibel melalui cloud seperti Cisco Umbrella adalah cara paling mudah untuk melindungi pengguna dengan efektif saat mereka bekerja dari mana saja dan terhubung ke aplikasi dan data di mana saja. Cisco Umbrella menggabungkan beberapa fungsi keamanan menjadi satu solusi, sehingga Anda dapat memperluas perlindungan data ke perangkat, penggunaan jarak jauh, dan lokasi yang tersebar di mana saja.


Cisco Umbrella adalah platform keamanan yang terintegrasi melalui cloud dan memberikan perlindungan ancaman yang efektif untuk bisnis dari berbagai ukuran dan industri. Seiring dengan kemajuan teknologi dan meningkatnya kompleksitas ancaman siber, tetap berada di garis depan menjadi sangat penting. Berikut ini adalah kelebihan Cisco Umbrella dalam merevolusi cyber security:


1. Enhanced Threat Intelligence:


Pada tahun 2023, Cisco Umbrella terus memperkuat kemampuan threat intelligence mereka. Dengan menggunakan artificial intelligence and machine learning, Umbrella dapat mengidentifikasi dan memblokir ancaman-ancaman yang muncul secara proaktif. Dengan jaringan global yang luas, Umbrella menggunakan data dan analisis real-time untuk memberikan perlindungan komprehensif terhadap malware, ransomware, serangan phishing, dan ancaman-ancaman cyber lainnya.


2. Zero Trust Network Access (ZTNA):


Konsep Zero Trust semakin mendapatkan momentum, dan Cisco Umbrella berada di garis depan tren ini. Pada tahun 2023, organisasi semakin mengadopsi arsitektur Zero Trust Network Access untuk mengamankan jaringan dan aplikasi mereka. Kemampuan Umbrella dalam ZTNA memungkinkan organisasi untuk mengotentikasi dan mengotorisasi akses pengguna berdasarkan berbagai factor yaitu such as user behavior, device health, and location. Tren ini memungkinkan bisnis untuk mendapatkan kontrol yang lebih detail terhadap akses jaringan, sehingga meminimalkan risiko akses yang tidak sah dan pelanggaran data.


3. Secure Access Service Edge (SASE):


Di era tenaga kerja yang terdistribusi dan arsitektur yang berpusat pada cloud, Secure Access Service Edge (SASE) menjadi tren signifikan di tahun 2023. Cisco Umbrella terintegrasi dengan sempurna ke dalam kerangka kerja SASE, menyediakan konektivitas yang aman dan perlindungan data bagi pengguna jarak jauh dan kantor cabang. Dengan Umbrella, bisnis dapat menggabungkan beberapa fungsi keamanan ke dalam satu platform yang berbasis cloud, menyederhanakan infrastruktur keamanan mereka dan mengurangi kompleksitas operasional. Tren SASE yang dipadukan dengan kemampuan yang tangguh dari Cisco Umbrella, memungkinkan organisasi untuk melakukan transformasi digital dengan cyber security yang lebih kuat.


4. Threat Hunting and Incident Response:


Pada tahun 2023, kemampuan threat hunting dan incident response menjadi permintaan tinggi, dan Cisco Umbrella menawarkan fitur-fitur canggih untuk mengatasi kebutuhan ini. Visibilitas yang luas dari Umbrella terhadap aktivitas internet memungkinkan tim cyber security untuk mencari dan mengidentifikasi potensi ancaman dalam jaringan mereka secara proaktif. Selain itu, integrasi Umbrella dengan solusi keamanan Cisco lainnya memfasilitasi respons insiden dan perbaikan yang efisien. Dengan memanfaatkan fitur threat hunting dan incident response, organisasi selangkah lebih maju dari kemungkinan cyber-attack dan meminimalkan dampak jika terjadi cyber-attack.


Selain memberikan perlindungan ancaman yang lebih baik dan meningkatkan pengalaman pengguna, studi Forrester menunjukkan bahwa Cisco Umbrella memberikan:

· Meningkatkan efektivitas keamanan dan mengurangi insiden keamanan

· Menghemat waktu dalam pembentukan dan penegakan kebijakan atau peraturan.

· Mengurangi biaya terkait pelanggaran cyber security

· Menurunkan biaya operasional

· Integrasi yang lebih cepat dengan sistem yang sudah ada

· ROI (Return on Investment) sebesar 231% dalam tiga tahun.


Dengan mengadopsi Cisco Umbrella, perusahaan dapat mengamankan jaringan, data, dan pengguna mereka di era digital yang terus berkembang ini. Keempat tren cyber security diatas yang ada di Cisco Umbrella adalah tren cyber security terkini di tahun 2023. Teruslah memantau perkembangan teknologi keamanan yang semakin maju dan pastikan bisnis Anda selalu diperlengkapi dengan perlindungan yang kuat. Jika Anda ingin menerapkan Cisco Umbrella pada bisnis Anda, silahkan menghubungi Netmarks Indonesia melalui form contact us pada website ini atau dengan email ke marketing@netmarks.co.id


sources:

Recent Posts

See All
bottom of page