top of page

Transformasi Digital Administrasi Rumah Sakit Dengan Optical Character Recognition (OCR)


optical character recognition ocr rumah sakit

Rumah sakit merupakan salah satu lembaga yang membutuhkan pengolahan data yang cepat, efisien, dan akurat. Proses administrasi serta pelayanan pasien di rumah sakit memerlukan pengolahan dokumen dan data yang kompleks, seperti data pasien, hasil tes medis, resep obat, serta faktur dan biaya pengobatan.


Namun, pengolahan data dan dokumen secara manual dapat menjadi proses yang lambat dan rentan terhadap kesalahan manusia. Salah satu solusi untuk meningkatkan efisiensi dan akurasi proses administrasi di rumah sakit adalah dengan menggunakan Optical Character Recognition (OCR) untuk data entry.


Optical Character Recognition adalah teknologi untuk mengidentifikasi teks karakter dari tulisan tangan, dokumen fisik, dan digital image dari materi fisik lainnya. Proses identifikasi OCR cukup mudah, cukup melakukan input gambar atau dokumen kemudian teknologi Optical Character Recognition akan melakukan proses pre-processing. Lalu, OCR akan melakukan Document and Layout Analysis, Character Recognition serta Verification Results. Terakhir Optical Character Recognition akan melakukan export hasil identifikasi tersebut ke dalam bentuk excel atau database.


Optical Character Recognition (OCR) banyak memberikan manfaat di rumah sakit seperti:


1. Memproses Data Pasien Secara Efisien


Rumah sakit mengolah banyak data pasien setiap harinya, mulai dari catatan medis hingga faktur. Pengolahan data yang efisien sangat penting untuk memastikan bahwa pasien mendapatkan perawatan yang terbaik. Dengan menggunakan Optical Character Recognition, dokumen medis seperti hasil tes laboratorium, catatan medis, dan resep dapat di-scan dan diproses dengan cepat dan akurat. Hal ini akan memudahkan staf medis dalam mengakses informasi pasien yang diperlukan, sehingga waktu perawatan dapat dioptimalkan.


2. Menghindari Keterlambatan dalam Pengolahan Faktur


Pada sektor keuangan di rumah sakit, OCR dapat digunakan untuk memproses faktur dengan lebih cepat dan akurat. Keterlambatan dalam pengolahan faktur dapat menyebabkan tagihan pasien yang tidak tepat, sehingga mempengaruhi kepercayaan pasien pada rumah sakit tersebut. Dengan menggunakan OCR, faktur dapat di-scan dan diproses dengan cepat dan akurat, sehingga tagihan pasien dapat disiapkan dengan lebih efisien dan tepat.


3. Meningkatkan Kepuasan Pasien


Penggunaan Optical Character Recognition di rumah sakit dapat meningkatkan kepuasan pasien. Dengan menggunakan teknologi OCR, dokumen medis dan faktur dapat diakses dan diproses dengan lebih cepat dan akurat. Hal ini akan mengurangi waktu tunggu pasien dan meningkatkan efisiensi pelayanan. Pasien juga akan merasa lebih dihargai karena proses administrasi yang lebih mudah dan akurat.


4. Mengurangi Kesalahan dalam Pengolahan Data


Kesalahan dalam pengolahan data medis dapat berdampak negatif pada pasien. Kesalahan dalam memberikan obat, pengiriman hasil tes yang salah, atau informasi medis yang tidak akurat dapat mengancam keselamatan pasien. Dengan menggunakan Optical Character Recognition, kesalahan dalam pengolahan data dapat dikurangi, karena dokumen medis dapat di-scan dan diproses dengan akurat.


5. Meningkatkan Efisiensi Pada Proses Administrasi


Dalam proses administrasi, Optical Character Recognition dapat meningkatkan efisiensi dan mengurangi waktu yang dibutuhkan. Dengan menggunakan OCR, dokumen dapat di-scan dan diproses secara otomatis, sehingga staf medis dapat memusatkan perhatian pada pasien. Hal ini akan meningkatkan efisiensi operasional di rumah sakit, sehingga staf medis dapat lebih fokus pada pasien.


OCR Nanonets adalah sebuah platform yang menggunakan teknologi Optical Character Recognition (OCR) untuk memproses dan mengenali teks dari berbagai jenis dokumen. Dengan menggunakan OCR Nanonets, pengguna dapat mengambil data yang terdapat pada dokumen seperti faktur, paspor, kartu identitas, dan sebagainya dengan lebih efisien dan akurat.


Nanonets merupakan perangkat lunak otomatisasi dokumen berbasis kecerdasan buatan yang dapat mengotomatisasi proses entry data manual tanpa perlu menulis kode. Nanonets dapat mengekstrak data dari PDF, dokumen, dan dokumen tulisan tangan menggunakan software Optical Character Recognition bawaan dengan akurasi 95%. Nanonets juga terintegrasi dengan lebih dari 5000 aplikasi melalui API dan RPA.


Keuntungan menggunakan OCR Nanonets adalah efisiensi waktu dan tenaga yang lebih tinggi dalam mengambil data dari berbagai jenis dokumen. Dalam penggunaannya, OCR Nanonets dapat diintegrasikan dengan berbagai platform lain seperti Google Drive, Dropbox, dan Slack untuk memudahkan pengguna dalam mengelola data yang telah dikenali oleh sistem OCR.


Ini menjadikan Nanonets pilihan yang sempurna untuk perangkat lunak entri data. Dengan perangkat lunak Optical Character Recognition terbaik dan alur kerja canggih, Nanonets dapat dengan mulus menangkap data dari incoming sources dan mengekspor data yang telah diubah dengan sempurna agar bisa terintegrasi dalam aplikasi. Konsultasi maupun pembuatan Optical Character Recognition Nanonets dapat menghubungi Netmarks Indonesia pada form contact us di website ini atau melalui email marketing@netmarks.co.id.


sources:


bottom of page