top of page

Virtual Reality Mulai Merambah E-Sport?


Teknologi Virtual Reality telah banyak dimanfaatkan di beberapa sektor industri seperti penerbangan, pendidikan, militer, kedokteran, hiburan, dan masih banyak lagi. Saat ini teknologi Virtual Reality (VR) banyak diminati oleh para gamer yang ingin merasakan sensasi bermain game yang “nyata”. Untuk menambah kesan “nyata” saat bermain game, ada beberapa perangkat yang membuat kamu semakin merasakan sensasi “nyata” terhadap apa yang ada di layar, diantaranya adalah kacamata VR yang berfungsi untuk memvisualisasikan gambar agar bisa terlihat nyata, headset yang berfungsi untuk mendengar efek-efek suara secara lebih jelas, juga walker dan sarung tangan (glove) yang memberikan reaksi kepada sistem tentang gerakan-gerakan yang dilakukan oleh kamu sehingga kamu seolah merasakan sedang berada dalam dunia nyata baik secara fisik maupun psikologis.


Berbicara tentang games yang berbau teknologi tentu tidak jauh dari e-sport atau oleharaga elektronik. Indonesia termasuk salah satu dari sekian banyak negara yang mulai tertarik dengan potensi dan keseruan dunia E-Sports. Industri yang sudah bernilai puluhan miliar dollar dengan jumlah penonton mecapai 50 juta orang yang tertarik dengan pertandingan E-Sport tersebut. Industri mobile esports di Indonesia telah berkembang pesat dengan dahsyat. Judul-judul game seperti PUBG Mobile, Free Fire, dan Mobile Legends: Bang Bang telah menduduki puncak industri game mobile dan dimainkan oleh jutaan pemain Indonesia setiap hari.


Market E-Sports Indonesia diisi dengan game yang sejenis dan perlu adanya teknologi baru seperti Virtual Reality Games untuk menjadi warna baru dalam E-Sports Indonesia. Di indonesia sendiri sudah ada beberapa tempat yang menerapkan Virtual Reality Game (VR Game), seperti Sandbox di jakarta, Taman pintar di Jogjakarta, Virtual Arena jawa timur, Kovee VR Theme park di bali. Jadi ada kemungkinan industry E-Sport Indonesia akan berkembang dengan adanya VR Game ini.


Beat Saber world cup merupakan turnamen virtual reality games dunia yang diadakan di Cina. Pertandingan tersebut ditonton 800ribu orang secara langsung dengan total hadiah RMB 100ribu (senilai 219 juta). Kompetisi ini awalnya dimulai pada tanggal 25 juli 2022 dengan menggunakan 1000 Virtual Reality Arcades yang berada di 100 kota untuk mendukung acara tersebut.


Tentunya jika turnamen VR games diterapkan di Indonesia seperti beat saber diatas akan menjadi warna baru dalam E-Sport Indonesia dengan mengangkat teknologi Virtual Reality dan menjadi peluang bisnis baru untuk perekonamian Indonesia kedepannya. Akan tetapi, harus dipersiapkan juga segala kebutuhan dan fasilitas yang akan digunakan apabila turnamen VR Games dapat hadir di Indonesia. Jika anda ingin berkonsultasi mengenai virtual reality, silahkan langsung menghubungi Netmarks Indonesia pada contact form di website ini atau melalui email marketing@netmarks.co.id


sources:



119 views1 comment

Recent Posts

See All

1 Comment


Online games come in various types, genres and themes, offering different experiences for players. I really like it, and I look forward to hearing from you next. Thank you for the information about today's most popular news this year. For more detailed information, please visit our website for further information ESPORT INDONESIA

Like
bottom of page