3 Kegunaan Mixed Reality Dalam Sektor Bisnis


Anda pasti pernah mendengar istilah Virtual Reality (VR) dan Augmented Reality (AR), 'kan? VR adalah sebuah teknologi yang menjadikan penggunanya dapat berinteraksi dalam lingkungan tiga dimensi buatan atau dalam dunia maya yang disimulasikan oleh sebuah komputer. Ada beberapa peralatan yang diperlukan untuk dapat menggunakan teknologi VR ini, seperti headset, gloves hingga treadmill khusus untuk VR. Salah satu console VR yang terkenal adalah Oculus.

Sedangkan AR adalah adalah sebuah teknologi interaktif yang dimana lingkungan dunia nyata ditingkatkan dengan sebuah informasi digital yang dihasilkan oleh komputer, berbeda dengan VR yang menggantikan atau menciptakan lingkungan baru, yaitu menggantikan lingkungan nyata dengan virtual secara sepenuhnya. Peralatan yang diperlukan untuk teknologi AR pun berbeda dengan VR, AR membutuhkan sebuah smartphone, kacamata khusus, kamera, webcam dan lain sebagainya. Teknologi AR mungkin lebih anda kenal dengan filter foto atau smartphone game yang dikenal dengan nama Pokemon GO, yang sempat ramai dimainkan oleh hampir seluruh penduduk di dunia.

Jika anda sudah mengetahui apa itu istilah VR dan AR, apakah anda pernah mendengar istilah Extended Reality (XR) atau yang dikenal juga dengan nama X-Reality? Singkatnya, XR adalah sebuah sebutan yang mengacu kepada seluruh lingkungan gabungan antara dunia maya dengan dunia nyata. Huruf X pada X-Reality sendiri mewakili sebuah variabel untuk setiap teknologi komputasi pada masa ini atau masa depan yang mencakup AR, VR dan juga satu teknologi berbasis realita lainnya yang dikenal dengan nama Mixed Reality (MR).

Lalu, apa itu Mixed Reality? Secara singkat MR dapat disebut sebagai gabungan antara VR dan AR, dimana dunia nyata dan dunia virtual berinteraksi secara real-time. Kemudian, apa sih kegunaan dari teknologi MR ini selain untuk hiburan alias game bagi kehidupan kita? Yuk simak kegunaan MR bagi beberapa sektor bisnis, seperti:


Engineering

Teknologi MR ini membantu pekerjaan sektor industri engineering dimulai dari pemodelan 3D, simulasi proses produksi secara real-time, pemantauan layanan yang memadukan teknologi MR dengan IoT, sampai dengan pelatihan dalam bidang engineering.


Medical

Bidang kedokteran atau medis menggunakan teknologi MR untuk membantu mahasiswa kedokteran dalam mempelajari anatomi tubuh manusia lebih mendalam dibandingkan dengan hanya menggunakan buku teks. Karena dengan menggunakan MR, anatomi tubuh manusia dapat ditampilkan dengan menggunakan hologram 3D dalam lingkungan virtual.


Education

MR juga digunakan dalam dunia pendidikan, loh. Yaitu dengan adanya penggunaan simulasi 3D yang relevan agar para siswa dapat mempelajari materi-materi pelajaran yang ada di sekolah. Siswa juga dapat berinteraksi dengan lingkungan yang imersif, juga menyentuh dan memanipulasi objek. Cara belajar dengan penggunaan teknologi ini pun dapat terbilang menarik dan menyenangkan sehingga para siswa tidak merasa bosan ketika belajar.


Itulah beberapa informasi mengenai kegunaan teknologi MR dalam beberapa sektor industri. Untuk mengetahui beberapa informasi mengenai teknologi ter-update, anda dapat mengakses link ini.

Anda juga dapat menghubungi kami di marketing@netmarks.co.id

Recent Posts

See All