top of page

Meningkatkan Efisiensi Manufaktur dengan Solusi Augmented Reality xMake


manufaktur solusi augmented reality xmake frontline

Meningkatkan efisiensi industri manufaktur memiliki tantangan seperti masih banyak proses yang menggunakan hardcopy dokumen atau manual dokumentasi. Selain itu, tantangan lainnya adalah kesulitan para teknisi di pabrik saat melakukan pekerjaannya karena harus memegang alat-alat mekanik sekaligus dokumen maupun device untuk berkomunikasi. Kendala-kendala ini terjadi hampir di semua bagian manufaktur seperti di bagian produksi, quality assurance, hingga repair and maintenance.


Tantangan industri manufaktur diatas dijawab dengan penggabungan solusi Augmented Reality TeamViewer Frontline xMake dan hands-free device RealWear. xMake adalah solusi make-by-vision inovatif yang memberikan instruksi langkah demi langkah yang dinamis kepada karyawan secara langsung di bidang penglihatan mereka melalui kacamata pintar ataupun hands-free device. Sedangkan RealWear adalah Hands Free Wearable Device yang dapat dioperasikan dengan Voice Command atau perangkat dapat dioperasikan dengan suara tanpa perlu menyentuh perangkat.


Penggunaan xMake dan RealWear dapat memperlihatkan instruksi langkah demi langkah secara langsung di bidang pandang pekerja menggantikan daftar kertas yang rawan kesalahan dan tangan pekerja bebas memegang alat kerja tanpa perlu memegang alat komunikasi juga. Kualitas kamera dan sensor pada RealWear memastikan hasil yang sempurna untuk setiap langkah proses produksi. Antarmuka pengguna yang intuitif tidak hanya dapat diterima dengan baik oleh pengguna tetapi juga memungkinkan pelatihan di tempat kerja bagi pekerja baru. Fleksibilitas xMake yang sangat menarik adalah mobile, hanya membutuhkan Wi-Fi dan dapat disesuaikan dengan bahasa dan kualifikasi pengguna.


Berikut 4 fitur utama xMake:


1. Step-by-step instructions


xMake menampilkan petunjuk langkah demi langkah visual yang dinamis pada kacamata pintar atau hands-free device RealWear, membebaskan tangan pekerja untuk bekerja dengan alat dan mesin.


2. Powerful management


Penggunaan xMake dan RealWear pada manufaktur memungkinkan pekerja merekam foto, video, atau speech-to-text untuk mendokumentasikan setiap langkah dan membuat laporan.


3. Automatic confirmation


Teknologi remote works dengan Augmented Reality xMake memastikan kualitas tinggi melalui komunikasi dengan mesin & sensor IIoT dan pengenalan objek.


4. Data integration

xMake bahkan dapat membuat alur kerja dengan data yang ada melalui integrasi back-end atau cukup gunakan file .csv dan .xlsx


Teknologi remote works dengan Augmented Reality xMake dan Assisted Reality RealWear dapat digunakan pada berbagai divisi di industri manufaktur seperti perakitan atau produksi, operasi mesin, repair and maintenance, quality assurance atau final product testing, hingga mentraining pekerja baru. Sebagai contohnya, Boehringer Ingelheim, sebagai salah satu perusahaan Jerman terkemuka di dunia dalam industri farmasi, telah mengerjakan digitalisasi proses kerjanya dan telah didukung oleh TeamViewer sejak akhir 2018. Dengan menggunakan TeamViewer Frontline, mereka memanfaatkan prinsip augmented reality dalam lingkungan produksi dan pengemasan GMP (the Good-Manufacturing-Practice guidelines). Proses produksi kini dibantu secara digital dengan solusi augmented reality (AR) TeamViewer Frontline yang berjalan pada kacamata pintar. Dengan TeamViewer Frontline, Boehringer Ingelheim dapat menyederhanakan proses orientasi yang memakan waktu, dan juga memberikan bantuan jarak jauh yang lebih mudah bagi staf teknisnya.


Manfaat dari penggunaan xMake baik dengan smart glasses maupun RealWear adalah meningkatkan kecepatan bekerja hingga 40%, meningkatkan akurasi atau mengurangi kesalahan hingga 50%, dan memudahkan pekerja karena dapat diintergrasikan dengan berbagai sistem dan tidak perlu dipegang. Semua manfaat itu dapat meningkatkan efisiensi industri manufaktur dan mengurangi biaya perjalanan staff ahli. Hebatnya lagi, kamera dan sensor xMake dan RealWear menyediakan sistem jaminan standar kualitas yang memastikan hasil dan dokumentasi sempurna pada setiap langkah produksi. Jika terjadi kerusakan, karyawan juga dapat mengakses fungsi remote assistance yang terintegrasi (JITE-Just in Time Expertise) untuk menghindari downtime di lini produksi industri manufaktur. Jika perusahaan manufaktur anda ingin mengimplementasikan xMake pada operasional sehari-hari, silahkan menghubungi Netmarks Indonesia untuk demo maupun konsultasi melalui form contact us di website ini atau email ke marketing@netmarks.co.id


Sources:









bottom of page