top of page

Instant Remote Assistance for Frontline Workers


remote support assistance works

Solusi remote support atau remote assistance sangat diperlukan di era digital saat ini terutama bagi perusahaan yang memiliki banyak cabang dan pekerja yang tersebar di seluruh belahan dunia. Sebagai contohnya manufaktur mobil terkemuka dunia BMW. BMW Amerika Utara dan dealer MINI memiliki rekam jejak yang sangat baik dalam melayani pelanggannya. Kualitas layanan merupakan aspek yang sangat penting dari strategi BMW dan tingkat kepuasan pelanggan sangat bergantung pada pengalaman yang didapat di titik layanan. Pelanggan mengharapkan layanan yang kompeten dan cepat bahkan untuk kasus perbaikan yang paling rumit sekalipun.


Hampir 400 dealer independen BMW dan MINI Amerika Utara tersebar di seluruh Amerika Serikat, yang membuat mereka sulit untuk mendapatkan pengetahuan spesialis kapan saja dan di mana saja. Meskipun sudah terlatih dengan baik, teknisi servis dalam situasi perbaikan yang sulit masih memerlukan bantuan tambahan dan perlu menghentikan sejenak tugas mereka sampai mereka menerima bantuan yang dibutuhkan.


Kondisi ini memberikan beban yang signifikan pada technical support engineers karena perlu melakukan perjalanan ke masing-masing dealer untuk memberikan bantuan yang diperlukan. Dalam kasus ini, pelanggan tidak dapat menggunakan mobil mereka dan mungkin mengharuskan dealer untuk menyediakan kendaraan pengganti. Pada saat yang sama, technical support engineers membuang banyak waktu di jalan dan tidak bisa mengerjakan hal lain yang lebih penting.


Kebutuhan sharing knowledge yang lebih baik membuat BMW menggunakan TeamViewer xAssist untuk meningkatkan kolaborasi antar karyawan mereka. Teknologi xAssist merupakan bagian dari FrontlineXpert Suite untuk remote support solution yang memungkinkan pekerja di garis depan atau di lapangan mengakses informasi dari kacamata pintar ataupun headset. RealWear merupakan contoh headset yang dapat diinstal pada xAssist dengan kelebihan hands-free voice command (dioperasikan hanya dengan suara). Selain dapat menghubungi staf ahli maupun pekerja lain yang berbeda lokasi, kelebihan fitur remote assistance xAssist dari FrontlineXpert Suite adalah live pointer, on-screen annotations, danger sign recognition, and whiteboard.


Manfaat xAssist sebagai remote support solution adalah:


1. Menghindari down time operasional


Down time operasional yang merugikan dapat dihindari dengan xAssist karena karyawan mengakses bantuan ahli secara langsung melalui device mereka dan memecahkan masalah menggunakan fitur Augmented Reality (AR), sehingga tangan mereka tetap bebas untuk mengerjakan tugas yang ada.


2. Problem Solving Lebih Cepat


Masalah di lapangan baik itu karena kerusakan mesin ataupun permintaan pelanggan yang sulit dapat lebih mudah diselesaikan karena para teknisi di lapangan dapat menghubungi staff yang lebih ahli lebih cepat bahkan hanya dengan suara jika menggunakan RealWear. Dengan video dan AR, staff ahli yang berbeda lokasi dapat melihat dengan jelas apa yang dilihat oleh anggota tim di lapangan dan dapat memandu mereka untuk melakukan perbaikan dengan fitur-fitur yang didukung oleh AR.


3. Menghemat waktu dan Biaya


Penggunaan xAssist sebagai solusi remote support dapat mengurangi biaya perjalanan karena staff ahli atau pun karyawan lain tidak perlu mendatangi lokasi pekerja lain untuk menyelesaikan masalah. Para staff yang berada di kantor dapat melihat apa yang dilihat oleh pekerja lapangan secara real-time lalu dapat membantu pekerja di lapangan menyelesaikan masalah dengan seluruh resources yang ada di kantor atau headquarter. Dengan meminimalkan down time alat berat dan mengurangi biaya yang terkait dengan perjalanan tenaga ahli, xAssist memberi laba atas investasi yang cepat sekaligus menutup kesenjangan pengetahuan dalam tim Anda.


Jika anda ingin mendapatkan manfaat-manfaat dari menggunakan xAssist dan RealWear untuk operasional teknisi baik di bidang konstruksi atau pertambangan, silahkan menghubungi Netmarks Indonesia melalui form contact us di website ini ataupun email ke marketing@netmarks.co.id


Sources:

Commentaires


bottom of page