Virtual Reality: The Next Level Marketing



Kebanyakan dari kita beranggapan bahwa digital marketing adalah sebuah strategi pemasaran yang dilakukan dengan cara membuat promosi atau post di media sosial atau email. Seiring berkembangnya zaman, strategi dalam digital marketing juga ikut berkembang, yaitu adanya penggunaan teknologi VR. Bahkan teknologi VR sendiri dikategorikan sebagai digital marketing, loh.


Penggunaan VR dalam strategi marketing ini dapat dibagi menjadi beberapa cara, yaitu menyediakan virtual tours untuk pelanggan atau klien, menciptakan hype untuk sebuah produk atau layanan baru yang akan diluncurkan, product testing, membangun hubungan antara perusahaan dengan klien, dan juga untuk hiburan. Yuk simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui lebih lanjut tentang beberapa cara yang disebutkan di atas.


Virtual Tours

Perusahaan dapat menggunakan teknologi VR untuk mengajak pelanggan atau kliennya untuk melakukan virtual tour. Virtual tour yang diberikan ini dapat berupa penjelasan mengenai perusahaan atau bisnis anda. Dengan memberikan virtual tour kepada pelanggan atau klien anda, hal ini dapat membantu anda dalam mengembangkan dan juga membantu bisnis anda menjadi lebih baik.


Product Testing

Selain virtual tour, anda juga dapat memanfaatkan teknologi VR untuk melakukan product testing. Hal ini memberikan kesempatan kepada pelanggan anda untuk dapat mencoba produk atau layanan yang baru maupun yang bukan milik perusahaan atau bisnis anda. Contoh bisnis dari sebuah produk atau layanan yang sudah menggunakan teknologi VR ini pun bervariasi, seperti apparel, footwear, mobil, paket traveling atau jalan-jalan, dan juga real estate.


Membangun Hubungan dengan Klien

Anda juga dapat membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan atau klien anda dengan cara mengimplementasikan teknologi VR ke dalam strategi marketing anda. Dalam implementasi tersebut, anda dapat memperkenalkan lebih lanjut mengenai perusahaan atau bisnis anda kepada kepada klien. Tidak hanya itu, anda juga dapat memperkenalkan produk atau layanan, maupun proyek yang ditawarkan oleh perusahaan anda.


Hiburan

Hiburan yang dimaksud pada bagian ini adalah memang game, tetapi game ini bukanlah game-game yang sering kita lihat sebelumnya. Game ini diciptakan oleh McDonald's, mereka menciptakan kotak Happy Meal yang dapat dirakit menjadi sebuah VR headset. Hal ini bertujuan untuk memberikan insight untuk sebuah produk yang mereka tawarkan kepada pelanggan, dan juga untuk membantu pelanggannya mengetahui lebih lanjut mengenai McDonald's. Dengan strategi tersebut juga, kedepannya anak-anak jadi ingin kembali ke McDonald's untuk membeli Happy Meal.


Tidak hanya melalui media sosial ataupun email saja, dengan teknologi VR anda juga dapat meningkatkan strategi marketing untuk perusahaan atau bisnis anda. Untuk informasi lebih lanjut mengenai VR, anda dapat menghubungi kami di: marketing@netmarks.co.id

Recent Posts

See All