3 Alasan RealWear Assisted-Reality Dapat Meningkatkan Keamanan dan Efisiensi Pekerja


kelebihan realwear assisted-reality untuk kemanan dan efisiensi

Keamanan dan efisiensi pekerjaan pekerja di lapangan sering kali menjadi tantangan tersendiri bagi perusahaan. Sulitnya berkomunikasi dengan para pekerja karena jarak yang jauh membuat perusahaan mengalami hambatan untuk membantu atau mengawasi pekerja di lapangan. Kebutuhan akan teknologi yang dapat memberikan solusi akan permasalahan tersebut kian dibutuhkan saat ini. Salah satu teknologi yang dapat memberikan solusi tersebut adalah Assisted-Reality.


Assisted-Reality memberikan akses kepada pengguna mengenai informasi yang relevan pada Field of View (FoV) ketika dibutuhkan dan memungkinkan penggunanya memiliki full situational awareness, sedangkan Augmented Reality menggunakan konten digital yang dihasilkan komputer untuk menciptakan pengalaman interaktif dalam lingkungan dunia nyata.


Pekerja harus merasa aman saat mengakses informasi ketika berada di tempat kerja yang berbahaya. Keadaan ini membuat pekerja kesulitan saat memegang peralatan sekaligus dengan alat bantu komunikasi dengan kedua tangannya. Selain itu, pekerja tidak boleh terganggu oleh visual (overlay) yang dihasilkan komputer (3D) ketika mereka perlu berkonsentrasi penuh dengan lingkungan di sekeliling mereka. Dalam situasi ini, teknologi Assisted-Reality seperti perangkat RealWear merupakan alat yang lebih sesuai dan praktis untuk keadaan tersebut.


Berdasarkan hal-hal yang telah disebutkan pada paragraf diatas, berikut adalah 3 alasan RealWear Assisted-Reality dapat meningkatkan keamanan dan efisiensi pekerja di lapangan:


1. Meningkatkan Keselamatan Pekerja


Kelebihan Assisted-Reality pada platform RealWear adalah sepenuhnya hands-free setelah dihidupkan. Kontrol hands-free membantu pekerja tetap fokus pada tugasnya karena perangkat dapat dioperasikan dengan suara tanpa perlu menyentuh perangkat. Selain itu, RealWear dilengkapi dengan layar mikro yang ramping dan dapat memberikan informasi visual tanpa menghalangi pandangan.


RealWear dirancang agar tahan lama di lingkungan yang berat. Perangkat ini tahan dijatuhkan dari ketinggian hingga 2 meter dan diberi peringkat IP-66 untuk ketahanan terhadap debu dan air. Perangkat beroperasi pada platform Android, membuatnya familiar dan mudah digunakan. Selain itu, perangkat RealWear kompatibel dengan alat pelindung diri (APD) termasuk topi, kacamata, masker, pelindung telinga, dan setelan hazmat sehingga dapat digunakan di hampir semua lingkungan industri.


Bahkan, salah satu produk RealWear yaitu RealWear HMT-1Z1 secara intrinsik aman dan memenuhi sertifikasi Class 1 Division 1 and ATEX & IECEx Zone 1. Hal Ini berarti RealWear HMT-1Z1 tidak menimbulkan risiko percikan di mana dapat berpotensi menimbulkan ledakan.


2. Meningkatkan Akses Informasi


Pekerja dapat mengakses informasi yang relevan dimanapun dan kapanpun mereka membutuhkannya. Pekerja yang memiliki informasi lengkap dan berpengetahuan menjadi lebih efisien dan produktif. Perangkat RealWear dapat menampilkan sebagian besar bentuk multimedia seperti dokumen, gambar, video, dan lainnya. Walaupun akses tersebut dapat diperoleh pada perangkat lain seperti laptop, tablet dan smartphone, tetapi laptop tidak praktis, tablet membutuhkan dua tangan dan smartphone mudah terjatuh. RealWear memiliki konektivitas nirkabel yang mencakup Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan LTE.


3. Memudahkan Pendampingan


Terkadang, pekerja lapangan membutuhkan pendampingan (assistance) dari tenaga ahli. Tetapi tenaga ahli tidak selalu berada di tempat kerja yang sama atau bahkan berada di zona waktu yang berbeda. RealWear Assisted-Reality dilengkapi dengan high resolution camera and unmatched noise cancellation microphone. Dengan konferensi video, tenaga ahli yang jauh dapat melihat apa yang dilihat pekerja secara real-time. Hal ini memungkinkan tenaga ahli mendampingi pekerja yang berada di lokasi untuk memecahkan masalah. RealWear juga memiliki banyak mitra teknologi (misalnya Microsoft, Cisco dan Zoom) yang membantu remote worker berkolaborasi dengan orang lain dan menampilkan layar mereka untuk berinteraksi melalui micro-display headset.


Penjelasan-penjelasan diatas mengenai kelebihan Assisted-Reality yang digunakan RealWear untuk mendukung pekerja di lapangan agar bekerja lebih aman dan efisien tentu semakin meyakinkan anda untuk segera memiliki RealWear untuk para pekerja anda di lapangan. Jika anda memerlukan konsultasi maupun demo terkait produk-produk RealWear, silahkan menghubungi PT Netmarks Indonesia.


sources:

https://www.realwear.com/blog/five-reasons-why-assisted-reality-beats-augmented-reality-for-enhancing-safety-and-efficiency-on-the-frontline/

https://www.realwear.com/blog/5-benefits-of-assisted-reality/


34 views0 comments