3 Manfaat Penggunaan Robotic Process Automation Dalam Meningkatkan Produktivitas Karyawan

Updated: Feb 16


Robotic Process Automation RPA Produktivitas Karyawan

Transformasi kehidupan kita tidak lepas dari teknologi termasuk penggunaan teknologi Robotic Process Automation (RPA) dalam meningkatkan produktivitas karyawan. Robotic Process Automation benar-benar transformatif, dengan robot atau software yang menangani tugas berulang dan bervolume tinggi seperti memindahkan file, mengisi formulir, dan mengekstrak data dari email. RPA membebaskan karyawan untuk fokus pada pekerjaan-pekerjaan yang memerlukan analisa lebih kompleks dan pekerjaan yang lebih mereka sukai, seperti berinteraksi dengan pelanggan dan berkolaborasi dalam proyek bisnis yang inovatif. RPA membebaskan karyawan untuk melakukan pekerjaan yang lebih penting sehingga meningkatkan produktivitas karyawan.

Berkaitan dengan narasi yang telah disebutkan sebelumnya, berikut penjelasan yang lebih lengkap mengenai 3 Manfaat penggunaan RPA dalam meningkatkan produktivitas karyawan:


1. Menghemat Waktu


Sudah banyak industri atau bidang yang sepenuhnya memanfaatkan Robotic Process Automation sehingga karyawannya dapat berkonsentrasi pada pekerjaan yang lebih berharga salah satunya di bidang hukum. Contoh kasusnya adalah sebuah firma hukum mencoba dan membebaskan sebanyak mungkin waktu bagi pengacara mereka untuk memastikan mereka tidak terjebak dengan pekerjaan yang monoton. Hal ini memberi mereka lebih banyak waktu untuk fokus pada klien dan menjalin hubungan yang lebih baik dengan klien.


Selain di bidang hukum, penggunaaan Robotic Process Automation juga sudah diterapkan di industri asuransi. Salah satu agen asuransi besar, memperkirakan bahwa perusahaannya menghemat hingga 20 jam sehari dengan RPA. Perusahaan asuransi tersebut memiliki robot yang dapat melakukan suatu pekerjaan hanya dalam waktu 10 detik sedangkan jika dikerjakan oleh karyawan pada umumnya membutuhkan waktu empat hingga enam menit. Hal ini menghemat waktu operasional dan karyawan dapat mengerjakan hal lain yang lebih penting.


2. Meningkatkan Kebahagiaan Karyawan


Pada salah satu konsultan, karyawan yang bekerja bersama bot biasanya jauh lebih bahagia karena mereka harus menyelesaikan lebih sedikit tugas. Robot atau bot tersebut membuat karyawan merasa seperti manusia dan tidak perlu melakukan hal yang sama berulang-ulang seperti robot. Sebuah robot membantu karyawan lebih menikmati pekerjaan mereka karena mereka dapat melakukan tugas yang tidak berulang. Karyawan bisa lebih fokus menangani pelanggan dan membangun hubungan yang lebih baik dengan pelanggan mereka. Selain dapat lebih mendekatkan diri dengan pelanggan, penggunaan Robotic Process Automation juga membuat karyawan memiliki lebih banyak waktu untuk mengerjakan proyek lain atau mengerjakan hal lain yang mungkin tidak sempat mereka lakukan sebelum menggunakan RPA.


3. Karyawan dapat fokus ke pekerjaan yang lebih strategis


Melakukan tugas kecil yang berulang-ulang setiap hari tentu sangat membosankan dan tidak dapat meningkatkan produktivitas karyawan. Akibat aktifitas yang berulang, para karyawan tidak dapat memfokuskan diri untuk melakukan pekerjaan yang lebih strategis. Dengan adanya RPA (Robotic Process Automation) dapat membantu perusahaan untuk mengerjakan tugas karyawan yang bersifat berulang, sehingga karyawan dapat mengerjakan tugas yang lebih strategis.


Banyaknya manfaat dari penerapan Robotic Process Automation (RPA) dalam meningkatkan produktivitas karyawan, sudah saatnya mulai menggunakan RPA di perusahaan anda. Jika memerlukan konsultasi maupun implementasi RPA di perusahaan, anda dapat menghubungi PT Netmarks Indonesia.


sources :

https://www.uipath.com/blog/rpa/using-rpa-free-employees-time


233 views0 comments