4 Kelebihan Cloud EndPoint Management Untuk Melindungi Aset IT Perusahaan

Updated: Feb 23



Cloud EndPoint Management CEM IT Aset

Kebocoran & kehilangan data dapat terjadi oleh berbagai macam ancaman, baik itu ancaman internal ataupun eksternal. Ancaman internal dapat berupa human error, sedangkan eksternal dapat berupa ancaman dari dunia maya atau biasa kita sebut cyber threats. Ancaman dari dunia maya atau cyber threats seringkali tidak kita sadari karena banyaknya pengguna yang tidak memahami cara mencegah cyber threats.


Saat ini budaya remote work akibat pandemi covid-19 juga menambah kemungkinan terjadinya cyber threats karena perusahaan tidak dapat selalu mengawasi aktifitas karyawannya akibat terpisah jarak. Oleh karena itu, penting untuk perusahaan memiliki sistem manajemen monitoring untuk mengawasi setiap EndPoint yang digunakan karyawannya, agar tidak terjadi hal yang merugikan perusahaan.


Lalu solusi apa yang tepat untuk mengawasi EndPoint perusahaan?


Salah satu solusi yang tepat untuk mengawasi dan memanage EndPoint perusahaan adalah dengan Cloud EndPoint Management. Berikut kelebihan Cloud EndPoint Management untuk EndPoint Management & Security:


1. Single Dashboard


Cloud EndPoint Management menawarkan single dashboard yang menampilkan keseluruhan informasi EndPoint Security dan memberikan real-time security alert dari setiap EndPoint. Kombinasi dari tampilan tersebut memudahkan pengawas EndPoint Security membuat keputusan yang tepat sesuai level keamanan yang terjadi. Selain itu, Cloud EndPoint Management juga memiliki wizard guideline yang dapat membantu menjalankan security policy secara automatis.


2. Remote Monitoring


Pengawasan security policy dan security setting pada Cloud EndPoint Management dapat dilakukan secara remote atau melalui jaringan internet baik itu di kantor pusat, diluar kantor, hingga lintas negara. Hal ini memudahkan pengawas EndPoint Security dalam melakukan tugasnya dimanapun dan kapanpun dan dapat mengawasi EndPoint di seluruh lokasi.


3. Multi-Layered Security


Cloud EndPoint Management memberikan keamanan berlapis untuk semua ancaman baik itu known threats (common virus) maupun unknown threats (targeted email, ransomware, newcomer virus). Kelebihan ini dapat melindungi perusahaan dari cyber threats yang tidak terduga.


4. Prevent Insider Crimes


Cloud EndPoint Management juga memiliki fitur tracking untuk mencegah kebocoran data dari karyawan perusahaan itu sendiri atau orang dalam (insider) dengan cara menelusuri operasi pengguna atau EndPoint seperti file sharing, web access dan emailing sehingga perusahaan dapat mengetahui dimana dan siapa yang membocorkan data perusahaan. Selain itu, Cloud EndPoint Management juga dapat mengawasi external storage devices dan kebiasaan pengguna sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran data dan pelanggaran akses.


Selain 4 kelebihan yang sudah dijelaskan sebelumnya, Cloud EndPoint Management sudah memiliki banyak track record di dunia digital seperti Number 1 in Providing Cloud Managed Services in The IT Asset Management Segment berdasarkan Mic Research Institute dan telah digunakan di lebih dari 55 negara Amerika Serikat, Eropa dan Oceania. Kelebihan-kelebihan Cloud EndPoint Management yang sudah disebutkan tentunya semakin meningkatkan pertimbangan anda untuk segera menggunakan Cloud EndPoint Management untuk cyber security di perusahaan. Jika anda memerlukan konsultasi lebih lanjut mengenai Cloud EndPoint Management ataupun ingin mencoba demo penggunaan Cloud EndPoint Management, anda dapat menghubungi PT Netmarks Indonesia.

30 views0 comments