4 Keuntungan Dalam Menggunakan Hyperconverged Infrastructure

Updated: May 12


Seiring perkembangan zaman, teknologi yang tidak luput dari kehidupan kita pun ikut berkembang. Salah satunya adalah infrastruktur IT yang komponen-komponennya perlahan berubah dari hardware ke dalam bentuk software atau digital, infrastruktur ini dikenal dengan nama Hyperconverged Infrastructure (HCI). HCI ini adalah sebuah infrastruktur yang menggabungkan ketiga komponen, yaitu server, storage dan network menjadi satu buah appliance yang menjadikannya jauh lebih simple dari Traditional Infrastructure server, storage dan network (Legacy 3-tier Architecture).

Tidak hanya menggabungkan ketiga komponen hardware tersebut menjadi satu, HCI juga hanya memerlukan satu buah user interface untuk mengelola seluruh komponen tersebut sekaligus. Dengan menggunakan HCI, kita pun juga dapat menghemat tempat karena jumlah minimum node yang diperlukan oleh HCI hanyalah dua buah. Selain yang sudah disebutkan di atas, HCI juga dapat memberikan beberapa keuntungan lainnya kepada kita, loh. Berikut adalah 4 keuntungan dalam menggunakan HCI:


1. Lebih Hemat Biaya

Biaya yang dikeluarkan untuk HCI lebih rendah karena dengan menggunakan HCI, kita hanya perlu membayar untuk apa yang dibutuhkan. Selain itu, total biaya kepemilikan dan biaya listriknya pun juga lebih rendah daripada 3-tier Architecture.


2. Hemat Tempat

Walaupun HCI menggabungkan seluruh komponen ke dalam satu wadah, ukurannya dapat terbilang compact, tidak seperti 3-tier Architecture yang dimana setiap komponennya independen sehingga membutuhkan rak berukuran besar untuk menyusun beberapa komponen tersebut.


3. Perlindungan Data

HCI yang berbasis software ini dirancang agar dapat mengantisipasi dan menangani bencana yang dapat terjadi kepada data kita dengan adanya fitur built-in backup, berbeda dengan 3-tier Architecture yang menggunakan hardware sebagai sarana backup.


4. Maintenance Yang Simple

Berbeda dengan 3-tier Architecture yang cara optimalisasinya harus dikerjakan satu per satu, HCI yang berbasis software ini membantu kita dengan cara optimalisasinya yang simple, yaitu cukup dengan melakukan software update saja kita sudah dapat mengoptimalkan seluruh komponen, yaitu server, storage dan network secara sekaligus.


Sudah saatnya tim IT bebas dari kesulitan dalam me-manage, me-monitor dan melakukan troubleshooting ketiga komponen yang independen ini. HPE SimpliVity 380 adalah solusi yang tepat untuk mengatasi masalah-masalah tersebut. Selain ukurannya yang compact, HPE SimpliVity 380 juga lebih menghemat biaya sebesar 69% jika dibandingkan dengan Traditional Infrastructure.

Klik disini untuk mengetahui informasi lebih lanjut mengenai spesifikasi HPE SimpliVity.

Anda juga dapat menghubungi kami di: marketing@netmarks.co.id





40 views0 comments