5 Alasan Mengapa Anda Harus Memilih Cloud-based Backup dari AWS


Di era teknologi saat ini, kata “backup” tentunya sudah tidak asing lagi untuk didengar, apalagi backup merupakan salah satu elemen yang paling penting jika dikaitkan dengan data. Tetapi, dengan semakin meningkatknya jumlah data yang ada di seluruh dunia, backup pun juga semakin sulit untuk dilakukan, apalagi jika backup yang dilakukan masih menggunakan cara tradisional. Backup dengan cara tradisional, seperti menggunakan tape libraries dan situs sekunder (secondary sites) tentunya memakan banyak waktu karena sebuah perusahaan perlu menunggu berminggu-minggu hingga berbulan-bulan untuk mendapatkan parangkat keras yang diperlukan. Selain waktu, biaya yang dikeluarkan oleh sebuah perusahaan pun tentunya tidak sedikit, karena melakukan backup dengan cara tradisional akan menuntut mereka untuk membeli peralatan baru secara terus menerus seiring dengan meningkatnya jumlah data yang dimiliki.


Dengan menggunakan cara tradisional, sebuah perusahaan tentunya juga harus mengeluarkan biaya untuk melakukan pengelolaan terhadap peralatan-peralatan atau perangkat keras yang mereka gunakan sebagai sarana backup. Melakukan backup dengan cara tradisional pun juga memakan waktu yang sangat banyak dalam prosesnya, yang akhirnya sebuah perusahaan tidak dapat memenuhi Recovery Time Objectives (RTO). Lalu, cara backup seperti apa yang tepat untuk menjawab tantangan-tantangan tersebut? Backup berbasis cloud adalah solusinya. Layanan backup & restore dari AWS yang berbasis cloud ini dapat membantu anda untuk melakukan backup dengan berbagai jenis layanan storage, jenis data transfer, dan jaringan yang dapat dipilih sesuai dengan kebutuhan. Tidak hanya itu, AWS juga membantu mengamankan data-data anda dengan daya tahan dan keamanannya yang tidak tertandingi. Simak penjelasan di bawah ini untuk mengetahui keuntungan yang bisa anda dapat dengan menggunakan layanan backup & restore dari AWS:


Daya Tahan Data yang Tinggi

AWS dapat melindungi backup yang dilakukan oleh perusahaan dengan daya tahan data sebesar 99.999999999%. Seluruh salinan data yang diunggah ke dalam Amazon S3 dan Amazon S3 Glacier akan dibuat dan disimpan oleh AWS, setidaknya ke dalam tiga buah perangkat yang terdapat di dalam satu AWS Region. Tentunya, hal ini sangat membantu perusahaan karena backup dari data yang mereka miliki tidak hanya tersimpan di satu tempat saja.


Fleksibel dan Scalable

Jumlah data tentunya akan selalu bertambah secara terus-menerus, oleh karena itu dibutuhkan sebuah sumber daya yang dapat ditingkatnya kapasitasnya tanpa harus menunggu berminggu-minggu atau berbulan-bulan agar sistem operasional perusahaan tidak terganggu. AWS adalah solusi yang tepat untuk membantu anda dalam meningkatkan kapasitas storage untuk backup hanya dalam hitungan menit.


Efisiensi Biaya

Berbeda dengan backup cara tradisional yang mengharuskan anda untuk mengeluarkan biaya yang lebih banyak ketika menambahkan storage yang baru, layanan dari AWS dapat membantu anda untuk menghemat biaya yang harus anda keluarkan. Karena layanan backup berbasis cloud dari AWS ini hanya mewajibkan anda untuk membayar sesuai dengan kebutuhan yang anda perlukan atau pay-as-you-go. Selain itu, anda juga dapat mengurangi biaya yang biasanya digunakan untuk biaya kepemilikan atau Total Cost of Ownership (TCO), dan juga data center footprint.


Dapat Melakukan Backup untuk Seluruh Tipe Data

Selain fleksibilitasnya dalam menambahkan kapasitas saat kapanpun, AWS juga fleksibel dalam memberikan layanan backup-nya, yaitu backup untuk seluruh tipe data. Dengan menggunakan layanan storage Amazon S3 dan Amazon S3 Glacier, anda dapat melakukan backup untuk data tipe object. Kemudian dengan menggunakan Amazon Elastic File System, anda dapat melakukan backup untuk data tipe file. Dan dengan menggunakan Amazon Elastic Block Storage, anda dapat melakukan backup untuk data tipe block.


Aman dan Patuh

Dengan menggunakan layanan dari AWS untuk melakukan backup, anda tidak perlu khawatir mengenai keamanan dari data-data milik perusahaan anda. Karena dengan layanan security dari AWS, anda dapat mengatur akses agar orang-orang tertentu saja yang dapat mengakses data tertentu. AWS Security ini juga dapat mendeteksi jika adanya aktivitas yang tidak biasa atau mencurigakan, mengenkripsi data, dan juga melakukan audit untuk meningkatkan keamanan pada data milik perusahaan anda. AWS juga mengelola program compliance untuk membantu anda dalam memenuhi kebutuhan anda.


Tidak hanya menghemat waktu dan biaya saja, AWS juga dapat membantu meningkatkan keamanan pada data-data milik perusahaan anda. Sudah saatnya kita beralih ke cloud untuk melakukan backup untuk sistem operasional bisnis yang minim hambatan dan gangguan.

Netmarks Indonesia sebagai AWS Consulting Partner di Indonesia siap membantu anda untuk beralih menggunakan backup berbasis cloud dari AWS. Untuk informasi lebih lanjut mengenai layanan backup dari AWS, anda dapat langsung menghubungi kami melalui marketing@netmarks.co.id


Sumber:

https://aws.amazon.com/backup-restore/

13 views0 comments