5 PILAR YANG MEMBENTUK ARSITEKTUR AWS


Masih khawatir untuk mengadopsi Cloud di perusahaan anda?

Ketahui dulu 5 pilar kerangka arsitektur AWS, yang justru dibuat untuk membangun infrastruktur IT yang aman, berkinerja tinggi, tangguh, dan efisien untuk kebutuhan anda.


1. OPERATIONAL EXCELLENCE

Fokus kepada menjalankan dan memantau sistem untuk memberikan value bagi bisnis anda dengan memperhatikan proses dan prosedur. Penting bagi perusahaan untuk merancang operasional yang otomatis dapat beradaptasi dalam mendukung evolusi bisnis dari waktu ke waktu sebagai respons terhadap perubahan demand customer.


2. SECURITY

Kedua adalah keamanan. Seperti yang kita ketahui keamanan adalah prioritas nomor 1 di AWS. Berfokus kepada perlindungan informasi dan sistem, pilar ini mencakup kerahasiaan dan integritas data, mengidentifikasi dan mengelola siapa saja yang mendapatkan akses ke data anda, melindungi sistem, dan menetapkan kontrol untuk mendeteksi event yang terkait dengan keamanan.

3. RELIABILITY

Bisnis tidak akan mentolerir jika terjadi kegagalan dalam sistem infrastruktur anda. Customer enggan menunggu jika aplikasi anda sulit diakses dan berpindah ke competitor. Maka itu diperlukan keandalan. Memastikan bahwa sistem anda menjalankan fungsi dengan benar dan konsisten sesuai harapan. Sistem dengan cepat dapat diperbaiki jika terjadi kegagalan untuk memenuhi permintaan pelanggan dan bisnis. Pilar ini meliputi desain sistem, perencanaan pemulihan, dan cara menangani perubahan.

4. PERFORMANCE EFFICIENCY

Berfokus kepada efisiensi penggunaan resource infrastruktur IT. Termasuk memilih jenis dan ukuran resource yang tepat berdasarkan beban kerja, memantau kinerja, dan membuat keputusan yang tepat agar tetap efisien seiring berkembangnya kebutuhan bisnis.

5. COST OPTIMIZATION

Pengoptimalan biaya berfokus pada menghindari biaya yang tidak perlu. Anda tentunya ingin tahu kemana uang anda dibelanjakan, memilih resource yang tepat dan benar, menganalisa pengeluaran anda dari waktu ke waktu, dan menskalakan untuk memenuhi kebutuhan bisnis tanpa pengeluaran berlebihan.


Diskusikan rencana anda dalam mengadopsi cloud dengan Netmarks Indonesia yang merupakan AWS Consulting partner di Indonesia.

www.netmarks.co.id




Source :

https://aws.amazon.com/

@AWSGeek


27 views0 comments