top of page

Augmented Reality Dalam Dunia Olahraga


augmented reality dalam dunia olahraga in sport

Sudah seringkali kita mendengan penggunaan Augmented Reality dalam berbagai bidang. Augmented Reality adalah menambahkan objek virtual ke dunia nyata sampai batas tertentu. Ternyata penggunaan Augmented Reality juga sudah merambah ke dunia olahraga:


1. Tour De France


Tour de France ke-109 secara resmi telah berlangsung di Eropa pada Juli 2022. Kejuaraan balap sepeda bergengsi tersebut berlangsung selama 3 minggu dan menampilkan atlet terbaik dunia. Penyelenggara Tour De France tahun ini menawarkan pengalaman baru kepada penggemar dengan mengkombinasikan teknologi augmented reality (AR) dan hologram volumetrik.


Dikembangkan oleh Orange (Digital Services Company yang merupakan Official Partner Tour De France 2022) bekerja sama dengan Immersiv.io (Digital Innovation Company) dan MATSUKO (The world’s first Holographic Presence App), Augmented Race 2022 memberikan pengalaman unik menggunakan headset AR untuk memproyeksikan peta 3D balapan, termasuk informasi terkini dari 21 tahapan Tour De France sesuai kondisi nyata di lapangan.


Augmented Reality in Tour de France 2022
Augmented Race in Tour de France 2022

2. Augmented Match for the Olympique de Marseille


Orange adalah operator pertama di Prancis yang melengkapi stadion dengan konektivitas 5G yaitu stadion Orange Velodrome di Marseille, Perancis. Pada tahun 2021, Orange bekerja sama dengan Immersiv.io dan solusi digitalnya, ARISE membuat Augmented Match. Augmented Match adalah aplikasi yang memungkinkan penonton untuk menyaksikan langsung kompetisi dengan statistik real-time melalui teknologi Augmented Reality menggunakan smart glasses Nreal. Data statistik real-time maupun dari pertandingan-pertandingan sebelumnya disediakan oleh OM Data Lab (Innovation Laboratory from Olympique de Marseille (Club Sepak Bola Perancis)). Aplikasi AR tersebut telah dipamerkan untuk pertama kalinya selama Vivatech 2021 menggunakan konektivitas 5G dan dapat digunakan di Android dan iOS.


Pengalaman menonton sepak bola dengan Augmented Match:


Melalui proyek ini, Orange, OM (Olympiques de Marseille), dan Immersiv.io telah bekerja sama untuk membuat aplikasi interaktif dan imersif yang dapat digunakan para penggemar secara langsung di stadion Orange Velodrome untuk meningkatkan pengalaman menonton sepak bola. Dua solusi telah dikembangkan menggunakan produk ARISE Stadium dan ARISE Home untuk para penggemar di tribun dan di lounge VIP. Untuk para penonton di tribun, Augmented Match memberi mereka kemungkinan untuk menampilkan konten augmented reality langsung di lapangan dan mendapatkan akses ke informasi real-time sepanjang pertandingan. Untuk para penonton di lounge VIP, mereka dapat merasakan pertandingan dengan dengan lebih nyata melalui kacamata augmented reality NReal yang disediakan, dan mengikuti serta memahami aksi-aksi di dalam pertandingan dengan lebih baik berkat mini-pitch AR.


augmented reality in sport

3. Experiencing New Level of Hockey Game


Rogers (Canadian Network Provider) baru-baru ini meluncurkan spektrum 5G 3500 MHz untuk mendukung penggunaan 5G di stadion dengan bandwith dan konektivitas yang lebih baik. Dengan solusi Augmented Reality dari immersive.io, Arise Stadium memberikan penggemar cara baru menonton olahraga di stadion. Menggunakan kacamata AR atau smart phone, penggemar dapat mempersonalisasi tampilan dari livestream pertandingan sesuai keinginnan mereka dan menampilkan statistik real-time dengan teknologi AR. Sepanjang pertandingan, penonton diberikan informasi statistik untuk meningkatkan pemahaman mereka dan dapat merasakan sebuah pengalaman Augmented Reality yang sempurna.


sources:

https://www.immersiv.io/portfolio/rogers-nhl-arise-stadium/

https://www.immersiv.io/portfolio/orange-om-arise-stadium-home/

https://www.immersiv.io/portfolio/tour-de-france-orange-augmented-race-ar/

https://vrscout.com/news/this-years-tour-de-france-features-ar-and-holograms/



13 views0 comments
bottom of page