Melangkah Maju Menuju Digital Transformation Bersama AWS

Updated: Sep 10, 2021


Dengan semakin banyaknya perusahaan yang sedang berjalan menuju digital transformation, tentunya diperlukan solusi atau cara yang tepat untuk dapat mempercepat perjalanan tersebut. Salah satu cara yang dapat membantu sebuah perusahaan untuk dapat berjalan maju menuju digital transformation adalah dengan memigrasikan seluruh beban kerjanya ke dalam cloud. Tetapi, beberapa beban kerja sebuah perusahaan tidak dapat dimigrasikan ke dalam cloud begitu saja, karena adanya tipe atau jenis beban kerja yang harus digunakan bersamaan atau menggunakan datasets lokal, melakukan data share dengan aplikasi on-premises, atau harus memenuhi persyaratan dari residensi data. Hal ini menjadikan pengaplikasian atau pembangunan hybrid cloud menjadi sangat kompleks dan menantang, karena mereka harus mengintegrasikan sistem yang mereka gunakan dengan arsitektur layanan cloud.


Sejauh ini, para pelanggan atau klien yang menggunakan arsitektur hybrid ini masih harus mengelola berbagai platform yang berbeda, berbagai macam aplikasi, dan tools yang terpisah antara on-premises dengan cloud. Untuk dapat menggunakan layanan hybrid cloud tersebut secara berdampingan, tentunya diperlukan infrastruktur dan layanan cloud yang sama dan dapat diterapkan dimanapun ketika dibutuhkan. Untuk mengatasi permasalahan dan tantangan yang dihadapi, AWS bersama dengan PT. Netmarks Indonesia hadir untuk membantu anda dalam melancarkan perjalanan anda menuju digital transformation. Berikut adalah beberapa layanan hybrid cloud yang dapat diberikan oleh AWS kepada anda:


AWS Regions and Availability Zones

Sebutan “Region” ini memiliki arti sebagai lokasi geografis fisik yang memiliki sekelompok data center AWS di dalamnya, yang dimana data center ini dikenal dengan nama Availability Zone (AZ) dan dikelompokkan dalam minimal tiga buah per “Region” untuk menyediakan redundansi dan membantu penggunanya dalam membangun atau membuat aplikasi dan layanan yang tangguh. Availability Zone yang terdiri dari satu atau lebih data center yang berada di tempat terpisah ini memiliki daya yang redundan, jaringan, dan konektivitas latensi rendah ke AZ lain yang berada di “Region” untuk replikasi data dan layanan yang sinkron.


AWS Local Zones

Local Zone” merupakan ekstensi dari AWS Region yang digunakan di area metropolitan, yang dapat menyediakan latensi rendah untuk aplikasi-aplikasi, seperti media dan hiburan, pembuatan konten, gaming, dan aplikasi lainnya dengan latensi yang sensitif. Ada banyak layanan yang disediakan “Local Zones” yang sama dengan yang disediakan dengan AWS Region, seperti komputasi, penyimpanan (storage), database, dan distribusi konten.


AWS Wavelength

Dengan menempatkan layanan komputasi dan storage AWS di ujung jaringan telepon seluler 5G, AWS Wavelength dapat membantu tim developer untuk menciptakan sebuah aplikasi seluler dengan latensi di bawah 10 milidetik. AWS Wavelength dapat memperluas layanan yang ada pada AWS Region ke dalam telepon seluler, yang menjadikan aplikasi seperti AR/VR, gaming, video live streaming dan machine learning yang biasanya tidak memungkinkan karena disebabkan oleh latensi round-trip.


VMWare Cloud on AWS

AWS merupakan partner pilihan VMWare untuk beban kerja berbasis vSphere. Jika perusahaan anda menggunakan VMWare, maka partnership antara AWS dengan VMWare ini dapat membantu anda dalam perjalanan anda ke dalam hybrid cloud dengan memberikan cara yang lebih simple, cepat dan hemat biaya. Untuk performa yang lebih baik, anda dapat menjalankan perangkat lunak VMWare Software Defined Data Center (SDDC) di dalam infrastruktur AWS. Selain itu, anda juga dapat memigrasikan beban kerja anda dari lingkungan VMWare yang sudah anda miliki ke dalam VMWare Cloud on AWS dengan mudah.


Amazon ECS/EKS and ECS/EKS Anywhere

Amazon ECS (Elastic Container Service) dan Amazon EKS (Elastic Kubernetes Service) dapat digunakan untuk mengelola penerapan yang ada di dalam AWS Region, Wavelength dan juga Local Zone. Tetapi, tentunya AWS juga menawarkan solusi bagi para perusahaan yang ingin mengintegrasikan lingkungan container mereka antara AWS dengan non-AWS (infrastruktur yang sudah dimiliki), yaitu dengan menggunakan Amazon ECS dan EKS Anywhere.


PT. Netmarks Indonesia sebagai AWS Consulting Partner di Indonesia siap untuk membantu mempercepat dan melancarkan perjalanan anda menuju digital transformation dan memudahkan perpindahan anda ke hybrid cloud. Untuk mengetahui detil lebih lanjut mengenai layanan AWS, anda dapat menghubungi kami di marketing@netmarks.co.id


Sumber:

https://aws.amazon.com/hybrid/

41 views0 comments