top of page

Perkuat Bisnis Anda dengan Layanan Generative AI Andal dari AWS dan SAP

Updated: Jun 5


Ilustrasi User AWS dan SAP

Kemampuan untuk mengadopsi dan berinovasi dengan teknologi terbaru bukanlah sebuah opsi, melainkan sebuah kewajiban yang harus dengan cepat diadopsi bagi perusahaan yang ingin bisnisnya terus beradaptasi sesuai dengan perkembangan zaman. Amazon, dengan solusi AWS-nya merupakan pemimpin pasar dalam infrastruktur cloud yang luar biasa yang menjadi salah satu solusi cloud yang terus beradaptasi dengan perkembangan yang ada. 


Dengan munculnya generative AI yang banyak bermunculan saat ini, generative AI milik Amazon yaitu Amazon Bedrock dapat menjadi kunci utama untuk mempercepat inovasi dalam proses bisnis seperti Order to Cash, Procure to Pay, Hire to Retire, Design to Produce, dan lain sebagainya. Inilah sebabnya mengapa AWS dan SAP membuat perluasan kemitraan, termasuk kapabilitas baru untuk generative AI. Amazon Bedrock sekarang tersedia di SAP generative AI Hub dalam SAP AI Core.


Bersamaan dengan ini, tentu akan dapat memudahkan perusahaan yang memanfaatkan SAP ERP untuk membangun ekstensi aplikasi yang memanfaatkan generative AI menggunakan SAP Business Technology Platform (SAP BTP) dan foundation model (FM) dari Amazon Bedrock sambil tetap mempertahankan core yang rapi. Blog ini akan menyajikan panduan teknis dari AWS dan SAP dalam bentuk Joint Reference Architecture (JRA) kepada pelanggan kami yang ingin menggunakan FM dari Amazon Bedrock di dalam ekosistem SAP mereka.


Mulai Bangun Generative AI di AWS

Generative AI dapat mendukung modernisasi di tiap perusahaan, solusi ini dapat lebih dari cukup untuk memenuhi standar keamanan dan keandalan infrastruktur yang lebih baik untuk beban kerja pada SAP mereka. Untuk membantu pelanggan memodernisasi, mengotomatisasi, dan berinovasi dengan teknologi Generative Gen-AI, AWS meluncurkan Amazon Bedrock sebagai layanan yang menyediakan berbagai foundation model (FM) yang berkinerja tinggi dari perusahaan AI terkemuka seperti Anthropic, AI21 Labs, Cohere, Stability AI, Mistral, Meta Llama, dan Amazon Titan. Amazon Bedrock menawarkan serangkaian kemampuan yang komprehensif untuk AI, menyederhanakan pengembangan dengan tetap menjaga privasi dan keamanan. Fitur-fitur utama termasuk kustomisasi model dengan data Anda sendiri, penyempurnaan untuk tugas-tugas tertentu, dan Retrieval Augmented Generation (RAG) untuk meningkatkan akurasi respons menggunakan basis pengetahuan perusahaan Anda.

Generative AI Stack pada AWS
Generative AI pada AWS

Amazon Bedrock menawarkan serangkaian kemampuan yang komprehensif untuk membangun aplikasi generative AI, menyederhanakan pengembangan dengan tetap menjaga privasi dan keamanan. Fitur-fitur utama termasuk kustomisasi model dengan data Anda sendiri, penyempurnaan untuk tugas-tugas tertentu, dan Retrieval Augmented Generation (RAG) untuk meningkatkan akurasi respons menggunakan basis pengetahuan perusahaan Anda. Amazon Bedrock menjamin keamanan sistem, sehingga menjadikannya pilihan ideal untuk mengembangkan penerapan berbasis AI yang inovatif.


Pengintegrasian Model Generative AI dari Amazon Bedrock dengan SAP

SAP menjadi perusahaan pengembang teknologi generative AI paling awal, dengan adanya Generative Hub, Generative AI hub di SAP AI Core menyediakan alat bagi developer AI yang dibuat dengan khusus, akses tingkat perusahaan ke Foundation Model AI, dan kontrol data yang kuat untuk membuat aplikasi bertenaga AI. Integrasi model generative AI dari Amazon Bedrock melalui Generative AI Hub di SAP AI Core, pengguna SAP dapat mengakses rangkaian model framework seperti Anthropic Claude3 dan Amazon Titan. Dengan arsitektur referensi gabungan ini, pengguna SAP dapat mempercepat adopsi generative AI dan memodernisasi proses bisnis utama yang dibangun di atas solusi SAP.


Pengguna dapat menggunakan Generative AI hub di SAP AI Core dan layanan AWS untuk membangun solusi generative AI dengan mengaktifkan fungsionalitas AI khusus dalam portofolio solusi dan aplikasi cloud SAP. Hal ini dapat membantu menghadirkan solusi dan optimalisasi baru di berbagai fungsi bisnis termasuk Keuangan, Sumber Daya Manusia, dan lainnya.


SAP dan AWS berkomitmen untuk memperluas penggunaan kemampuan Amazon Bedrock di Generative AI Hub untuk lebih mengaktifkan fungsionalitas AI yang tertanam dalam portofolio solusi dan aplikasi cloud SAP.


Untuk lebih jelasnya, mari kita cermati arsitektur dan berbagai komponen yang ada di dalamnya.

SAP Business Technology Platform
SAP AWS Interface

Amazon Bedrock

Amazon Bedrock memungkinkan pelanggan untuk memilih dari berbagai pilihan Large Language Models (LLM), yang akan tersedia melalui API. Amazon Titan dan Anthropic's Claude yang merupakan keluarga Foundational Models (FM) yang telah dilatih sebelumnya di AWS dengan set data yang besar, menjadikannya model yang canggih, model serba guna yang dibangun untuk mendukung berbagai kasus penggunaannya.


Generative AI Hub pada SAP AI Core

Layanan SAP AI Core menampilkan aset AI seperti model bahasa yang besar kepada pengguna dan menyediakan UI yang terpadu untuk aplikasi SAP yang berjalan di ekosistem. Generative AI hub di SAP AI Core menjadi lapisan manajemen akses dan siklus hidup untuk mengelola akses ke Amazon Bedrock dan menyajikan endpoint bagi aplikasi untuk mengkonsumsi Foundational Models (FM).


Generative AI Hub di SAP AI Core memberikan pengembang untuk dapat akses cepat ke berbagai large language model (LLM) yang berbeda melalui kerangka kerja komersial dan hukum yang terkelola, dengan adanya akses ini, pengembang dapat mengatur beberapa model yang berbeda.


Application Development

Cloud Application Programming (CAP) adalah salah satu bentuk implementasi untuk mengembangkan aplikasi cloud dengan menggunakan SAP Build. CAP menawarkan kerangka kerja yang lebih terstruktur dan rapi agar dapat terintegrasi dengan baik dengan layanan lainnya.


Authentication and Identification

Large Language Models (LLM) membutuhkan data sebanyak mungkin, namun dilain sisi LLM cenderung untuk tidak menghiraukan otorisasi pengguna saat query, sehingga dapat membuat proses integrasi menjadi sulit. Untuk mengatasi hal ini, AWS dan SAP menyediakan layanan SAP BTP dan SAP Identity Provisioning.


Kesimpulan

Dengan menggunakan arsitektur ini, beban kerja SAP sekarang dapat dilengkapi dengan Large Language Model atau LLM dan kemampuan model pemindahan untuk memanfaatkan kemampuan data SAP, sehingga menghasilkan peningkatan pemahaman dan efisiensi operasional dengan biaya yang lebih rendah.


Diskusikan kebutuhan AWS anda bersama Netmarks Indonesia yang merupakan AWS Consulting Partner di Indonesia, penuhi kebutuhan cloud perusahaan Anda sekarang dengan hubungi kami melalui email ke marketing@netmarks.co.id atau melalui contact us form pada website ini.

 

Sources:

Comments


bottom of page