top of page

TeamViewer:The New Era of Hyper Connectivity for Frontline Worker


teamviewer realwear

TeamViewer adalah solusi remote access, remote control dan remote support yang dapat bekerja dengan hampir semua platform desktop dan mobile, termasuk Windows, macOS, Android, dan iOS. TeamViewer memungkinkan Anda untuk mengakses komputer atau perangkat seluler di mana saja dan menggunakannya seolah-olah Anda berada di tempat tersebut. TeamViewer telah digunakan pada 2.5 Milyar devices dan 45 juta online users. TeamViewer merupakan aplikasi yang dapat digunakan sebagai sarana penghubung komunikasi jarak jauh dengan menghubungkan satu komputer ke komputer lain melalui akses internet di kedua komputer tersebut. Dengan TeamViewer, kedua device dapat melakukan tujuan masing-masing seperti mentransfer file, melakukan chatting, hingga melakukan panggilan video.


Berikut adalah fitur-fitur yang dimiliki TeamViewer:


1. Remote Access


Remote Access TeamViewer meningkatkan produktivitas di mana pun Anda berada. Anda dapat menggunakan File desktop dan aplikasi hanya dengan beberapa klik. Bahkan perangkat seluler dan server dapat diakses dengan aman tanpa memerlukan VPN di mana pun dan kapan pun.


Fitur-fitur remote access pada TeamViewer:


1. Video konferensi dan kolaborasi dengan TeamViewer Meeting

2. “Black Screen” untuk akses remote yang bersifat rahasia atau privat.

3. File Sharing yang aman dan fleksibel

4. Remote Printing untuk Windows dan macOS


2. Mobile Device Support


TeamViewer dapat mengatur remote access permanen ke perangkat seluler, komputer, dan server, atau bahkan perangkat IoT, point of sale (POS) machine dan tanda tangan digital. Fitur-fiturnya adalah:

1. Share screen di iPhone dan iPad

2. Mentransfer file dengan aman melalui Files app pada iOS

3. Koneksi Mobile-to-Mobile

4. Menampilkan diagnostik sistem di aplikasi desktop TeamViewer

5. Chat melalui teks dan mengambil screenshot pada perangkat seluler


3. Security


Fitur-fitur kemanan pada TeamViewer adalah:

1. Terhubung dengan perangkat apa pun dengan aman hanya dengan ID TeamViewer dan kata sandi.

2. Semua koneksi TeamViewer dienkripsi end-to-end. Fitur ini mengamankan konten apa saja yang dapat dilihat dan mana yang tidak boleh ditampilkan saat remote access atau remote control.

3. TeamViewer memiliki fitur untuk mengontrol hak akses ke perangkat di seluruh organisasi sesuai peraturan perusahaan yang telah dibuat.


Produk TeamViewer yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Artifical Intelligence (AI) adalah TeamViewer Frontline. TeamViewer Frontline adalah solusi augmented reality yang sepenuhnya terintegrasi. TeamViewer Frontline meningkatkan digitalisasi di berbagai industri berdasarkan teknologi komputasi wearable terbaru. Dimana solusi ini bermaksud mentransformasikan tugas seorang frontline workers (pekerja lapangan) dengan AR solutions. Augmented Reality memperlihatkan informasi secara digital sedangkan Artificial Intelligence dapat digunakan untuk menciptakan kemampuan pengenalan gambar dan objek, serta menganalisis proses dan hasil.


TeamViewer Frontline dapat diinstall pada Hands-Free Headset terkemuka yaitu RealWear. Fitur TeamViewer Frontline yang diaplikasikan pada RealWear adalah:


1. xInspect : Inspect-by-Vision

Menunjukan Instruksi visual step-by-step kepada fronline worker sehingga para pekerja lapangan dapat otomatis mendokumentasikan dan mengkonfirmasi setiap tugas secara digital melalui assisted reality seperti solutions for inspection, scheduled service, dan predictive maintenance.


teamviewer realwear inspection
xInspect (credit: TeamViewer Frontline)

2. xMake : Make-by-Vision

Memberikan visual manufaktur dan alur kerja produksi kepada frontline worker sesuai Field of View. Implementasi RealWear dan TeamViewer dapat meningkatkan produktivitas karena memungkinkan frontline workers menyelesaikan pekerjaan mereka dengan kedua tangan tanpa perlu memegang device.


realwear teamviewer xmake
xMake (credit: TeamViewer)

3. xPick : Vision Picking Solution

Mendigitalkan proses logistik dan pergudangan dengan menampilkan informasi barang yang akan dipacking menggunakan teknologi Augmented Reality. Implementasi RealWear dan TeamViewer meningkatkan akurasi dan efisiensi pada proses tersebut.

xpick realwear teamviewer
xPick (credit: TeamViewer)

4. xAssist: Remote Mentoring

Frontline worker membutuhkan pendampingan (assistance) dari tenaga ahli. Tetapi tenaga ahli tidak selalu berada di tempat kerja yang sama atau bahkan berada di zona waktu yang berbeda. TeamViewer sudah memiliki fitur video conference dimana tenaga ahli yang jauh dapat melihat apa yang dilihat pekerja secara real-time. Selain itu, RealWear dilengkapi dengan high-resolution camera and unmatched noise cancellation microphone. Hal ini memungkinkan tenaga ahli mendampingi pekerja yang berada di lokasi untuk memecahkan masalah. Penggunaan RealWear dan TeamViewer Frontline membuat interaksi dengan para ahli menjadi lebih jelas.


realwear teamviewer
xAssist (credit: TeamViewer

TeamViewer dan RealWear adalah dua teknologi yang berbeda namun keduanya dapat saling terintegrasi untuk memberikan solusi yang lebih baik dalam konteks remote assistance. Ketika diintegrasikan, TeamViewer dapat digunakan untuk memberikan dukungan teknis jarak jauh pada perangkat RealWear, sehingga memudahkan pengguna untuk menyelasaikan masalah teknis dan mengoptimalkan kinerja perangkat RealWear di lokasi kerja. Dengan demikian, integrasi antara TeamViewer dan RealWear dapat membantu meningkatkan efisiensi dan produktivitas kerja di lapangan, serta meminimalkan biaya dan waktu karena tidak perlu mengeluarkan biaya perjalanan yang mahal. Jika anda memerlukan konsultasi maupun demo terkait produk-produk RealWear dan TeamViewer silahkan menghubungi PT Netmarks Indonesia melalui form contact us di website ini atau email marketing@netmarks.co.id


sources:


95 views0 comments

Comments


bottom of page