top of page

Transformasi Digital Dokumen Keuangan Dengan Optical Character Recognition (OCR)


optical character recognition keuangan finance

Dalam era digital yang terus berkembang, transformasi digital telah membawa perubahan yang signifikan dalam berbagai bidang, termasuk di bidang keuangan. Tantangan terbesar bagi para profesional keuangan adalah analisis data untuk credit ratings, aplikasi pinjaman, penjaminan, keputusan jual beli saham, pengelolaan arus kas, dan lain sebagainya.


Salah satu teknologi yang memainkan peran penting dalam transformasi ini adalah Optical Character Recognition (OCR) atau Pengenalan Karakter Optik. OCR telah menjadi teknologi yang sangat berharga dalam mengotomatiskan dan menyederhanakan proses pengolahan dokumen.


Optical Character Recognition adalah teknologi untuk mengidentifikasi teks karakter dari tulisan tangan, dokumen fisik, dan digital image dari materi fisik lainnya. Proses identifikasi OCR mudah, cukup melakukan input gambar atau dokumen kemudian teknologi Optical Character Recognition akan melakukan proses pre-processing. Lalu, OCR akan melakukan Document and Layout Analysis, Character Recognition serta Verification Results. Terakhir Optical Character Recognition akan melakukan export hasil identifikasi tersebut ke dalam bentuk excel atau database. Salah satu platform untuk menjalankan fungsi Optical Character Recognition.


Nanonets adalah platform Optical Character Recognition yang menggunakan machine learning untuk mengekstrak data dari dokumen tercetak, lembar excel, dan berbagai jenis dokumen lainnya. Platform ini juga menawarkan berbagai fitur yang cocok untuk penyebaran laporan keuangan, termasuk kemampuan untuk menangani berbagai jenis dokumen dan template ekstraksi data yang dapat disesuaikan.


Dengan API-nya, Nanonets dapat dengan mudah diintegrasikan ke dalam sistem keuangan yang sudah ada, dengan user-friendly interface memungkinkan perusahaan dapat menerapkan model tanpa memerlukan keterampilan teknis khusus.


Salah satu solusi yang tepat dari Nanonets untuk dibidang keuangan yaitu Nanonets Flow. Nanonets Flow adalah kemampuannya untuk mengekstrak data terstruktur dari dokumen yang tidak terstruktur, seperti faktur, kwitansi, dan laporan bank. Dengan menggunakan teknologi OCR (Optical Character Recognition) dan NLP (Natural Language Processing) terkini, platform ini secara akurat mengekstrak, memvalidasi, dan mengorganisir data kritis keuangan, membantu pekerjaan memasukkan data secara manual dan meminimalkan kesalahan.


Berikut adalah beberapa manfaat penggunaan Nanonets dalam pembuatan laporan keuangan:


1. Nanonets dapat mengotomatisasi proses ekstraksi data keuangan dari laporan, seperti pendapatan, biaya, dan keuntungan.

2. Nanonets dapat mengklasifikasikan dan mengorganisir laporan berdasarkan jenis dan periode, yang dapat memfasilitasi analisis tren dan perbandingan.

3. Nanonets dapat memvalidasi akurasi dan kelengkapan data yang diekstraksi, memastikan bahwa laporan keuangan menjadi terpercaya dan dapat dipercaya.

4. Nanonets dapat menangani volume data yang besar, sehingga cocok untuk bisnis dengan berbagai ukuran.


Secara keseluruhan, penyebaran laporan keuangan merupakan alat yang berharga bagi bisnis, dan Nanonets adalah solusi yang kuat untuk mencapainya. Dengan teknologi Optical Character Recognition dan API-nya, Nanonets memudahkan bisnis untuk mengotomatisasi entry dan pemprosesan data laporan keuangan, meningkatkan efisiensi, akurasi, dan manajemen risiko. Jika Anda ingin meningkatkan bisnis Anda menggunakan Optical Character Recognition Nanonets silahkan menghubungi Netmarks Indonesia melalui form contact us pada website ini atau dengan email ke marketing@netmarks.co.id


sources




bottom of page