top of page

UiPath Autopilot: RPA dengan Artificial Intelligence (AI)

Updated: Dec 12, 2023


robotic process automation rpa ai

Melanjutkan diskusi mengenai langkah selanjutnya dari otomatisasi dengan Robotic Process Automation (RPA) yaitu otomatisasi dengan Artifical Intelligence (AI). Robotic Process Automation (RPA) adalah adalah sebuah software yang dapat meniru dan mengerjakan pekerjaan manusia secara otomatis, terutama pekerjaan yang memiliki rules dan bersifat berulang atau repetitif. Sedangkan Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diprogram untuk berpikir seperti manusia dan meniru tindakannya. UiPath memberikan platform yang dapat menggabungkan keduanya.


Melalui informasi yang dirilis oleh UiPath pada October 2023 lalu, terdapat berbagai kemampuan baru dari platform UiPath Business Automation salah satunya adalah fitur AI yang semakin mumpuni. Salah satu fitur AI pada UiPath adalah UiPath Autopilot. UiPath Autopilot adalah serangkaian fitur yang didukung oleh AI di seluruh UiPath Business Automation Platform yang membuat setiap pengguna menjadi lebih produktif.


Apa yang dapat dilakukan UiPath Autopilot?


Ada beberapa kegunaan UiPath Autopilot salah satunya adalah untuk Asisten. Autopilot for Assistant adalah otomatisasi pada desktop. Penggunaan Autopilot for Assistant untuk segala hal, mulai dari memesan pesanan makan siang hingga mengotomatiskan proses pengeluaran perjalanan. Selain itu, Autopilot dapat juga digunakan untuk pembuatan aplikasi yaitu Autopilot for Apps. Hanya dengan hasil screenshots atau PDF dari dokumen kertas sebagai input, Autopilot for Apps dapat membuat interface untuk Anda.


Autopilot for Assistant adalah pendamping AI yang membantu Anda menangani daftar tugas sehari-hari. Aplikasi ini adalah perpaduan yang terbaik dari Generative AI dan Specialized AI untuk bekerja dengan berbagai macam sistem dan dokumen lalu melakukan tugas yang telah diperintahkan. Autopilot for Assistant dapat menemukan dan menjalankan otomatisasi yang sudah ada dari perusahaan Anda. Jika tidak ada otomatisasi yang sudah ada sebelumnya untuk suatu pekerjaan, maka Autopilot for Assistant dapat menggunakan AI untuk membuat otomatisasi baru dengan cepat. Jadi tidak hanya membantu berfikir tentang sebuah konten tetapi juga dapat melakukan otomatisasi sendiri.


Apa perbedaan Autopilot dengan aplikasi copilot lainnya?


Sejak ChatGPT diluncurkan, ada banyak sekali aplikasi baru yang khusus untuk copilot. Aplikasi Ini sangat baik untuk meringkas dan membuat konten, dan kita berharap setiap aplikasi memiliki fitur copilot. Namun, aplikasi-aplikasi tersebut membantu kita berfikir tetapi tidak untuk bertindak. Itulah kelebihan dari UiPath Autopilot. Aplikasi ini menyempurnakan aplikasi khusus copilot lainnya dan memberdayakan penggunanya untuk mengambil tindakan berdasarkan aturan bisnis dan aplikasi tertentu. Dengan kata lain, UiPath Autopilot bekerja bersama manusia dengan cara yang sebenarnya kita lakukan pada berbagai aplikasi dan konteks.


Selain UiPath Autopilot, UiPath memiliki fitur AI lainnya yaitu UiPath Clipboard AI (Copy Paste Automation). UiPath Clipboard AI adalah aplikasi tanpa kode yang menyederhanakan transfer data di berbagai dokumen, spreadsheet, dan aplikasi dengan memahami layar secara cerdas dan menempatkan data penting secara akurat sehingga pengguna tidak perlu lagi melakukan copy paste dokumen satu per satu. Blok tabel di spreadsheet, lalu arahkan Clipboard AI ke tujuan seperti pada formulir, aplikasi lain atau tabel lain. Clipboard AI akan mencari tahu ke mana data harus ditempatkan dan menempelkannya (paste) .Selengkapnya mengenai UiPath Clipboard AI akan dibahas pada blog selanjutya.


Tahun ini banyak sekali pengumuman mengenai AI dan banyak aplikasi mengumumkan AI Copilot milik mereka. Kelebihan platform UiPath yang sudah banyak digunakan dan ditingkatkan lebih lanjut dengan Autopilot. Konsultasi dan implementasi mengenai Robotic Process Automation (RPA), Artificial Intelligence (AI) dan platform lainnya pada UiPath dapat menghubungi Netmarks Indonesia pada form contact us di website ini atau email ke marketing@netmarks.co.id


Sources:


bottom of page