top of page

Bagaimana Virtual Reality Bisa Meningkatkan Pengalaman Kampanye Pemasaran Anda?

  • Writer: Faisal Aldiansyah
    Faisal Aldiansyah
  • Nov 24, 2022
  • 3 min read

Updated: Feb 24


virtual reality marketing

Virtual Reality Marketing adalah strategi pemasaran yang menggabungkan teknologi virtual reality dalam kampanye pemasaran (Marketing Campaign). Customer bukan lagi hanya melihat iklan di layar, tetapi dapat berinteraksi dalam dunia 3D. Virtual Reality Marketing membuat promosi menjadi lebih menarik sehingga dapat meningkatkan penjualan dan loyalitas customer.


Bagaimana Virtual Reality (VR) Meningkatkan Pemasaran?

Great Story Telling

Media tradisional seperti TV dan film adalah media story telling yang bagus. Namun, virtual reality membawa kemampuan story telling selangkah lebih maju. Brand dapat menggunakan immersive technology untuk menceritakan brand story dan memasarkan produk dan jasa mereka dengan cara yang lebih menarik.


Sebagai contoh, New York Times (NYT) menggunakan virtual reality untuk menceritakan kisah tentang bagaimana perang mempengaruhi anak-anak di The Displaced. Melalui pengalaman multimedia ini, pengguna diberikan pandangan mendalam tentang kehancuran yang disebabkan oleh perang dan bagaimana rasanya menjadi anak kecil yang terlantar akibat peristiwa yang mengubah hidup tersebut. Pengalaman tersebut memungkinkan pembaca NYT untuk melihat apa yang sebenarnya terjadi dan memberikan intensitas emosional bagi pembaca tetapi juga meningkatkan brand awareness NYT.


Selain itu, brand dapat menggunakan 3D simulation untuk menciptakan pengalaman baru yang memungkinkan customer melihat sebuah brand dari sudut pandang lain. Sebagai contoh, brand dapat menggunakan Virtual Reality untuk membawa customer dalam tur 3D kantor atau pabrik, memberi customer gambaran yang langka dan lebih dekat tentang apa yang terjadi pada proses produksi.


Brand dapat menunjukkan kepada customer bagaimana mereka bekerja atau apa yang terjadi selama proses desain dan pengembangan produk. Ini memberikan sudut pandang yang lebih manusiawi terhadap sebuah brand sehingga dapat membantu membangun kepercayaan dan transparansi yang mendorong loyalitas customer.


Advertising Become More Fun

Iklan yang ada pada umumnya sudah cukup membosankan. Iklan tersebut tidak memberikan pengalaman yang tak terlupakan dan beberapa iklan, seperti pop-up, terasa seperti spam dan mungkin dapat mengusir calon customer.


Volvo, misalnya, memanfaatkan virtual reality untuk memamerkan Volvo XC90. Melalui aplikasi Volvo Reality, pengguna dapat menikmati virtual reality test-drive model dan melihat interior mobil secara langsung.


Iklan Campaign Oleh Volvo XC90 menggunakan Virtual Reality

Selain itu, iklan yang menggabungkan teknologi AI (Artificial Intelligence), virtual reality dan influencer juga menjadi salah satu inovasi dalam dunia marketing. AI-powered Virtual Influencer adalah avatar digital atau model 3D yang dapat ditemukan di berbagai platform media sosial. Brand Prada dan Alibaba, menggunakan Influencer virtual sebagai inovasi untuk menjangkau generasi muda sebagai customer. Selain itu, seperti influencer manusia yang sudah ada, influencer dapat membantu meningkatkan brand awareness.


Showcasing your products in a new light

Bagaimana Anda dapat mengkomunikasikan kepada calon pelanggan bahwa produk Anda adalah solusi terbaik untuk kebutuhan mereka? Dengan immersive technology, Anda dapat menunjukkan kepada pelanggan dengan tepat bagaimana produk atau layanan Anda dapat menjadi bagian dari solusi.


Salah satu contohnya adalah aplikasi Ikea: Place Ikea, yang memungkinkan pengguna mencoba model 3D skala nyata dari produk Ikea dan melihat bagaimana bagian tertentu dapat bekerja di ruang tertentu. Aplikasi berbasis 3D simulation memungkinkan Ikea membuat solusi lebih mudah diakses oleh customernya, memungkinkan customer untuk mencoba produk secara virtual sebelum melakukan pembelian.


Selain di dunia furniture, Salah satu penerapan virtual reality yang populer adalah di industri real estate. Perusahaan dan agen real estate dapat menawarkan tur 3D, membantu calon pembeli melihat property. Membuat calon pembeli merasa seolah-olah mereka benar-benar ada di sana. Virtual Reality juga dapat digunakan untuk memamerkan properti yang masih dalam pengembangan, yang dapat membantu calon pembeli melihat visual property setelah selesai dibangun dan fully furnished.


Masih banyak sekali kelebihan dan contoh nyata penggunaan Virtual Reality untuk dunia Marketing. Jika anda ingin berkonsultasi ataupun ingin langusng membuat marketing campaign dengan virtual reality. Silahkan langsung menghubungi Netmarks Indonesia melalui email marketing@netmarks.co.id atau dengan klik tombol di bawah ini.





Sources:

Comments


OUR OFFICE

HEAD OFFICE JAKARTA

Komplek Griya Inti Sentosa Jalan Griya Agung Blok M3, No 32-33 Jakarta Utara 14350, Indonesia

SUPPORT OFFICE CIKARANG

Ruko Cikarang Square  Jl. Raya Cikarang - Cibarusah, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat 17530

BRANCH OFFICE SIDOARJO

Kawasan Industri SIRIE Jl. Lingkar Timur Km 5.5 Blok F No 25-26 Sidoarjo 61234

BRANCH OFFICE BATAM

Kawasan industri tunas bizpark, Blk. E No.10, Belian, Kec. Batam Kota, Kota Batam, Kepulauan Riau 29444

QR Code

SUPPORT OFFICE LOMBOK

Jl. Pemuda No.28, Dasan Agung Baru, Selaparang, Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat. 83125.

Netmarks Indonesia logo, representing the company's commitment to providing high-quality IT solutions and services to businesses.

PT NETMARKS INDONESIA

We are here, on Customer's side

ISO 9001:2015 certification logo, signifying Netmarks Indonesia's adherence to international quality management standards.
ISO 27001:2022 certification logo, indicating Netmarks Indonesia's compliance with information security management standards

FOLLOW US

  • TikTok
  • Linkedin
  • Instagram
  • Facebook
  • Twitter
  • YouTube
  • Spotify

©2025 by PT NETMARKS INDONESIA

bottom of page