3 Kelebihan Cloud EndPoint Management Untuk IT Asset Management Perusahaan


Cloud Based IT Asset Management

Mengelola IT Asset Management perusahaan tentu menjadi tantangan tersendiri baik untuk pemilik maupun manajemen yang diberi wewenang apalagi jika perusahaan sudah cukup besar. Tantangan mengelola IT Asset Management perusahaan dapat datang dari sisi mana pun baik itu dari data security hingga software and hardware management. Tantangan data security dapat berupa bocornya data perusahaan akibat targeted email, ransomware, maupun insider crimes. Lalu, tantangan dari software and hardware management adalah sulitnya mengelola software license dan hardware inventory.


Banyaknya tantangan mengelola IT Asset Management perusahaan yang telah disebutkan dari paragraf sebelumnya, menjadikan pemilik ataupun manajemen perusahaan memerlukan Cloud-Based IT Asset Management yang dapat membantu menyelesaikan tantangan-tantangan tersebut. Salah satu solusi IT Asset Management yang ditawarkan Netmarks Indonesia adalah Cloud EndPoint Management. Cloud EndPoint Management adalah solusi yang memiliki segudang manfaat untuk mengelola IT Asset Management perusahaan. Berikut adalah 3 kelebihan Cloud EndPoint Management untuk mengelola IT Asset Management perusahaan:


1. Multi-Layered Security


Cloud EndPoint Management memberikan keamanan berlapis untuk semua ancaman IT Asset Management baik itu known threats (common virus) maupun unknown threats (targeted email, ransomware, newcomer virus). Kelebihan ini dapat melindungi perusahaan dari cyber threats yang tidak terduga.


Cloud EndPoint Management juga memiliki tracking feature untuk mencegah kebocoran data dari karyawan perusahaan itu sendiri atau orang dalam (insider crimes) dengan cara menelusuri log operational pengguna seperti melakukan file sharing, web access dan emailing sehingga perusahaan dapat mengetahui dimana dan siapa yang membocorkan data perusahaan. Selain itu, Cloud EndPoint Management juga dapat mengawasi external storage devices dan user behaviour sehingga dapat mencegah terjadinya kebocoran data dan pelanggaran akses.


2. IT Asset Management


Cloud EndPoint Management memberikan kemudahan dalam mengelola software and hardware management bahkan dapat melakukan otomatisasi dalam pendistribusian files. Salah satu pengelolaan software management yang paling penting adalah software license management. Cloud EndPoint Management dapat menampilkan jenis dan format lisensi, status penginstalan, dan detail lainnya. Selain itu, Cloud EndPoint Management dapat melakukan cost optimization agar jumlah pembelian lisensi sesuai kebutuhan.


Pada hardware management, Cloud EndPoint Management menampilkan hardware information berdasarkan informasi inventaris seperti hardware name, client type, user name, group name, OS, IP address, inventory acquisition date, policy name, etc. Terakhir, Cloud EndPoint Management dapat melakukan otomasi dalam pendistribusian files dengan cara menerapkan security patches oleh administrator kepada IT Asset yang telah ditentukan.


3. Work-Hours Monitoring


Cloud EndPoint Management dilengkapi work-hours management dashboard yang menampilkan laporan jam kerja karyawan secara menyeluruh. Hanya dengan satu klik, anda dapat melihat berapa banyak karyawan yang melakukan lembur dan sudah mendapatkan izin lembur. Bahkan dapat secara otomatis memberikan warning notification pada administrator jika jam kerja sudah melebihi batas. Lalu, administrator mengirimkan warning massage pada hari dan waktu tertentu untuk membantu menjaga jam kerja karyawan agar lebih efisien.


Selain 3 kelebihan yang sudah dijelaskan sebelumnya, Cloud EndPoint Management sudah memiliki banyak track record di dunia digital seperti Number 1 in Providing Cloud Managed Services in The IT Asset Management Segment berdasarkan Mic Research Institute dan telah digunakan di lebih dari 55 negara Amerika Serikat, Eropa dan Oceania. Kelebihan-kelebihan Cloud EndPoint Management yang sudah disebutkan tentunya semakin meningkatkan pertimbangan anda untuk segera menggunakan Cloud EndPoint Management untuk mengelola IT Asset Management perusahaan. Jika anda memerlukan konsultasi lebih lanjut mengenai Cloud EndPoint Management ataupun ingin mencoba demo penggunaan Cloud EndPoint Management, anda dapat menghubungi PT Netmarks Indonesia.


19 views0 comments