4 Penggunaan UiPath Robotic Process Automation (RPA) Dalam Industri Manufaktur


UiPath RPA Robotic Process Automation

Terdapat banyak tantangan di industri manufaktur yang harus dihadapi pelaku industri manufaktur atau manajemen di perusahaan manufaktur seperti sulitnya mengelola products and services, hambatan dalam supply chain, customer engagament yang semakin rumit hingga meningkatkan employee productivity. Solusi dari tantangan-tantangan tersebut adalah Robotic Process Automation (RPA) yang menggunakan platform UiPath.


Solusi yang ditawarkan UiPath Automation memungkinkan transformasi untuk product and services management, supply chain management, customer engagement and employee productivity sehingga dapat menjawab tantangan pada industri manufaktur yang telah disebutkan pada paragraf sebelumnya. Berikut 4 penggunaan UiPath RPA tersebut:


1. Improve Product and Services Management


UiPath Robotic Process Automation (RPA) menawarkan bot yang dapat mengelola produk dan jasa. Bot tersebut dapat menjalankan tiga operasi, yang pertama adalah menangani kesalahan dan kelalaian dalam pengecekan. Kedua, mempersingkat product master data integration dan meningkatkan compliance dengan product registration automation. Ketiga, mengintegrasikan data dari berbagai produk yang berbeda dengan technical drawing integration and bill of materials automation.


2. Efficiency Supply Chain


UiPath RPA dapat meningkatkan efisiensi dan akurasi dari supply chain operation yaitu yang pertama dengan cara membuat bot untuk menyiapkan proposal pembelian, mengumpulkan penawaran, dan membuat kontrak. Kedua, bot dapat mengumpulkan, memeriksa, dan melaporkan data dari keseluruhan supply chain operation. Ketiga, bot pada UiPath RPA dapat menyelesaikan dokumen-dokumen ekspor dan impor. Terakhir, UiPath RPA menawarkan real-time order delivery status dengan robot-assisted shipment.


3. Streamline Customer Engagement


Waktu adalah hal utama dalam memenuhi kepuasan customer. UiPath RPA dapat mempersingkat waktu dalam menangani kebutuhan customer di seluruh sales channel dengan 5 cara. Cara yang pertama adalah dengan mengotomatisasi penawaran harga untuk customer dan toko retail dengan cepat. Kedua, mentransformasi customer experience dengan end-to-end automation pada contact center. Ketiga, menyediakan self-services yang lebih baik menggunakan automated process and intelligent chatbots. Keempat, mengotomatisasi penjualan di seluruh channel termasuk e-commerce. Terakhir, UiPath RPA dapat menampilkan, mengelola dan menghubungkan data dan interaksi customer di seluruh sales channel.


4. Empower Employee


Salah satu bagian pada industri manufaktur yang sangat penting tetapi seringkali terlupakan adalah karyawan. Manajemen terlalu fokus memperbaiki pengelolalaan produk dan operasi tetapi jarang memikirkan pengelolaan karyawan atau sumber daya manusia. Padahal, sumber daya manusia merupakan hal yang penting dalam meningkatkan produktivitas perusahaan atau pabrik. UiPath RPA menawarkan pemberdayaan karyawan untuk meningkatkan pencaipaian mereka dengan bantuan robot atau bot seperti mengotomatisasi proses invoice dan dokumen lainnya secara end-to-end pada bagian keuangan.

Selain itu, UiPath RPA juga dapat membantu bagian human resources (HR) dengan cara mengotomatisasi bot untuk melakukan pekerjaan berulang seperti orientasi karyawan baru maupun karyawan yang resigned dan melakukan administrasi karyawan. Bahkan di bagian IT, UiPath RPA dapat mengotomatisasi permasalahan IT yang tidak terlalu sulit dan terus berulang seperti password resets dan services desk. Jadi karyawan tidak perlu lagi melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berulang-ulang dan mudah seperti yang dikemukakan sebelumnya sehingga akan membuat karyawan mempunyai waktu lebih banyak untuk mengerjakan hal yang lebih penting seperti analisa dan inovasi sehingga meningkatkan produktivitas karyawan.


Banyaknya kelebihan-kelebihan dari UiPath RPA yang telah disebutkan diatas, menjadikan perusahaan anda harus segera menerapkan Robotic Process Automation (RPA) dengan platform UiPath. Jika memerlukan konsultasi maupun implementasi UiPath RPA di perusahaan, anda dapat menghubungi PT Netmarks Indonesia.


sources :

https://www.uipath.com/solutions/industry/manufacturing-automation


#uipath #rpa #roboticprocessautomation #robot #bot #automation





64 views0 comments