top of page

UiPath Clipboard AI: Copy-Paste dengan RPA-Artificial Intelligence (AI)


uipath clipboard ai rpa developer

Robotic Process Automation (RPA) adalah adalah sebuah software yang dapat meniru dan mengerjakan pekerjaan manusia secara otomatis, terutama pekerjaan yang memiliki rules dan bersifat berulang atau repetitif. Setelah sebelumnya kita membahas UiPath Document Understanding sebagai salah satu produk AI pada platform RPA UiPath, pada blog kali ini kita akan membahas UiPath Clipboard AI. Hampir semua orang terutama karyawan pasti sangat familiar dengan kegiatan mengcopy-paste atau menyalin lalu menempelkan tulisan, angka, maupun gambar pada pekerjaan sehari-hari mereka. Pada pekerjaan diatas meja seperti administrasi dan keuangan bahkan bisa melakukan copy-paste tiada henti setiap harinya. Pekerjaan berulang dan mudah seperti itu tentu dapat diselesaikan oleh Robotic Process Automation (RPA). UiPath sebagai salah satu platform RPA, bahkan sudah menggabungkan fitur Artificial Intelligence (AI) khusus untuk copy-paste yaitu UiPath Clipboard AI.


UiPath berharap tidak ada lagi seorang pun yang perlu menyalin dari satu lembar hanya untuk menempelkannya ke lembar lain karena UiPath Clipboard AI dapat mengerjakannya untuk Anda. UiPath Clipboard AI adalah aplikasi tanpa coding yang menyederhanakan transfer data di berbagai dokumen, spreadsheet, dan aplikasi dengan memahami layar secara cerdas dan menempatkan data penting secara akurat. Aplikasi ini dirancang untuk mengubah alur kerja di berbagai kasus penggunaan, terutama pada bagian keuangan. Tugas-tugas keuangan sering kali melibatkan ketepatan, transfer data yang cepat, dan mengurangi kesalahan. Tantangan-tantangan tersebut dapat diatasi dengan baik oleh UiPath Clipboard AI.




Berikut adalah lima alasan kenapa perusahaan perlu mengintegrasikan UiPath Clipboard AI ke dalam operasional perusahaan:


1. Mudah Digunakan


UiPath Clipboard AI sangat mudah dioperasikan bahkan oleh staf yang bukan TI dan tanpa keahlian coding. Pengguna hanya perlu melakukan beberapa klik dan Clipboard AI sudah mengcopy-paste suatu dokumen atau gambar ke form yang dituju dalam waktu singkat.


2. Kemampuan Kognitif


UiPath Clipboard AI dapat memahami tulisan dan gambar lalu mengcopy-paste form pada aplikasi atau file yang juga sudah dipahami oleh UiPath Clipboard AI. Bahkan tata letak dokumen yang tidak konsisten dapat dipahami oleh UiPath Clipboard AI. Kemudian menyaring data, menafsirkannya dan menempatkannya ke tempat yang sesuai.


3. Banyak Integrasi


Departemen keuangan banyak menggunakan berbagai macam aplikasi. UiPath Clipboard AI menyederhanakan hal ini, memastikan perpindahan data yang lancar dan konsistensi di seluruh sistem, mulai dari Microsoft Excel hingga berbagai Enterprise Resource Planning (ERP) yang popular seperti SAP Fiori, Oracle NetSuite, dan banyak lagi.


4. Adaptif dan berfokus pada pembelajaran


Semakin sering Anda menggunakan UiPath Clipboard AI, semakin ia memahami kebutuhan unik pengguna. Software ini selalu berevolusi lebih baik pada setiap interaksi. Kemampuan beradaptasi ini memastikan bahwa UiPath Clipboard AI menjadi lebih selaras dengan alur kerja Anda, sehingga tugas menjadi lebih lancar dan efisien dari waktu ke waktu.


5. Menghemat Waktu dan Mengurangi Kesalahan


Dengan tugas-tugas yang memakan waktu seperti entri atau transfer data yang ditangani oleh UiPath Clipboard AI, karyawan memiliki lebih banyak waktu untuk peran analitis dan strategis. Khususnya di sektor keuangan, kesalahan manusia dapat menimbulkan konsekuensi yang signifikan. Clipboard AI secara signifikan mengurangi kesalahan tersebut, memastikan bahwa data, baik dari faktur atau laporan keuangan, dicopy dengan benar di seluruh sistem.


Berikut ini adalah beberapa contoh penggunaan UiPath Clipboard AI pada departemen keuangan:


1. Pemrosesan faktur: Mengekstrak detail faktur yang diterima melalui email secara instan dan mengisinya dalam spreadsheet Excel atau platform seperti NetSuite.


2. Migrasi data ke sistem ERP: Menyalin data dari Excel dengan mudah dan memasukkannya ke dalam sistem ERP seperti SAP Fiori dan membuat profil pelanggan yang komprehensif tanpa entri data manual.


3. Memproses permintaan yang tidak terstruktur: Bayangkan sebuah email dari klien yang meminta transfer bank. Clipboard AI dapat menafsirkannya, mengekstrak detail yang diperlukan, dan memperbaruinya di sistem.


Sangat mudah sekali penggunaan UiPath Clipboard AI, namun manfaat yang dihasilkan begitu besar. Pekerjaan mudah seperti copy-paste dokumen menjadi sangat cepat dan mudah sehingga meningkatkan efisiensi operasional. Jika perusahaan membutuhkan konsultasi dan RPA developer untuk mengimplentasikan Robotic Process Automation (RPA) terutama UiPath Clipboard AI, silahkan menghubungi Netmarks Indonesia pada contact form di website ini atau melalui email marketing ke marketing@netmarks.co.id


Sources:

 

 

bottom of page