top of page

Faster Finance and Accounting Process with Robotic Process Automation (RPA) and AI


robotic process automation rpa ai finance

Setelah sebelumnya kita telah membahas proses automatisasi menggunakan Robotic Process Automation (RPA) dan Artificial Intelligence (AI) pada industri keuangan dan perbankan, pada blog kali ini kita akan membahas lebih dalam bagaimana automatisasi menggunakan Robotic Process Automation (RPA) dan Artificial Intelligence (AI) dapat mengurangi 70% proses dokumentasi pada departemen keuangan.


Sebelum kita membahas bagaimana RPA dan AI mempercepat proses di departemen keuangan, kami akan mengingatkan kembali apa itu RPA. Robotic Process Automation (RPA) adalah adalah sebuah software yang dapat mempelajari, meniru dan mengerjakan pekerjaan manusia secara otomatis, terutama pekerjaan yang memiliki rules dan bersifat berulang atau repetitif. Berikut ini proses pada departemen keuangan yang dapat dipercepat dengan RPA dan AI:


1. Procure to Pay


Robotic Process Automation (RPA) dapat memverifikasi informasi, memasukkan vendor ke dalam proses P2P (Procure to Pay), dan menyiapkan invoice dengan lebih cepat. RPA juga dapat mencocokkan informasi dengan sangat akurat. Ketidakefisienan pada proses invoicing apa pun dapat mengakibatkan hilangnya nilai yang signifikan dalam hubungan pelanggan, pemasok, kepuasan karyawan,bahkan produktivitas dan profitabilitas. Tingkatkan akurasi invoice dengan menggunakan otomatisasi yang dikombinasikan dengan Artificial Intelligence (AI) untuk merekayasa ulang workflow. Mendigitalkan pengumpulan dokumen, validasi, dan penyimpanan invoice. Mengotomatiskan pemrosesan langsung dan integritas data vendor's invoice, pembayaran, dan pengiriman uang serta mendapatkan presisi 100% dalam menangani pembayaran.


2. Order to Cash


Pada proses Order to Cash, penggunaan RPA dapat mempercepat proses pendaftaran customer baru dan mendigitalkan catatan data entri pesanan serta prosedur penagihan, sehingga meningkatkan produktivitas. Kelola pesanan dan pembuatan invoice secara otomatis, mencocokkan penerimaan dan pengeluaran kas dengan minim kesalahan. Selain itu, tingkatkan kepuasan pelanggan dengan cara memberikan informasi kepada pelanggan mengenai invoice pembayaran dan mengurangi kesalahan penagihan. Bahkan RPA dapat mengumpulkan laporan dan memasukkan data penting ke dalam sistem piutang, sehingga mempercepat seluruh proses order to cash.


3. Record to Report


Biarkan platform otomatisasi RPA mengambil alih tugas-tugas akuntansi yang berulang sehingga tim keuangan dapat melakukan pekerjaan yang lebih strategis. Robotic Process Automation menghapus pekerjaan manual untuk mengintegrasikan data dari berbagai sumber. Gunakan otomatisasi bertenaga AI untuk menerapkan praktik akuntansi yang inovatif, mengambil alih fungsi pelaporan yang tidak praktis, dan mengelola kebijakan dan prosedur bisnis. RPA dan AI dapat mempercepat pengambilan keputusan bisnis dengan memberikan analisis tentang anggaran, perkiraan, strategi, dan tata kelola.


4. Treasury


Pada proses perbendaharaan, Robotic Process Automation (RPA) dan Artificial Intelligence (AI) dapat membuat cash management account transactions and reports, mendownload bank statements dan menyesuaikannya dengan kondisi kas, bahkan dapat membuat perkiraan cash flow. Selain itu, otomatisasi proses perbendaharaan dengan RPA dan AI dapat memproses dan mengawasi transfer uang.

 

UiPath sebagai salah satu platform Robotic Process Automation (RPA) terkemuka memiliki UiPath Document Understanding yang sudah banyak diimplementasikan di berbagai departemen keuangan. UiPath Document Understanding adalah solusi robot software yang bisa memahami dokumen untuk mengekstrak, menafsirkan, dan memproses data, bahkan dari PDF, gambar, tulisan tangan, dan scans. UiPath Document Understanding dapat memahami dokumen dalam berbagai tata letak dan format, tidak terstruktur seperti tulisan tangan, check boxes, tanda tangan, dokumen terbalik, miring, bahkan beresolusi rendah. Solusi ini melakukan pre-training machine learning models untuk mengembangkan Robotic Process Automation (RPA) dengan AI.


UiPath Document Understanding mengotomatiskan pemrosesan faktur P2P melalui solusi manajemen belanja perusahaan. UiPath Document Understanding mengekstrak data dari PDF yang diterima dari  sistem invoice, pesanan pembelian, dan dokumen terkait. Kemudian UiPath Action Center digunakan untuk memvalidasi hasil yang diekstrak atau menanyakan detail yang kurang (jika diperlukan). Karyawan perusahaan hanya tinggal meninjau data yang sudah diekstrak.


Sebaiknya perusahaan Anda mulai mengimplementasi otomatisasi dari sekarang mengingat besarnya manfaat dari Robotic Process Automation (RPA) dan AI dengan platform UiPath. Konsultasi dan implementasi Robotic Process Automation (RPA) dengan platform UiPath, dapat menghubungi Netmarks Indonesia sebagai implementor RPA berpengalaman melalui form contact us pada website ini atau mengirimkan email ke marketing@netmarks.co.id


Sources:

 

 

留言


bottom of page