top of page

Lindungi Aplikasi Mobile dari Serangan Siber dengan Mobile App Security AppCAMO


Headline artikel AppCAMO untuk melindungi aplikasi dari serangan siber

Aplikasi mobile atau ponsel menjadi sarana yang semakin populer bagi perusahaan untuk melayani pelanggan mereka. Dengan semakin meningkatnya pengguna seluler, tentu hal ini menjadi keunggulan tersendiri jika perusahaan atau organisasi memiliki aplikasi ponsel yang dapat dinikmati oleh pelanggan mereka.


Sayangnya, aplikasi pada ponsel juga dimanfaatkan oleh hacker atau peretas untuk melancarkan aksi kriminal mereka. Mereka dapat dengan mudah untuk merekayasa balik aplikasi ponsel dengan dekompilator untuk mengembalikan code asli dan diganti dengan code milik mereka yang biasanya berisikan code berbahaya ataupun malware.


Threats yang mengancam mobile apps
Jenis - Jenis ancaman pada mobile apps

Malware dapat melakukan berbagai tindakan dari sekedar menampilkan iklan yang sangat mengganggu hingga pencurian data seperti kredensial, cloning, lisensi by-pass, penipuan, yang seluruhnya dapat merugikan perusahaan dan hancurnya kredibilitas perusahaan di mata konsumen.


Apa itu AppCAMO?

AppCAMO adalah salah satu solusi pelindung aplikasi seluler terbaik yang dapat melindungi aplikasi dari cyber attack, AppCAMO dapat melindungi aplikasi untuk iOS maupun Android. AppCAMO dapat melindungi aplikasi seluler jauh lebih sulit untuk direkayasa. AppCAMO juga mendukung berbagai industri, seperti telekomunikasi, transportasi, perbankan, asuransi, dan masih banyak lainnya.


AppCAMO juga telah mendukung 4-layered protection sehingga dapat melindungi aplikasi seluler secara maksimal. Adapun layernya adalah sebagai berikut:


4 layered technology pada AppCAMO
  • Layer 1 : Decompile Prevention Technology : Mencegah peretas mendekompilasi aplikasi

  • Layer 2 : Encryption Technology: Code, String, dan sumber daya

  • Layer 3 : Obfuscation Technology: Class name, methode name, and field name (Nama kelas, nama metode, dan nama field)

  • Layer 4 : Repackaging Prevention Technology: meskipun lapisan 1, 2 dan 3 telah berhasil dilakukan, tidak menutup kemungkinan untuk kesalahan dapat terjadi sehingga dibutuhkan repackaging dan pada akhirnya peretasan dapat diblokir.


Mengapa AppCAMO Menjadi Solusi Terbaik untuk Pelindung Mobile Apps?

Menariknya, AppCAMO tidak seperti solusi lainnya yang memerlukan coding, sehingga tidak memerlukan waktu yang lama untuk mempelajari sistemnya. AppCAMO juga berbasis GUI (Graphical User Interface) yang memungkinkan bagi pengguna untuk memilih dan menerapkan berbagai teknologi keamanan AppCAMO secara intuitif dengan hanya sekali klik.

Multiple apps technology AppCAMO
Teknologi multiple apps pada AppCAMO

AppCAMO juga menyediakan multiple apps management technology termasuk manajemen pengguna, manajemen proyek, manajemen tugas, laporan, hingga statistik.


Apa Bedanya AppCAMO untuk iOS dan Android?

Pada dasarnya, perbedaan antara AppCAMO untuk perangkat iOS dan Android adalah pada bagian Static Analysis Prevention (Code hardening) dan Dynamic Analysis Prevention (RASP). Perbedannya adalah sebagai berikut:


AppCAMO untuk Android

Perlindungan analisis statis pada Android dilakukan dengan penghapusan informasi terhadap analisis sumber code dengan melakukan penghapusan informasi debug dan penghapusan logcat log. AppCAMO juga memiliki metode untuk mempersulit hacker untuk mengidentifikasi aplikasi dengan pengaburan atau obfuscation nama kelas, bidang, metode, enkripsi code, enkripsi string, enkripsi sumber daya, dan enkripsi aplikasi secara hybrid


Dynamic analysis prevention (RASP) dengan memproteksi aplikasi yang sedang berjalan dengan rooting, tampering, debugger, emulator, magisk, dan frida detection. API hooking prevention dan juga memory hacking prevention. Adapun penambahan keamanan seperti screen capture prevention, clipboard copy prevention dan usage time control.


AppCAMO untuk iOS

Perlindungan analisis statis pada iOS bekerja dengan menghapus informasi debug dan mempersulit hacker dengan menyamarkan nama (class, field, method), properti, kategori, protokol, hingga enkripsi string. Dynamic analysis prevention (RASP) yang dilakukan pada saat aplikasi berjalan dengan jailbreak detection, debugger detection, dan simulator detection.


Kesimpulan

Aplikasi merupakan penunjang penting pada perusahaan yang dapat menjadi media untuk melayani pelanggan, oleh karena itu penting adanya pelindung aplikasi seluler yang dapat mengamankan aplikasi secara tangguh. Karena jika telah terjadi suatu insiden yang menyerang aplikasi, akan menurunkan kredibilitas perusahaan dimata pelanggan dan menurunnya kepercayaan terhadapa perusahaan. Oleh karena itu, amankan aplikasi seluler perusahaan anda dengan AppCAMO Mobile Apps Security sekarang!


Untuk informasi lebih lanjut, silahkan hubungi kami melalui form contact us atau email ke marketing@netmarks.co.id. Lebih lengkap lagi tentang AppCAMO dapat mengunjungi halaman AppCAMO kami dengan klik tombol dibawah.



32 views0 comments

Comments


bottom of page