Persaingan File Sharing Solutions Terbaru, Benarkah FileCloud Lebih Unggul?


file cloud filecloud file sharing solution indonesia

Semakin hari semakin banyak arus pertukaran data di sebuah korporasi menjadikan File Sharing sangat penting. Selain itu, banyaknya file yang dibagikan, membuat risiko kehilangan data dan masalah lainnya semakin besar. Kondisi ini yang mendasari perusahaan sangat membutuhkan File Sharing Solution.


File Sharing Solution yang ada sekarang sudah cukup beragam dan canggih seperti ownCloud, Nextcloud, dan FileCloud. Ketiga file sharing solutions tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing menjadikan persaingan antara ketiganya semakin ketat. Berikut secara terperinci perbandingannya:


pricing file cloud filecloud file sharing
Table 1. Pricing Comparison

Pada Tabel 1, ditampilkan 3 perbandingan harga pada ketiga File Sharing Solutions. Tabel tersebut menunjukan FileCloud menawarkan harga yang lebih bersaing dibandingkan ownCloud dan Nextcloud. Harga untuk 100 pengguna per tahunnya, FileCloud hanya menawarkan dikisaran $5,000 tentunya harga ini lebih menarik.



storage filecloud file sharing solutions
Table 2. Storage, Sync and Backup Features

Selanjutnya berdasarkan Tabel 2, Storage, Sync & Backup Features pada ketiga file sharing solutions hampir memiliki fitur yang sama lengkapnya, tetapi FileCloud memiliki kelebihan yang tidak dimiliki oleh ownCloud dan Nextcloud yaitu EndPoint Backup. Fitur ini menyimpan cadangan data di EndPoint (titik akses) sehingga mengurangi risiko kehilangan data.


Cloud features filecloud file sharing solution
Table 3. Cloud Features Comparison

Tabel 3 menunjukkan bahwa FileCloud mengungguli ownCloud dan Nextcloud untuk semua fitur yang ditawarkan oleh teknologi cloud. Fitur yang paling menarik adalah Free Limited Users yang tidak ada di kedua pesaingnya yaitu ownCloud dan NextCloud.


security file cloud filecloud file sharing
Table 4. Security, Access Control & Existing File Systems Integration

Tabel 4 memperlihatkan betapa lengkapnya fitur-fitur Security, Access Control & Existing File Systems Integration pada FileCloud. Security Features yang dimiliki FileCloud dan ownCloud adalah Built-in Ransomware Protection (perlindungan terhadap ransomware). Access Control Features yang hanya dimiliki oleh FileCloud tetapi tidak dimiliki ownCloud dan NextCloud adalah Multiple Active Directory (multiple group account di sever dapat langsung terkoneksi di Cloud). Terakhir, Existing File Systems Integration Features yang hanya bisa ditemui di FileCloud adalah Network Share Versioning (pembaruan file).

Keempat tabel diatas telah memperlihatkan kelebihan dan kekurangan dari tiga File Sharing Solutions yaitu FileCloud, ownCloud dan Nextcloud. Setelah dibandingkan, FileCloud memiliki banyak fitur-fitur yang tidak dimiliki oleh kedua pesaingnya bahkan juga menawarkan harga yang lebih unggul. Jika anda saat ini sedang mempertimbangkan penggunaan File Sharing Solution di perusahaan, tidak ada salahnya mencoba FileCloud karena terbukti memiliki fitur yang lengkap dan harga yang menarik. Anda dapat langsung menghubungi Netmarks Indonesia untuk konsultasi dan implementasi mengenai FileCloud.


sources:

https://www.filecloud.com/owncloud-vs-nextcloud-why-filecloud-is-a-better-alternative/


37 views0 comments