top of page

Robotic Process Automation (RPA) Berbasis Artificial Intelligence Menghasilkan Smart Automation?


robotic process automation rpa ai

Robotic Process Automation (RPA) memang hebat dalam menyelesaikan pekerjaan rutin dan berulang. Tetapi dengan kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI), gabungan keduanya dapat melakukan lebih banyak hal. Gabungan kedua teknologi ini biasa disebut Intelligent Automation yaitu dapat membantu manusia menganalisa atau mengambil keputusan berdasarkan berbagai macam data. Intelligent Automation adalah kombinasi dari Robotic Process Automation (RPA) dan teknologi Artificial Intelligence (AI) yang bersama-sama memberdayakan otomatisasi proses bisnis dari hulu hingga hilir secara cepat untuk mempercepat digital transformation. Intelligent Automation menggabungkan pelaksanaan tugas RPA dengan machine learning dan kemampuan analisis sehingga dapat secara otomatis menganalisa teknologi kognitif yaitu teknologi yang bekerja selayaknya kemampuan kognitif manusia seperti memberikan nilai, menemukan pola, dan membuat keputusan berdasarkan data. Contohnya adalah membaca dokumen dan email, menganalisis bahasa dan gambar, serta memahami maksud dan isi komunikasi.


AI + RPA = smarter robots and greater potential


Dengan Artificial Intelligence, RPA dapat mensimulasi berbagai keputusan dan solusi dari permasalahan yang biasa dilakukan analisis manusia. Sehingga, dapat menambah daftar pekerjaan-pekerjaan yang dapat diautomatisasi oleh RPA. Berikut adalah daftar pekerjaan tersebut:


1. Automation on Unstructured Data


Robotic Process Automation berbasis AI dapat mengerjakan tugas analisis dari data yang tidak terstruktur atau tidak beraturan. Contohnya adalah menganalisa invoice, email routing, dan analisa suara untuk menjadi sebuah teks.


2. Variable Processes


RPA berbasis Artificial Intelligence dapat memproses penyaringan suatu variabel atau konteks tertentu. Contohnya adalah menyaring CV atau resume, proses pemilihan dalam pembelian barang, dan menerjemahkan suatu bahasa.


3. Predictive Task


Robotic Process Automation berbasis AI dapat diaplikasikan untuk Machine Learning Forecast. Penggunaannya seperti memprediksi valuasi dari suatu properti, memperkirakan penjualan produk dan stok inventori.


Berdasarkan contoh-contoh penggunaan RPA berbasis AI diatas, maka diperoleh manfaat sebagai berikut:


1. Analisa Big Data


RPA berbasis Artificial Intelligence dapat digunakan untuk mengumpulkan dan mengatur data yang tidak konsisten dari sistem yang berbeda untuk Big Data Analytics. Misalnya, RPA berbasis AI dapat digunakan untuk memfasilitasi pemesanan otomatis.


2. Mengurangi Human Error


Operator adalah manusia yang bisa melakukan kesalahan. Hal ini menjadi alasan utama penggunaan RPA berbasis AI. Pekerjaan berulang yang dilakukan oleh RPA dapat meminimalisir kesalahan manusia karena robot dapat bekerja sesuai aturan tanpa lelah.


3. Peningkatan keamanan


Robotic Process Automation berbasis AI dapat digunakan untuk menjalankan proses berdasarkan analisa dan pola. Teknologi ini juga tidak terintervensi manual dari manusia yang dapat menyalahgunakan data. Misalnya, bot otomatis AI dapat sangat membantu dalam menangani data sensitif seperti file kasus polisi, urusan administrasi, atau bahkan layanan keuangan karena pin pribadi atau kredensial lainnya tidak perlu diungkapkan kepada manusia.


Manfaat yang diberikan dari teknologi Artificial Intelligence dan Robotic Process Automation atau Intelligent Automation begitu banyak seperti meningkatkan efisiensi waktu dan biaya pekerjaan. Efisiensi waktu dan biaya di dapat dari tidak diperlukannya lagi karyawan dalam mengerjakan suatu pekerjaan yang berulang, sehingga karyawan lebih fokus melakukan pekerjaan produktif dan inovatif. Selain itu, Intelligent Automation memberikan solusi ketidakmampuan manusia dalam menganalisa banyak data dalam waktu yang lama. Jika anda memerlukan konsultasi maupun pelayanan implementasi Intelligent Automation silahkan menghubungi Netmarks Indonesia pada form contact us di website ini atau melalui email ke marketing@netmarks.co.id.


Sources:

https://www.uipath.com/automation/ai-and-rpa


댓글


bottom of page