top of page

Teknologi Assisted Reality RealWear Pada Industri Pertambangan


realwear navigator mining tambang

Industri pertambangan telah lama dikenal dengan lingkungan kerjanya yang kompleks dan berbahaya. Dengan demikian, investasi ke dalam teknologi untuk sektor pertambangan dilakukan dengan sangat hati-hati, mengakui bahwa teknologi tersebut tidak hanya harus efektif untuk fungsi yang dimaksudkan, tetapi juga mementingkan aspek keamanan. Tantangan utama dalam hal ini adalah bahwa perusahaan pertambangan lebih cenderung mengandalkan METS (Mining Equipments, Technology and Services) pihak ketiga untuk mengembangkan teknologi baru daripada mengembangkannya sendiri.


Assisted Reality (aR) adalah salah satu teknologi yang dapat membawa manfaat signifikan ke berbagai area operasi METS. Assisted-Reality memberikan akses kepada pengguna mengenai informasi yang relevan pada Field of View (FoV) ketika dibutuhkan dan memungkinkan penggunanya memiliki full situational awareness. RealWear bekerja sama dengan ABI Research melakukan penelitian pada tahun 2022 mengenai Assisted Reality (aR) di sektor pertambangan. RealWear adalah Hands Free Wearable Device yang dapat dioperasikan dengan Voice Command atau perangkat dapat dioperasikan dengan suara tanpa perlu menyentuh perangkat. Teknologi Assisted Reality pada RealWear pada dunia pertambangan memberikan manfaat sebagai berikut:


1. Meningkatkan Keamanan Pekerja


Kelebihan Assisted-Reality pada platform RealWear adalah sepenuhnya hands-free setelah dihidupkan. Kontrol hands-free membantu pekerja tetap fokus pada tugasnya karena perangkat dapat dioperasikan dengan suara tanpa perlu menyentuh perangkat. Selain itu, RealWear dilengkapi dengan layar mikro yang ramping dan dapat memberikan informasi visual tanpa menghalangi pandangan.


security mining realwear navigator

RealWear dirancang agar tahan lama di lingkungan yang berbahaya. Perangkat ini tahan dijatuhkan dari ketinggian hingga 2 meter dan diberi peringkat IP-66 untuk ketahanan terhadap debu dan air. Perangkat beroperasi pada platform Android, membuatnya familiar dan mudah digunakan. Selain itu, perangkat RealWear kompatibel dengan alat pelindung diri (APD) termasuk topi, kacamata, masker, pelindung telinga, dan setelan hazmat sehingga dapat digunakan di hampir semua lingkungan industri. Bahkan, salah satu produk RealWear yaitu RealWear HMT-1Z1 secara intrinsik aman dan memenuhi sertifikasi Class 1 Division 1 and ATEX & IECEx Zone 1. Hal Ini berarti RealWear HMT-1Z1 tidak menimbulkan risiko percikan di mana dapat berpotensi menimbulkan ledakan.


2. Mengurangi Biaya Mentoring


Kurangnya tenaga ahli pada industri pertambangan dan METS membuat sulitnya regenerasi tenaga ahli dan tenaga-tenaga ahli tersebut terpaksa bekerja melebihi jam kerja yang dianjurkan. Salah satu manfaat utama menggunakan solusi aR seperti RealWear Navigator 500 Series di pertambangan adalah tenaga ahli dapat berada di mana saja di dunia dan memiliki akses sudut pandang real-time di situs tambang. Hal ini menghemat METS dan perusahaan pertambangan dalam dua cara: biaya perjalanan (waktu dan uang) dan biaya downtime (terutama uang dalam bentuk kehilangan kapasitas dan penjadwalan overhead).


remote mentoring realwear navigator
sources: RealWear,inc

Akses ke bantuan tenaga ahli dari jarak jauh memberikan maanfaat yang signifikan untuk penyampaian informasi atau pendampingan. Penyedia METS tidak perlu lagi mengirim tenaga ahli ke setiap instalasi, mereka juga tidak perlu mengirim personel pendukung Tier 3 untuk menyelesaikan masalah di lapangan. Saat teknisi tambang membutuhkan bantuan, tenaga ahli dapat memperoleh sudut pandang langsung dari mereka. RealWear juga memiliki banyak mitra teknologi (misalnya Microsoft, Cisco dan Zoom) yang membantu pekerja di lapangan berkolaborasi dengan orang lain dan menampilkan layar mereka untuk berinteraksi melalui micro-display headset.


3. Meningkatkan Akses Informasi


Pekerja dapat mengakses informasi yang relevan dimanapun dan kapanpun mereka membutuhkannya. Pekerja yang memiliki informasi lengkap dan berpengetahuan menjadi lebih efisien dan produktif. Perangkat RealWear dapat menampilkan sebagian besar bentuk multimedia seperti dokumen, gambar, video, dan lainnya. Walaupun akses tersebut dapat diperoleh pada perangkat lain seperti laptop, tablet dan smartphone, tetapi laptop tidak praktis, tablet membutuhkan dua tangan dan smartphone mudah terjatuh. RealWear memiliki konektivitas nirkabel yang mencakup Wi-Fi, Bluetooth, dan jaringan LTE.


realwear digital workflow tambang mining

Namun, manfaat maksimal dari akses informasi adalah dengan menggunakan Knowledge Management System (KMS). Solusi KMS yang baik tidak hanya dapat merekam, menyimpan, dan mengakses pustaka konten, tetapi juga tersedia dalam bentuk instruksi kerja terpadu, SOP digital, atau alur kerja pemecahan masalah. Menggunakan KMS seperti HINDSITE yang dipasangkan dengan RealWear, perusahaan METS dapat membangun perpustakaan pengetahuan dan membuatnya dapat diakses oleh pekerja di situs tambang mereka. Hal ini dapat secara signifikan meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi risiko kesalahan atau kecelakaan akibat kurangnya informasi. Pekerja tidak lagi diharuskan untuk berkonsultasi secara manual dengan kertas atau buku panduan.


Penjelasan diatas sudah cukup menjelaskan bagaimana RealWear sebagai Hands Free Wearable Device sangat membantu industri pertambangan dalam meningkatkan efisiensi operasi, mengurangi biaya dan meningkatkan keamanan. Jika perusahaan pertambangan anda belum menggunakan RealWear untuk pekerja lapangan terutama di lingkungan kerja yang sangat berbahaya seperti situs tambang, segeralah mencoba RealWear. Jika anda memerlukan konsultasi maupun demo terkait produk-produk RealWear, silahkan menghubungi PT Netmarks Indonesia melalui form contact us di website ini atau email marketing@netmarks.co.id



Sources:

Komentarze


bottom of page