Solusi Virtual Desktop Yang Aman dan Berfungsi Maksimal Dengan Amazon WorkSpaces


virtual desktop aws workspaces

Saat ini, solusi yang dapat menunjang remote works sangat dibutuhkan oleh perusahaan ditengah pandemi. Banyaknya karyawan yang bekerja di luar kantor tentu mengharuskan manajemen perusahaan membuat suatu kebijakan untuk menjadikan karyawan tetap produktif. Tetapi, perlu diketahui bahwa karyawan yang bekerja di luar koneksi kantor sangat berisiko dari sisi akses keamanan jaringannya.


Selain itu, banyaknya kesulitan yang dirasakan manajemen perusahaan dalam mengelola operasional remote works menjadikan solusi penunjang remote works semakin dibutuhkan. Kesulitan yang pertama adalah keterbatasan akses data di dalam hardisk atau on-premise sehingga karyawan atau pekerja yang sedang bertugas jauh dari komputer tidak dapat mengakses data tersebut. Kesulitan yang kedua adalah seiring dengan perkembangan perusahaan, semakin banyak pula kebutuhan akan perangkat mobile sehingga keamanan EndPoint (titik akses) perlu dipertimbangkan. Kesulitan terakhir adalah masalah biaya investasi yang harus dikeluarkan perusahaan untuk menunjang fasilitas IT seperti desktop/PC dan pembelian aplikasi menjadi pertimbangan tersendiri bagi manajemen perusahaan.


Salah satu solusi penunjang remote works adalah virtual desktops. Virtual Desktop merupakan hasil teknologi dengan konsep Virtual Desktop Infrastructure (VDI) dimana desktop (komputer kerja) tidak lagi harus wujud fisik komputer yang besar tetapi sudah dalam bentuk virtual yang dapat diakses dengan model clien-server. Teknologi Virtual yang diperlukan adalah perangkat keras, perangkat lunak, dan jaringan. Virtual Desktops Services yang lengkap dan terpecaya ditawarkan oleh Amazon WorkSpaces (Virtual Desktop Services dari Amazon Web Services). Berikut fitur-fitur Amazon WorkSpaces yang sangat dibutuhkan dalam remote works:


1. Location Free


Amazon WorkSpaces memudahkan remote workers untuk dapat mengakses Windows and Linux desktops dengan fitur dan aplikasi yang lengkap dari lokasi manapun. Selain itu, Amazon WorkSpaces memungkinkan contact center agent untuk bekerja di mana saja dengan cara yang mudah dan aman.


2. Secured Access


Amazon WorkSpaces tidak menyimpan data pengguna di devices atau EndPoint (titik akses) karena akan beresiko bocornya informasi, tetapi menyimpannya di AWS data center sehingga dapat meningkatkan keamanan data saat remote work. Selain itu, pengaturan akses pada desktop dapat dimonitor secara terpusat dan dapat dihubungkan dengan banyak devices.


3. High-Performance Desktop


Amazon WorkSpaces menawarkan high-performance desktops bagi developers dan engineers untuk membuat, menyimpan dan mengakses data yang besar seperti rancangan model dan desain. Bahkan dapat melakukan programming selayaknya desktop/PC fisik.


4. Cost Optimization


Amazon WorkSpaces menawarkan metode perhitungan tagihan yang optimal. Hal ini dapat dicapai karena Amazon WorkSpaces menggunakan metode pay-as-you-go (membayar berdasarkan pemakaian) dengan berbagai opsi komputasi, memori, dan penyimpanan yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.


5. Reduce Downtime


Seringkali aplikasi di desktop/PC memiliki delivery downtime atau delay access. Amazon WorkSpaces dapat memberikan solusi dari masalah ini dengan menjanjikan pengurangan delivery downtime melalui infrastruktur AWS yang sangat andal.


Fitur-fitur canggih dari Amazon WorkSpaces yang telah disebutkan diatas tentu dapat memberikan solusi dari berbagai macam permasalahan perusahaan dalam menjalankan remote works. Baik saat pandemi ataupun tidak dalam kondisi pandemi kondisi remote works tidak dapat dihindarkan karena semua stakeholder tidak mungkin selalu berada di tempat dan waktu yang sama. Jika anda ingin segera menyelesaikan permasalahan operasional dalam remote works, segeralah menggunakan Amazon WorkSpaces. Konsultasi mengenai Amazon WorkSpaces dapat diajukan kepada PT Netmarks Indonesia melalui website ini ataupun dapat menghubungi kami melalui email (marketing@netmarks.co.id).


sources:

https://aws.amazon.com/workspaces/


24 views0 comments