top of page

TeamViewer Frontline xInspect: Visual Inspeksi Alat Berat Konstruksi dan Pertambangan

Updated: Oct 5


visual work instruction inspection heavy equipment alat berat

Lingkungan kerja di industri konstruksi, pertambangan, dan oil and gas seringkali merupakan lingkungan yang sulit untuk mendapatkan informasi yang lengkap dan akurat. Hal ini disebabkan oleh sejumlah faktor, termasuk kondisi fisik di lapangan yang seringkali sangat ekstrem dan jauh dari pusat informasi. Para pekerja konstruksi baik itu konstruksi gedung maupun konstruksi pertambangan, seringkali harus bekerja di bawah tanah atau di lokasi terpencil yang sulit diakses, sehingga mengakses informasi menjadi tantangan tersendiri. Pekerja harus merasa aman saat mengakses informasi ketika berada di tempat kerja yang berbahaya. Keadaan ini membuat pekerja kesulitan saat memegang peralatan sekaligus dengan alat bantu komunikasi dengan kedua tangannya.


Sebagai contohnya Liebherr-Werk Nenzing GmbH perusahaan alat berat (heavy equipment) dari Jerman yang tidak hanya menjual alat berat tetapi juga memperkerjakan 1,650 pekerja lapangan pada 254,000 meter persegi situs pekerjaan. Lokasi konstruksi tersebut menggunakan alat-alat berat seperti crawler crane, ekskavator tali hidrolik, dan peralatan konstruksi bawah tanah khusus yang diproduksi. Selain itu, pengembangan solusi TI dan sistem bantuan memainkan peran penting bagi situs konstruksi untuk mengoptimalkan proses di lokasi. Alat berat konstruksi yang dikembangkan oleh Liebherr berisi sejumlah besar sensor yang memasok data penting kepada operator alat berat tentang status alat berat. Sebelumnya, data tersebut hanya ditampilkan secara terpusat pada pengontrol alat berat. Oleh karena itu, operator crane harus selalu melihat ke bawah pada sistem kontrol alat berat, tetapi pada saat yang sama memperhatikan beban, dan lingkungan sekitarnya.


Tantangan ini dijawab dengan visualisasi inovatif untuk sensor melalui smart glasses. TeamViewer mengembangkan versi adaptasi dari solusi xInspect untuk memecahkan masalah dalam menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh operator alat berat. Alur kerja khusus pengguna dibuat di Frontline Creator menggunakan widget IoT. Data sensor yang dikumpulkan seperti sudut kemiringan, beban, dan gaya angin yang bekerja pada alat berat. Informasi ini sangat bermanfaat bagi pengemudi crane. Satu atau dua komponen dapat ditampilkan pada saat yang sama sehingga mereka dapat dilihat dalam kaitannya satu sama lain. Solusi tersebut dapat dijalankan dengan smart glasses maupun hands-free wearable device seperti RealWear. Liebherr juga menggunakan Frontline Command Center untuk mengelola alur kerja serta administrasi perangkat dan pengguna.


xInspect merupakah salah satu solusi dari TeamViewer Frontline yaitu produk TeamViewer yang menerapkan teknologi Augmented Reality (AR) dan Artificial Intelligence (AI). Dimana solusi ini bermaksud mentransformasikan tugas seorang frontline worker (pekerja lapangan) dengan AR solutions. Augmented Reality memperlihatkan informasi secara digital sedangkan Artificial Intelligence dapat digunakan untuk menciptakan kemampuan pengenalan gambar dan objek, serta menganalisis proses dan hasil. xInspect (Inspect-by-Vision) menunjukan instruksi visual step-by-step kepada frontline worker sehingga para pekerja lapangan dapat otomatis mendokumentasikan dan mengkonfirmasi setiap tugas secara digital melalui assisted reality seperti solutions for inspection, scheduled service, dan predictive maintenance. Teknisi dapat melihat semua informasi yang relevan, daftar periksa, dan diagram langsung di depan matanya dengan langkah demi langkah yang sederhana. Terintegrasi fitur untuk mengambil gambar, merekam video, dan voice-to-text dengan jaminan integrasi sensor dan backend untuk efisiensi, mengurangi kesalahan, dan dokumentasi yang transparan. Bahkan jika masalah tidak dapat diselesaikan sendiri, pekerja di lapangan dapat menghubungi para ahli yang berbeda lokasi hanya dengan satu panggilan telepon tanpa menggunakan tangan mereka.


Manfaat yang didapatkan dari mengoperasikan alat berat dengan xInspect dan RealWear adalah lebih efisien dalam bekerja, mengurangi biaya karena tidak perlu menerbangkan staff ahli ke lokasi konstruksi, dan tentunya meningkatkan keamanan pekerja karena tidak perlu memegang alat komunikasi saat bekerja dan dapat mendapatkan informasi secara real-time. Jika anda ingin mendapatkan manfaat-manfaat dari menggunakan xInspect dan RealWear untuk operasional alat berat anda baik untuk konstruksi atau pertambangan, silahkan menghubungi Netmarks Indonesia melalui form contact us di website ini ataupun email ke marketing@netmarks.co.id


Sources:

https://www.netmarks.co.id/post/3-alasan-realwear-assisted-reality-dapat-meningkatkan-keamanan-dan-efisiensi-pekerja

https://www.netmarks.co.id/post/teamviewer-the-new-era-of-hyper-connectivity-for-frontline-worker

https://www.teamviewer.com/apac/success-stories/liebherr/?utm_source=bing&utm_medium=cpc&utm_campaign=asean%7Cb%7Cpr%7C23%7Cjul%7Ctv-core-brand-only-exact-sn%7Cnew%7Ct0%7C0&utm_content=Exact&utm_term=teamviewer


49 views0 comments
bottom of page